Sep 30, 2016

Mulutmu Harimaumu

Entahlah beberapa hari ini banyak hal yang terjadi dikarenakan saya mulai berbicara. Emm, ya maksudnya, saya mulai mengkritik hal-hal yang menyebalkan di dekat saya. Konsekuensinya, ya banyak hal yang terjadi. Dan semua hampir ehem, mungkin, emm, ya begitulah. Tapi gak masalah, semua yang terjadi pasti ada hikmahnya. Hanya saja saya belum tahu apa hikmahnya. Menjadi orang yang diam memang selalu baik. Mengingkari dengan hati, meski pun itu selemah-lemahnya iman.

Memang orang yang banyak bicara akan menjadi orang yang paling banyak salah. Diam memang selalu lebih baik. Tapi kalau selalu diam, dikira saya marah. Jadi tetep harus bicara basa basi seperlunya. Tutup kuping, biarlah, itu bukan urusanmu. Memang mereka sesama muslim tapi biarlah Alloh yang menegur, itu lebih baik. Saya diam saja di sini, memperbaiki diri sendiri. Saya memang egois, dari dulu.
Read more>>

Sep 28, 2016

Proses Pemesanan Belanja Gas LPG dan Juga Air Galon Bisa lewat Aplikasi Tukang.id

Proses pemesanan belanja gas LPG dan juga air galon bisa lewat aplikasi tukang.id. Sekarang Untuk bisa memesan gas LPG bisa lewat aplikasi tukang.id. Melihat dari sisi fitur yang ditawarkan oleh aplikasi tukang.id serta tentunya adalah dengan kemudahan yaitu hanya dengan menggunakan smartphone yang terhubung dengan internet, kita sudah bisa untuk melakukan pemesanan air gas LPG dan air galon. Beberapa fitur canggih yang ada di smartphone ini juga bisa untuk kita coba gunakan. Selain itu aplikasi ini juga cukup praktis untuk bisa dipakai.

Sisi pertama yang bisa kita lihat dari aplikasi ini adalah mempunyai tampilan layar yang userfriendly. Tentunya dengan sisi layar yang userfriendly tersebut akan bisa memberikan kenyamanan bagi kita saat ingin menggunakan aplikasi yang ada tersebut.

Fitur lain yang juga ada dalam aplikasi ini yaitu adalah aplikasi ini juga telah terintegasi dengan aplikasi Google Maps. Kita bisa melihat lokasi pemesanan saat sedang ingin melakukan pemesanan item air galon dan juga gas LPG. Penggunaannya tentu tidak sulit dan mudah untuk dilakukan.

Ada juga kecanggihan fitur lain yang juga ada dalam aplikasi tukang.id ini. Kita bisa mencoba mempertimbangkan untuk menggunakannya. Kita bisa mencoba download dan langkah selanjutnya adalah melalui proses registrasi untuk bisa menginput dari mulai nama akun, kemudian adalah alamat yang ada di smartphone kita.


Tambahan dari fitur lainnya adalah adanya banyak vendor gas LPG dan juga galon air. Melihat dari banyaknya pilihan vendor yang ada tersebut tentunya juga memberikan kita banyak pilihan untuk bisa memilih pilihan vendor gas LPG dan air galon. Kita juga akan lebih leluasa saat menentukan pilihan vendor yang ingin kita pesan.

Sisi lain yaitu adalah dari proses untuk pemesanan air galon dan juga gas LPG yg lebih detail. Kita dapat mulai mencoba memesan yaitu adalah dengan dimulai dari waktu pemesanan, selanjutnya yaitu dari tanggal pesan dan selanjutnya yaitu kita tinggal menginput alamat dan nantinya akan ada validasi dari kurir.

Hal lainnya adalah kita juga bisa memilih dari pilihan kedua item yang bisa kita beli dari mulai item air galon dan juga gas LPG. Sisi lain yaitu adalah kita bisa mencoba melakukan total inputan pemesanan dari total item yang ingin kita pesan. Total dari jumlah item air galon dan gas LPG juga dapat melakukan penjumlahan otomatis yaitu adalah dari dasar yang in kita pesan melalui aplikasi tersebut.


Total perhitungan juga akan bekerja secara otomatis dan tidak perlu lagi kita menghitung manual dalam proses perhitungan jenis item gas LPG dan air galon yang kita pesan. Adanya lagi tambahan kolom dari kolom informasi tersebut juga bisa kita pertimbangkan untuk digunakan. Kita dapat mengisi keterangan informasi tambahan seperti misalnya “ingat ya untuk kirim secepatnya agar bisa cepat sampai mas”. Ada juga kita bisa melihat dari total perhitungan transaksi yang juga adanya informasi keterangan seperti total biaya yang belum termasuk biaya parkir.

Fitur tambahan canggih lainnya adalah dari adanya fitur tambahan deposit serta adanya kode voucher dan juga kode referal. Ada juga informasi notification kurir yang telah berangkat dan notification tersebut adalah berasal dari nomor pemesanan yang telah kita pesan saat melakukan pemesanan.

Tentu melihat dari kepraktisan dan kemudahan dari aplikasi tukang.id saat kita melakukan pemesanan gas LPG dan air galon akan bisa menjadi pertimbangan bagi kita saat ingin menggunakan aplikasi yang ada tersebut.
Read more>>

Sep 27, 2016

Ngirit Pulsa

Credit: pexels.com

Gak nyangka ya, kerja di rumah pun sebenarnya capek. Cuma gak secapek yang kerja kantoran sih. Soalnya kalau kerja di rumah capek yang tinggal tiduran di kasur. Cuma ya gitu rasanya kok never ending gini kerjaan, haha. Mungkin efek kerjanya dicicil jadi selesainya lama. Apalagi dengan ada koneksi internet di rumah, ponsel jadi up to date terus. Kalau ada pesan di WA kadang langsung dibales, akhirnya kelamaan chatting, haha. Saya memang gak berlangganan paket data. Karena bagi saya paket data gak hemat ketimbang paket koneski internet yang ternama itu, hihi. Belum lagi Aisyah suka lihat Masha di YouTube bisa jebol tuh paket data.

Paket data memang gak enak kalau dipake buat manusia seperti saya. Tapi kalau sekedar cuma pake di ponsel sih gak masalah. Suami saya pake paket data sampai masa aktif paket datanya habis belum jebol kuotanya. Awet banget kan? Soalnya cuma dipake di luar rumah. Kalau di rumah ya pake Wi-Fi, gak heran paket data awet, hihi.

Salah satu efek adanya WiFi di rumah ini adalah pulsa saya awet banget. Gemana gak awet, sekarang aktifitas SMS hampir gak pernah. Cuma jarang-jarang banget bahkan sebulan mungkin bisa gak SMS siapa-siapa sama sekali. Kalau mau menghubungi keluarga ya pakai Whatsapp aja. Gak keluar pulsa dan lebih irit. Responnya pun lebih cepat ketimbang SMS. Bahkan kadang telfon pun lebih suka pakai aplikasi Whatsapp. Jadi bener-bener awet pulsanya.

Sebenernya enak sih pulsanya awet tapi kadang jading bingung ketika pulsa melimpah. Jurus terakhir adalah dengan bagi-bagi pulsa. Atau kadang jadi pedangang pulsa dadakan, haha. Padahal ya jaman dulu ngabisin pulsa itu mudah banget. Bayangin aja SMS jaman dulu 350 rupiah. Kalau SMS-an sepuluh kali udah 3500. Padahal SMS-an sepuluh kali belum tentu udah puas SMS-an. Jadi dalam sehari bisa ngabisin banyak pulsa. Dan makin ke sini sering banget ada promo SMS tapi tetep ya gak hemat juga. Pulsa tetep boros.

Belum lagi masalah telfon, telfon bener-bener digunakan kalau kepepet banget. Kalau gak kepepet ya gak perlu telfon segala, sayang pulsanya, haha. Sekarang malah kebalik, kalau ada apa-apa lebih milih untuk telfon supaya pulsa kepake. Toh telfon pun juga jarang. Paling juga ke saudara yang gak punya Whatsapp jadi harus ditelfon atau SMS.

Selain komunikasi jadi makin murah, jaman sekarang ngisi pulsa juga makin mudah. Gak perlu isi pulsa di konter. Isi pulsa online di Tokopedia juga bisa. Udah gitu pulsanya juga lebih murah dari di konter pulsa deket rumah. Malah enak gak perlu jalan ke konter, hihi. Dan kalau dipikir harga pulsa jaman sekarang lebih mahal ya dari jaman dulu? Harga pulsa dari konter satu dan konter lainnya juga beda tipis. Jarang nemuin promo pulsa murah yang harganya miring.

Kalau kamu gemana nih, ngerasa juga gak kalau pulsanya awet?
Read more>>

Sep 24, 2016

Diam Itu Emas


Orang yang banyak bicara pasti adalah orang yang banyak salah. Ya bener aja, dengan terlalu banyak bicara makan kita memperbesar kemungkina berbicara hal yang menyakiti orang atau pun dusta. Sejak menikah saya memang lebih banyak diam. Bicara seperlunya. Kalau marah diam. Tapi beberapa hari ini saya mendadak menjadi orang yang sok. Entah karena terlalu lama mendiamkan hal-hal menyebalkan di sekitar atau apa. Tapi rasanya ingin bicara saat itu untuk menasehati seseorang. Saya lupa, ada manusia yang bisa dinasehati ada yang gak bisa. Saya sudah tahu tipikal orangnya seperti apa. Karena dari beberapa kali interaksi saya merasakannya. Tapi kok ya masih ngotot buat menasehati.

Saya bukannya gak mau dinasehatin balik. Tapi entah kenapa setiap saya beri saran kok saya diserang balik. Yakin deh namanya manusia pasti punya celah keburukan. Jadi kalau menasehati orang pasti kita juga bakalan disemprot balik dengan kekurangan kita. Terus kita gak boleh nasehatin orang? IYA! Jangan nasehatin orang kalau gak siap dijembreng keburukan kamu, haha. Ya begitulah hidup, manusia ada banyak watak. Kita gak bisa menyuruh orang menjaga hati kita. Jadi jagalah hatimu sendiri.

Entah karena saya belum lihai menasehati orang atau apa. Tapi kemungkinan besar saya gak punya taktik saat menasehati orang. Dulu Ustad Abdulah Zain pernah bilang, kalau menasehati orang gak bisa langsung harus ada pendekatan. Nah mungkin saya salah di sini. Terlalu frontal sampai yang dinasehati jadi kaget. Jadi memang perlu belajar menasehati. Sementara ini mungkin akan diam untuk gak menasehati, sampai tahu seni dan triknya menasehati orang tanpa bikin kaget yang dinasehati.

Jadi pelajaran yang bisa dipetik hari ini adalah jangan menasehati jika gak tahu ilmunya. Menasehati orang juga butuh ilmu.

Diam selalu lebih baik tapi jika semua orang diam melihat keburukan karena takut keburukannya dibongkar, lalu kapan kita saling menasehati dalam kebaikan?

Read more>>

Sep 23, 2016

Mengeluh?

Mendengarkan orang mengeluh ternyata memberikan energi buruk pada diri sendiri. Bagimana pun juga yang namanya mengeluh itu gak pernah bikin hidup jadi lebih mudah. Justru yang ada hidup jadi susah dan orang-orang makin tahu kalau hidup kita makin susah. Malahan orang mungkin senengn ketika lihat orang lain susah. Bukannya ngasih solusi yang ada malah jadi dihina. Mengeluh pada manusia bukanlah jalan keluar.

Saya juga benci mendengar orang mengeluh. Apalagi keluhannya itu dilebay-lebaykan. Bukannya gak kepengen dengerin orang curhat. Tapi kalau ngeluh tiap hari dan lebih banyak gak ada bersyukurnya kan sebel juga dengernya. Lagi pula malah jadi menyalurkan energi negatif. Bahagian itu tergantung diri kita. Pikiran kira mau disetting bahagia atau susah. Hal kecil pun bisa membuat kita bahagia. Dan hal kecil juga bisa membuat kita merasa sengsara. Semua tergantung pikiran masing-masing.
Read more>>

Sep 21, 2016

Menolong Orang Saat Diri Sendiri Sedang Kesulitan

Credit: pixabay.com
Hidup di jaman sekarang ini mungkin terasa lebih berat dari pada jaman-jaman sebelumnya ketika teknologi masih belum semaju sekarang. Sadar atau gak, semakin canggihnya teknologi memang membuat segala jadi mudah tapi bikin hidup jadi lebih sulit. Sulitnya sih karena banyak orang yang jadi ingin pamer. Apalagi dengan ramainya sosmed, banyak orang yang ingin pamer di sosmed. Jadi sulitnya sebenarnya karena dipersulit sendiri.

Kalau menuruti gengsi memang gak ada habisnya. Kita gak akan pernah puas dengan yang kita miliki. Apalagi kalau melihat orang lain punya sesuatu yang lebih bagus. Makah hilanglah rasa bersyukur atas apa yang sudah kita miliki. Miris sih memang tapi begitulah hakikatnya orang-orang yang mengejar dunia. Mereka hina sehina-hinanya.

Padahal kunci kebahagian bukanlah dari barang-barang mewah yang kita miliki. Percuma punya barang bagus tapi ternyata kita gak pernah mensyukuri dan selalu merasa kurang terus. Jadi sebenarnya bahagia itu bukannya dengan memiliki banyak uang. Hidup sederhana pun bisa tetap bahagia. Asalkan selalu bersyukur atas nikmat yang sudah kita dapat.

Seperti cerita pendek anak dengan penjual tahu. Dikisahkan ada seorang anak dari keluarga kurang mampu yang senantiasa riang. Meski hidupnya begitu sulit dan uang sakunya hanya seribu per hari dia tetep bersemangat sekolah. Bayangin kalau anak jaman sekarang dikasih uang saku segitu mungkin udah gak mau sekolah kali ya, hehe.

Ternyata sulitnya hidup gak membuat sang anak menjadi enggan membantu sesama. Kadang ada orang yang enggan membantu karena merasa hidupnya sudah sulit kenapa harus membantu orang. Dirinya sendiri aja butuh dibantu. Begitulah kadang pikiran orang. Padahal membantu meringankan kesulitan orang bisa jadi sebab kita dimudahkan dalam suatu urusan.

Nah si anak yang kurang mampu ini suatu hari bertemu dengan seorang penjual tahu yang ternyata bannya kempes. Padahal dia belum menjual tahu satu pun. Lalu si anak membantu sang penjual tahu untuk menambal bannya ke tempat tambal ban. Kebetulan tukang tambal ban tersebut sudah kenal dengan si anak tersebut. Sehingga penjual tahu tersebut mendapatkan tambal ban gratis.

Karena sang penjual tahu belum bisa membalas kebaikan si anak hari itu juga, keesokan harinya sang penjual tahu menunggu anak tersebut dan memberikannya sebuah buku cerita anak-anak. Tadinya si anak merasa pemberiannya gak terlalu berguna. Sampai akhirnya guru di sekolahnya meminta para murid membawa buku cerita anak. Bagi si anak yang kurang mampu tentu saja membeli buku cerita anak adalah hal sulit. Tapi karena kebaikannya menolong penjual tahu dia mendapatkan buku cerita anak secara gratis. Akhirnya anak tersebut ingat bahwa buku cerita yang diberikan oleh sang penjual tahu ada manfaatnya.

Dari cerita ini kita bisa memetik hikmah bahwa meski kita dalam keadaan sulit sekali pun, membantu orang yang kesulitan gak akan membuat hidup kita sengsara. Seperti yang saya bilang sebelumnya, bisa jadi kita mendapat kemudahan karena menolong orang lain yang kesulitan meski kita sendiri dalam keadaan susah.
Read more>>

Sep 13, 2016

Ide Hadiah Sederhana Nan Istimewa untuk Ibu

Kita tidak perlu menunggu hari ulang tahun ibu untuk memberikan hadiah. Karena hadiah untuk ibu bisa diberikan setiap saat. Sebenarnya ibu kita pasti tidak menginginkan hadiah apa pun selain melihat kita bahagia dan menjadi anak berbakti. Tetapi sebagai anak yang baik, tentu saja kita ingin berbagi rezeki dan kebahagiaan dengan wanita yang paling berarti dalam hidup kita.


Tanpa harus repot-repot berpikir dan menyiapkan hadiah, cobalah untuk mencermati beberapa ide berikut ini. Niscaya ibu akan sangat senang menerima hadiah-hadiah seperti ini dari kita :

Mengajak Makan di Restoran Favorit

Coba ingat-ingat lagi restoran favorit yang disukai ibu. Kemudian siapkan reservasi tempat dan ajaklah ibu untuk makan di sana. Kita juga dapat mengajak anggota keluarga lainnya untuk menyemarakkan suasana. Kejutan kecil tidak terduga ini pasti akan menjadi sesuatu yang berkesan dan tidak terlupakan bagi ibu.

Dress Cantik yang Cocok untuk Ibu

Biasanya ibu akan berusaha hemat untuk urusan membeli baju. Nah, ini menjadi tugas kita untuk mengajak ibu berbelanja baju yang dibutuhkannya. Bila ingin membeli dress, kita bisa mengajak ibu mengakses MatahariMall di https://fashion.mataharimall.com/p-235/dress. Ajaklah ibu memilih sendiri baju yang disukainya. Sehingga ibu bisa mendapatkan dress cantik yang akan menyempurnakan penampilannya.

Memberikan Voucher Belanja

Seringkali kita tidak mengetahui keinginan ibu karena ibu tidak ingin membebani kita. Jadi, jika kita benar-benar tidak mengetahui keinginan ibu, berikan saja voucher belanja. Ibu bisa menggunakan voucher belanja tersebut untuk memenuhi kebutuhan pribadinya secara leluasa. Kita pun akan merasa gembira karena bisa membantu ibu mewujudkan keinginannya.

HP Baru

HP lama ibu sudah terlihat usang dan bertahun-tahun tidak diganti? Belikan saja ibu HP yang baru. Tidak perlu terlalu mewah dan kaya akan fitur canggih. Karena biasanya ibu hanya membutuhkan HP yang nyaman digunakan dan memiliki kapasitas memori ekstra besar. Ibu akan senang bila bisa menyimpan foto-foto keluarga dan menghubungi kerabat dekat setiap saat.

Apakah keempat ide hadiah ini sudah pernah diwujudkan untuk ibu? Bila belum, yuk segera mewujudkan ide ini dan bersiaplah melihat senyum bahagia di wajah ibu tercinta.
Read more>>

Resep Makanan Paling Populer di Indonesia

Indonesia yang memiliki keragaman budaya dan bahasa daerah juga memiliki bermacam-macam masakan daerah yang kemudian populer di nusantara. Kepopuleran beberapa makanan di Indonesia tersebut tidak lepas dari rasanya yang memang lezat dan nikmat. Apa saja makanan paling populer di Indonesia serta bagaimana resep-resep makanan Indonesia tersebut? Berikut adalah ulasannya.


1. Nasi goreng

Nasi goreng ada di list paling atas, rasanya belum ada yang mampu menggoyang kepopuleran nasi goreng. Entah dari mana asalnya, nasi goreng menjadi salah satu makanan paling populer di Indonesia yang bisa dinikmati hampir disemua suasana. Ada berbagai jenis nasi goreng yang ada di Indonesia mulai dari: Nasi Goreng Jawa, Nasi Goreng Oriental, Nasi Goreng Kampung, Nasi Goreng Ayam, Hingga Nasi Goreng Kambing, dan lain-lain. Disini kami akan mencoba berbagi resep Nasi Goreng Kampung.

Resep nasi goreng kampung

Berikut adalah beberapa bahan yang harus disediakan:
  • Sepiring nasi putih
  • 1 butir telur mentah
  • 5 bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 5 cabe merah atau sesuai selera jika ingin tidak terlalu pedas maka bisa dikurang
  • 2 cabe rawit atau sesuai selera, bisa ditambah jika ingin lebih pedas
  • 1/2 kemiri
  • Garam
  • Minyak goreng
  • Sawi dan kol

Langkah membuat nasi goreng kampung yang enak

  • Pertama kita harus mencampurkan dan menghaluskan antara cabe, bawang dan kemiri.
  • Kemudian siapkan alat untuk menggoreng lalu masukkan minyak secukupnya untuk digunakan menumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga tercium bau yang sedap.
  • Setelah itu masukkan telur kemudian digoreng sambil diaduk agar menjadi telur orak-arik.
  • Lalu masukkan nasi dan aduk hingga bercampur dengan rata bersama bumbu-bumbu yang lain.
  • Masukkan sawi hijau kemudian aduk lagi hingga rata.
  • Setelah itu tambahkan garam secukupnya Kemudian aduk hingga rata.
  • Nasi goreng siap disajikan. Beberapa orang menambahkan lalapan seperti kol atau kacang panjang yang muda yang masih mentah. Namun opsi ini sesuai selera.

2. Gado-gado

Gado-gado merupakan makanan populer di nusantara lainnya. Makanan ini terbuat dari kombinasi antara wortel, selada, toge, potongan kentang, kol, tahu, dan lain-lain.
Resep gado-gado enak

Beberapa bahan yang perlu disediakan diantaranya adalah:
  • 1 ons kacang panjang dipotong-potong sepanjang jari
  • 1 ons toge
  • 150 gram kacang tanah
  • Setengah sendok makan gula pasir
  • Gula merah secukupnya
  • 3 siung bawang putih
  • 4 cabe rawit
  • Garam
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 1 buah jeruk limau
  • Kol
  • Timun

Langkah pembuatan gado-gado yang enak
  • Pertama kali, rebus terlebih dahulu kacang panjang selama kurang lebih 3 hingga 5 menit
  • Kemudian rendam taoge selama 3 menit
  • Setelah itu goreng kacang tanah hingga matang
  • Rebus juga asam jawa kemudian ambil airnya
  • Rebus bawang putih sebentar
  • Lalu mulailah menggiling: cabe rawit, bawang putih, gula merah, kacang tanah, gula putih, dan garam secukupnya. Setelah setengah halus, tambahkan 1 sendok makan air asam jawa. Setelah itu lanjutkan mengulek hingga bumbu halus.
  • Siapkan sebuah tempat kemudian masukkan semua sayuran yang sudah direbus mulai dari tauge, kacang panjang, irisan mentimun, dan irisan tahu, Anda juga bisa menambahkan sayuran lain seperti kol, dan daun kemangi secukupnya. Kemudian siram dengan bumbu yang sudah dihaluskan.

3. Opor ayam

Diurutan ketiga, opor ayam merupakan makanan favorit lainnya di Indonesia yang hampir bisa kita temui di berbagai acara seperti pernikahan, sunatan, dan lain-lain. Namun tidak hanya bisa ditemukan dalam berbagai acara acara tersebut, opor ayam juga sering disajikan di rumah pada hari-hari biasa. Berikut adalah resep membuat opor ayam yang enak.

Resep opor ayam

Bahan-bahan yang perlu disediakan diantaranya adalah:

  • Ayam secukupnya, misalnya setengah ekor
  • 5 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 bungkus santan (kara)
  • Bubuk lada
  • Garam
  • Ketumbar yang sudah dihaluskan
  • Kaldu ayam
  • Lengkuas yang sudah dihancurkan
  • Jahe yang sudah dihancurkan

Langkah membuat opor ayam

  • Setelah mencuci bersih ayam yang akan digunakan, rebus dengan air mendidih selama kurang lebih 5 menit lalu tiriskan.
  • Sambil merebus ayam Anda bisa mengulek bawang putih, kemiri, bawang merah, dan tambahkan juga lengkuas serta jahe.
  • Siapkan wajan kemudian gunakan untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan.
  • Setelah itu tambahkan ayam lalu aduk hingga rata.
  • Tambahkan juga santan, air secukupnya, garam, bubuk ketumbar dan kaldu ayam, dan lada.
  • Masaklah hingga ayam empuk dan bumbu meresap.
  • Opor ayam sudah siap untuk disajikan. Dalam penyajiannya, Anda bisa menambahkan bawang goreng diatasnya untuk menambah sedap cita rasa opor ayam.
Read more>>