Mar 27, 2017

Supaya Kulkas Tetap Awet, Lakukan Cara Perawatan yang Benar Ini!

Sebagai ibu rumah tangga, kesibukan di dapur tentu akan sangat terbantu dengan adanya kulkas atau lemari es. Sebab ada beragam hal yang dapat Anda lakukan dengan lemari es ini, tak hanya sekedar menyimpan bahan makanan yang mudah basi tapi juga bisa untuk membuat es krim dan mendinginkan makanan yang lebih enak dikonsumsi atau disajikan dingin seperti minuman ringan, pudding hingga buah-buahan. Namun tanpa disadari, kesalahan-kesalahan dalam penyimpanan membuat lemari es menjadi cepat rusak atau tidak awet. Oleh karena itu, lakukan cara perawatannya yang benar seperti di bawah ini agar lemari es tetap awet:


1. Hindarkan Menjejali Makanan atau Bahan Makanan ke dalam Lemari Es dengan Brutal

Seperti yang Anda ketahui, lemari es juga memiliki kapasitasnya masing-masing. Jika lemari es kelebihan muatan, tentu akan sangat mempengaruhi kemampuan untuk dapat mendinginkan makanan dan akhirnya justru membuat beberapa bahan makanan seperti susu, daging, atau buah dan sayur jadi cepat rusak. Atur penyimpanan bahan makanan dalam lemari es sedemikian rupa sesuai dengan rak nya masing-masing. Untuk bahan makanan dalam kemasan kaleng yang belum dibuka, bisa tidak disimpan dalam lemari es dulu. Pastikan juga tetap ada sirkulasi udara di dalam lemari es.

2. Hindari Memasukkan Makanan dalam Keadaan Panas

Ada mitos bahwa memasukkan air panas dalam freezer akan membuatnya lebih cepat dingin atau mengeras, padahal faktanya tidak demikian. Justru dengan memasukkan makanan atau minuman yang panas dalam lemari es, membuat beban listrik lemari es jadi bertambah besar sehingga memperlambat proses pendinginan, uap air yang terkandung pada makanan atau minuman tersebut justru akan menyebabkan terjadinya frost di evaporator atau mengkontaminasi makanan yang lainnya.


3. Masuk Lebih Dahulu, Keluar Lebih Dahulu.

Makanan atau minuman apa saja memiliki batas ketahanan atau kadaluarsa. Dengan adanya cara ini, menghindari kerusakan makanan atau terbuang sia-sia. Selain itu, makanan-makanan tertentu ketika sudah memasuki masa kadaluarsa dapat mencemari makanan yang lain. Seperti daging misalnya, sebisa mungkin jangan disimpan di kulkas lebih dari 3 minggu, selain dagingnya menjadi tidak sehat, pertumbuhan bakteri dalam lemari es juga akan meningkat dan membuat makanan lain jadi tercemar.

4. Hindari Buka Tutup Terlalu Sering

Sering di antara kita yang tidak memikirkan terlebih dahulu apa saja yang akan diolah atau dikonsumsi sehingga seringkali membuat kita jadi buka-tutup lemari es terlalu sering. Atau membiarkan lemari es terbuka terlalu lama yang justru akan membuat lemari es bekerja lebih keras untuk mendinginkan kembali karena hawa dingin di dalamnya keluar semua. Selain itu, membuka-tutup lemari es sering-sering membuat listrik jadi boros.

5. Jauhkan Lemari Es dari Dinding dan Sumber Panas

Cara lain agar lemari es tetap awet adalah dengan meletakkannya di tempat yang benar, sebisa mungkin hindarkan lemari es dari sumber panas seperti kompor, microwave dan sinar matahari langsung. Atur peletakan lemari es minimal 15 cm dari dinding agar hawa panas dari lemari es tidak memantul ke lemari es.

6. Bersihkan dengan Benar Secara Berkala

Seperti halnya perabot rumah tangga lainnya, kulkas juga tak boleh luput dari perhatian kita. Bersihkan dengan cara mematikan suhu dan mencabut steker nya lalu biarkan sampai bunga atau kerak es dalam freezer mencair dengan sendirinya. Hindari mencongkel dengan benda-benda tajam, lebih baik dibiarkan meleleh atau siram dengan air hangat. Bersihkan juga rak lemari es dengan lap yang bersih.
Read more>>

Mar 23, 2017

Alhamdulillah Sudah Empat Bulan!


Usia kehamilan saya memang sudah memasuki usia empat bulan. Yang artinya sang jabang bayi sudah mulai ditiupkan nyawa dan sudah mulai kerasa gerakannya. Beberapa kali memang kerasa kalau ada yang berdenyut di perut. Dan meski sudah pernah hamil lima kali (dua kalinya keguguran) saya tetap merasa takjub dengan kehamilan kali ini. Tentunya saya juga sangat berharap sang jabang bayi akan sehat selalu dan diberi umur yang barokah. Mengingat adik Aisyah meninggal diusia yang masih sangat kecil yaitu empat puluh hari, memang membuat saya agak takut. Tapi biarlah, memang sudah takdirnya.

Karena ini sudah hamil yang kesekian kalinya saya gak terlalu repot membeli perlengkapa bayi seperti hamil Aisyah. Malahan saya belum belanja apa pun untuk adik kedua Aisyah. Justru saya sibuk untuk pindah ke rumah baru dan beli perabotan rumah tangga, hehe. Maklumlah, bayinya juga belum ketemu gendernya apa. Jadi saya sih beranggapan kalau adik kedua Aisyah ini perempuan, maka saya gak perlu beli banyak perlengkapan lagi. Cukup belikan beberapa baju bayi baru saja.

Tapi entah kenapa dokter spesialis kandungan sempat nyeletuk kalau adiknya ini mungkin laki-laki. Saya gak tahu juga kenapa. Tapi apa pun itu, perempuan atau laki-laki saya akan sangat bersyukur. Hanya saja kalau memang nanti adiknya laki-laki, saya harus beli baju bayi lagi, hihi. Cuma baju newborn aja yang bisa dipakai untuk bayi laki-laki karena memang warnanya netral.

Buat saya sih gak masalah. Justru saya memang ingin beli sendiri baju bayi. Mungkin karena belum puas. Saat hamil Aisyah kebanyakan bajunya dibelikan oleh mertua. Karena saat itu sedang ada sale di pasar dekat rumah. Memang sih bukan motif baju bayi terbaru, tapi seenggaknya bahannya halus dan layak dipakai. Harganya juga miring banget. Cuma kadang saya ingin beli baju bayi dengan motif lucu-lucu seperti yang pernah saya belikan untuk adik pertamanya Aisyah.

Pengen Punya Box Bayi

Pengen punya box bayi, supaya bisa si kecil gak bosen di kamar terus.

Hal yang belum kesampaian saat punya anak sampai saat ini adalah punya box bayi. Dulu memang karena gak memungkinkan punya box bayi. Maklumlah masih tinggal sama mertua jadi tempat terbatas. Kalau tahun ini insyaAllah kan mau tinggal di rumah sendiri jadi kepengen punya box bayi. Meski sebenarnya ada yang bilang box bayi ini mubazir, karena hanya dipakai sebentar.

Tapi bagi saya mungkin akan berguna biar si kecil bisa tidur di tempat lain selain di kamar orang tuanya. Jadi pengennya saat pagi hari saya akan membersihkan kamar, si kecil bisa tidur di box bayi dan ditempatkan di ruang bermain. Atau kalau lagi bosen, box bayinya dipindah ke ruang depan supaya si kecil juga bisa melihat keluar. Jadi box bayi yang saya inginkan nanti seenggaknya ada rodanya jadi mudah dipindah-pindah.

Merencanakan Kelahiran Si Kecil

Gak seperti hamil pertama, hamil kali ini saya sudah merencanakan untuk melahirkan di rumah sakit. Dua kali melahirkan di bidan saya memang satu kali kecewa dengan salah satu bidan saat melahirkan Aisyah. Bidan yang menangani saya saat itu adalah bidan praktek. Menurut saya mungkin dia kurang profesional dan gak telaten. Saya merasa caranya menangani saya saat itu kasar. Gak hanya itu pasca melahirkan ada placenta yang masih belum dibersihkan dari rahim. Saya jadi agak kapok untuk melahirkan di tempat itu lagi.

Meski saat melahirkan kedua kalinya saya juga melahirkan di bidan. Tapi kali ini bidannya sudah senior dan profesional. Saya merasa lebih nyaman dan pasca melahirkan nifas saya pun gak terlalu banyak gumpalan darah karena memang sudah dibersihkan dengan baik. Tapi saat itu saya melahirkan di Purwokerto di tempat ibu saya. Sedangkan di Surabaya, ibu mertua saya gak punya rekomendasi bidan yang bagus. Ada sih dulu binda yang bagus, tapi orangnya sudah sepuh jadi gak buka praktek lagi.

Alhasil saya dan suami jauh-jauh hari memang sudah merencanakan untuk melahirkan di rumah sakit swasta Surabaya. Dari sekarang juga mulai ngumpulin, supaya pas lahiran nanti sudah siap biaya melahirkannya.

Semoga saja nanti dapat melahirkan normal dengan lancar, aamiin.
Read more>>

Mar 20, 2017

Relatif atau ?

Credit: Pexels.com

Standar kebaikan setiap orang bisa saja berbeda. Tetapi gak merubah kebaikan yang haq.

Beberapa waktu lalu saya mendengar seseorang berniat mencibir tetangga karena anak laki-lakinya disuruh mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, ngepel dan melipat baju. Menurut seseorang itu, si tetangga melakukan hal yang salah karena anak laki-laki kok disuruh ngerjain pekerjaan rumah seperti itu. Dan seseorang itu beranggapan kalau yang dia lakukan benar, yaitu gak menyuruh anaknya mengerjakan pekerjaan rumah semasa kecilnya.

Saya tidak beranggapan kalau yang dilakukan si tetangga itu salah. Karena bagi saya pekerjaan rumah bukanlah pekerjaan khusus kaum hawa. Itu sebenarnya life skill yang harusnya dimiliki semua gender. Kalau suatu saat si anak laki-laki itu harus hidup jauh dari orang tua, masa iya gak mau bersih-bersih kamar kosnya, atau gak merapikan bajunya? Iyakan?

Kita gak pernah tahu akan menjalani hidup seperti apa nantinya. Mempersiapkan lebih awal tentu akan lebih baik supaya gak kaget. Toh seseorang itu terkadang juga mengeluh kenapa anak laki-lakinya sering bikin berantakan, gak tertib, gak mau mencuci piring setelah makan atau membantunya mengerjakan pekerjaan rumah. Apalagi memang semua anaknya laki-laki. Kebayangkan? Sebenarnya semua anak, entah itu laki-laki atau perempuan, mereka harus diajarkan membersihkan rumah. Karena rumah itu milik bersama, kalau yang bersih-bersih hanya kaum perempuan, maka siap-siap lelah beres-beres rumah terus kalau gak punya anak perempuan untuk bantu bersih-bersih.

Pemikiran anak perempuanlah yang harus beres-beres rumah sebenarnya pemikiran kolot. Saya tahu banget, mitos-mitos yang mengatakan kalau sampai orang laki-laki beres-beres rumah derajatnya bisa turun. Entah kenapa bisa begitu. Padahal Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam membantu istri-istrinya mengerjakan rumah. Kok para lelaki yang derajatnya gak lebih tinggi dari Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam bisa-bisanya bilang derajatnya bakalan turun kalau beres-beres rumah? Mangap ya kok mendadak emosi, haha.

Mengajarkan anak laki-laki untuk bisa mengerjakan pekerjaan rumah sebenarnya untuk kebaikan si anak juga. Bayangin ketika mendadak ditinggal orang tua dan gak ada yang bisa beres-beres, rumah berantakan gak karuan. Emangnya enak tinggal di rumah berantakan? Saya yakin meski anak laki-laki sekali pun ingin tinggal di rumah yang bersih.

Saya sendiri meski anak perempuan gak pernah semasa kecilnya mengerjakan pekerjaan rumah. Karena mendiang ayah saya beranggapan kalau anaknya -meski perempuan- gak boleh mengerjakan pekerjaan rumah. Bagi saya itu sebuah kesalahan. Setelah saya berumah tangga seperti ini saya merasakan sulitnya beradaptasi. Bayangkan, saya yang gak pernah nyapu, ngepel, nyuci mendadak harus mengerjakan semua sendiri. Dan saat itu suami saya juga senasib dengan saya, ya sama-sama anak mamih! Akhirnya kami sama-sama belajar dan membantu satu sama lain mengerjakan pekerjaan rumah.

Sekarang sudah lebih baik, saya sudah mulai cakap dalam mengerjakan pekerjaan rumah. Suami juga sangat ringan tangan membantu pekerjaan rumah. Ya jangan disamakan dengan suami lainnya ya, suami saya bekerja full seharian di rumah. Jadi gak heran kalau bisa sering membantu saya mengurus anak maupun pekerjaan rumah.

Padahal niatnya nulis sendikit ya tapi kok jadi panjangan banget, haha. Saya jadi teringat sesuatu. Suami pernah bilang, kalau hanya orang putus asa yang bilang cantik itu relatif. Saya dulu gak paham tapi setelah merenung saat makan pangsit tadi pagi saya baru engeh. Sama dengan konsep kebaikan, sebenarnya gak ada kebaikan relatif hanya persepsi orangnya saja yang berbeda. Jadi intinya ending tulisan ini agak gak nyambung, mohon maaf dan terima duit, haha.
Read more>>

Mar 15, 2017

Semoga Saja Jodohnya

Beberapa bulan yang lalu, tepatnya bulan Januari, saudara dari suami berangkat umroh. Tentu saja mendengar ini saya senang. Memang dulu pakde punya cita-cita ingin haji. Sayangnya sebelum bisa haji pakde terkena serangan stroke yang membuat beliau jadi lumpuh dan sakit bertahun-tahun. Baru tahun ini bisa melaksanakan rukun umroh sesuai sunnah. Pakde berangkat bersama istri dan anak perempuannya yang memang punya hajat ingin berdoa dapat jodoh di Tanah Suci.

Gak heran sih karena di umurnya yang sudah bisa dibilang cukup matang, anak perempuan pakde ini belum mendapatkan jodoh. Rasanya pasti kepengen dong segera nikah. Tapi namanya jodoh, kita kan gak tahu kapan mau dateng. Jadi ya bersabar dan memantaskan diri aja dulu.

Anak perempuan pakde ini memang termasuk anak yang baik kelakuannya terhadap orang tua maupun keluarga. Sehingga saat umroh beberapa waktu lalu sempat ada jamaan umroh yang satu travel tertarik padanya dan ingin menjadikan mantu, katanya. Eh ternyata gak lama jamaah umroh tersebut mempertemukan anaknya dengan anak perempuan pakde.

Saya sih berdoa semoga saja memang orangnya baik dan jodohnya. Apalagi pakde memang sudah semakin tua. Kepengen banget melihat anak perempuannya itu bisa menikah.

Namanya menikah memang gak bisa grasa-grusu. Dan gak semua orang yang menikah di umur yang cukup itu katanya telat nikah. Sebenernya gak ada istilah telat nikah. Karena memang jodoh itu sudah ditentukan. Kalau ada orang yang nikah muda ya karena memang sudah takdir. Jadi jangan mencela orang yang belum menikah. Lebih baik mensyukuri apa yang didapati. Bisa kan bahagia tanpa harus membuat orang lain sedih?

Saya juga sebel dengan orang yang mencela orang yang gak kunjung dapet momongan. Dikira anak itu bisa ada tanpa kuasa Alloh kali ya? Belum lagi yang suka mencela orang yang banyak anak, errr. Orang-orang ini memang gak bisa diam, jadi lebih baik diabaikan daripada gila sendiri dengerin omongan orang.

Memang terkadang baper tapi itu wajar. Namanya juga orang, punya hati, baper sih biasa, heheh. Gak masalah baper, yang penting jangan sampai lama-lama dan bikin hati panas. Biarlah kata orang, mereka yang suka mencibir biasanya karena hidupnya gak bahagia dan ingin bikin orang lain gak bahagia juga. Nurutin kata orang malahan bikin kita terlihat gak punya pendirian. Cukup jadi diri sendiri dan abaikan orang-orang hasad.
Read more>>

Feb 27, 2017

Parfum dalam Keseharian

Parfum memiliki sejarah yang panjang dalam penemuannya. Sampai saat ini pun belum diketahui tahun berapa parfum ditemukan. Parfum ditemukan jauh sebelum Masehi. Diduga parfum ini berawal dari kegiatan manusia yang masih berpaham animisme dan sering melakukan persembahan dengan pembakaran. Karena persembahan pada dewa ini semakin berkembang, maka manusia saat itu memikirkan mengenai persembahan yang maksimal, karena bau pembakaran tidak wangi. Akhirnya mereka pun mulai mencari kayu yang apabila dibakar menghasilkan bau yang harum. Dari sinilah kemudian parfum mulai dikembangkan.


Parfum dalam bentuk cair dikenal pertama kali dari Mesir. Para masyarakat Mesir menggunakan parfum ini sebagai pemoles mumi agar mumi menjadi wangi. Biasanya parfum mumi ini digunakan untuk para firaun. Masyarakat Mesir lainnya pun menggunakan parfum dalam kehidupan sehari-hari. Setelah itu parfum diadobsi oleh masyarakat Arab yang setelah itu diadobsi juga oleh masyarakat Eropa.

Dalam perkembangannya, saat ini produsen parfum terbaik dipegang oleh Perancis. Di Perancis banyak para ahli parfum berkumpul untuk meracik parfum terbaik untuk masyarakat dunia. Parfum terbaik Perancis dibuat dari bunga pilihan yang kemudian diambil ekstraknya. Lalu diramu dan dikemas sempurna untuk menjaga aroma parfum agar tidak menguap.

Di negara lain pun juga diproduksi parfum. Seperti di negeri ini juga banyak sekali produsen parfum lokal yang tak kalah hebatnya. Hanya saja, biasanya produsen parfum lokal tidak mengemasnya sebagus dan setahan lama parfum Perancis.

Dalam kesehariannya, wanita maupun pria menggunakan parfum untuk meningkatkan pesonanya. Selain banyak digunakan oleh para pekerja kantor, parfum juga sangat diminati para remaja. Kamu bisa melihatnya sendiri bagaimana para remaja rela menyimpan uang sakunya untuk dibelikan parfum demi meningkatkan penampilannya pada lawan jenis.

Parfum juga digunakan sebagai alat untuk mempererat hubungan suami dan istri. Istri yang memakai parfum spesial untuk suaminya, akan membuat suami klepek-klepek tak berdaya dan menambah cintanya pada sang istri. Pasalnya memang parfum ini bisa meningkatkan mood untuk bercinta. Dan bercinta sendiri juga bisa meningkatkan kualitas hubungan suami dan istri. Tak hanya istri sih yang harus memakai parfum, suami pun bisa memakai parfum yang maskulin untuk membuat istrinya klepek-klepek dalam pelukan sang suami.

Di bidang makanan pun parfum juga dipakai, istilahnya adalah parfum makanan. Parfum makanan ini digunakan untuk membuat orang yang lewat di tokonya akan mencium bau masakan yang kuat. Ternyata itu menggunakan parfum makanan. Begitu juga dengan pakaian, juga menggunakan pewangi pakaian agar setelah dicuci, pakaian tersebut wangi. Jadi banyak sekali kegunaan parfum dalam keseharian kita.
Read more>>

Sebentar Lagi Rumah Baru


InsyaAllah kalau gak bulan Maret atau April saya dan suami akan pindah ke rumah baru, eaaa. Seneng banget, hihi. Sekarang rumahnya masih masa renovasi dulu. Maklum habis dikontrakin ke orang kadang kan rumahnya agak kusut dikit, hihi. Seneng sih ngebayangin mau tinggal terpisah dari orang tua. Bukannya gak suka tinggal sama orang tua sih. Cuma kepengen punya privasi dan kepengen bisa mandiri. Cape juga apa-apa sama orang tua. Kepengenlah bisa masak sendiri, beres-beres sendiri. Ngurus anak gak ada yang ngerusuhin. Belum lagi kadang jam tidur saya dan suami beda dengan orang di rumah. Kan males, waktunya tidur kok orang lain malah pada berisik.

Berhubung memang harga rumah di Surabaya mahal, gak mungkinlah kami yang baru nikah empat tahun ini langsung punya rumah. Alternatifnya adalah minjem rumah orang tuanya suami, hihi. So tricky banget? Haha. Tapi gemana lagi, mertua gak setuju kalau kami ngontrak. Pertama karena memang harga kontrakan yang bagus di Surabaya itu mahal. Sayang banget uangnya buat ngontrak padahal di mertua punya rumah yang bisa dipinjem kita. Jadilah dikasih satu rumah, supaya saya dan suami bisa ngumpulin uang buat beli rumah suatu saat nanti.

Kami memang lebih milih beli rumah dari pada apartemen, pertama harga apartemen Surabaya memang mahal. Kedua, kalau beli apartemen cuma dapet bangunan dong gak punya tanah, hihi. Jadi mendingan beli rumah aja meski rumahnya gak terlalu gede yang penting punya dulu kan. Ah ini aja belum punya rumah sendiri baru minjem, hihi.

Tapi seenggaknya agak lega, karena gak perlu mikirn biaya kontrakan tiap bulan. Cukup dirawat aja rumahnya, dicat tiap setahun sekali dan dipermak ini itu kalau misalkan memang ada yang kurang. Dan yang bikin agak kepikiran banget tuh di rumah itu belum ada saluran PDAM. Belum dipasang di rumah itu, entah karena apa. Jadi nanti kalau sudah pindah harus segera di pasang. Kebayang hidup tanpa air PDAM dan cuma pake sumur itu gak enak, hihi.

Sekarang masih proses untuk ngecat dan nambahin pembatas sumur, supaya gak berbahaya sumurnya. Saya juga belum lihat rumahnya. Cuma memang perabotan yang saya beli udah banyak numpuk di rumah mertua, hihi. Kasian rumah mertua jadi gudang sementara, hehe.

Kalau kamu setelah menikah lebih suka tinggal dengan orang tua atau tinggal sendiri?

Read more>>

Mengenal Bronkitis dan Gejalanya

Semua orang di dunia ini pasti ingin selalu sehat. Namun, faktanya banyak sekali orang yang ingin sehat namun tidak melalukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat sangatlah penting demi menjaga tubuh agar tiap harinya tetap sehat. Minimal tubuh mengalami sakit bisa diminimalisasi.

Banyak sekali penyakit yang mengancam diri kita setiap harinya. Salah satu penyakit yang cukup serius adalah bronkitis. Mungkin kamu pernah mendengar mengenai penyakit bronkitis ini. Namun tidak semua orang paham betul apa itu sebenarnya bronkitis, apalagi penyebab dan gejalanya.


Pengertian Bronkitis dan Macamnya

Bronkitis adalah penyakit yang berkaitan dengan pernapasan yang bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri. Setidaknya ada dua macam jenis bronkitis. Yang pertama adalah bronkitis akut. Bronkitis ini menjangkit pada anak-anak usia di bawah 5 tahun. Bronkitis akut ini merupakan infeksi saluran pernapasan pada anak-anak akibat anak terlalu lalu batuk dan flu. Jadi untuk menghindari bronkitis akut ini, jika anak batuk jangan dibiarkan, harus segera diobati.

Sedangkan macam bronkitis yang kedua adalah bronkitis kronis. Bronkitis kronis ini biasanya menjangkit pada orang dewasa. Biasanya menyerang pada orang dewasa yang umurnya di atas 40 tahun. Penyebab bronkitis yang kedua ini biasanya karena kebiasaan merokok dan lingkungan kerja yang tidak sehat.

Gejala Bronkitis

Adapun gejala bronkitis sendiri bisa dilihat dari beberapa keadaan berikut ini:
  1. Mengalami sesak napas
  2. Tenggorokan terasa sakit
  3. Tubuh gampang kelelahan padahal aktivitas yang dilakukan ringan
  4. Tubuh demam dan menggigil
  5. Badan terasa nyeri
  6. Sakit kepala yang tak tertahankan
  7. Hidung dan sinus tersumbat
Jika kamu sudah mengalami sebagian besar dari ketujuh gejala tersebut, maka segeralah ke dokter untuk diperiksa dan diobati. Jangan pernah menganggap bahwa penyakit yang kamu alami ringan, karena kamu tidak tahu sebelum memeriksakannya ke dokter. Niscaya dokter akan memberimu resep yang akan menanggulangi gejala bronkitis yang kamu alami agar tidak menuju ke bronkitis yang sebenarnya.

Pencegahan dari Bronkitis

Segala penyakit yang ada bisa dilakukan pencegahannya. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Cara mencegah penyakit bronkitis pada anak bisa dilakukan dengan mengatur dan mengawai makanan yang dimakan oleh anak. Jangan biarkan anak-anak memakan makanan yang tidak jelas kualitasnya. Biasanya anak-anak suka sekali dengan jajanan instan murah yang rentan menyebabkan batuk. Jajanan yang berbumbu serbuk biasanya dapat menyebabkan anak batuk terpingkal. Hindari anakmu mengkonsumsi makanan jenis ini.

Selain itu, sangat perlu membiasakan cuci tangan sebelum makan. Pasalnya, kita tidak tahu anak-anak sudah memegang apa saja. Bisa saja dia memegang sesuatu yang mengandung virus dan bakteri lalu masuk dalam tubuh melewati makanan yang dimakan. Hal ini juga berlaku bagi orang dewasa.

Pencegahan lainnya yang sangat perlu diperhatikan adalah jangan merokok ataupun berkumpul dengan orang yang sedang merokok. Pasalnya merokok adalah salah satu penyebab banyaknya orang terkena penyakit bronkitis.
Read more>>

Feb 13, 2017

Pemilihan Tas Selempang Wanita yang Simpel

Tas adalah salah satu perlengkapan wanita yang tidak bisa dilupakan. Saat ini tas wanita bukan hanya difungsikan untuk menyimpan barang-barang tetapi juga difungsikan sebagai pelengkap penampilan. ada banyak macam tas wanita yang ada di pasaran, salah satunya adalah tas selempang wanita. Bagi wanita yang memiliki sifat simpel dan praktis mungkin jenis tas ini menjadi pilihannya, karena tas ini merupakan jenis tas yang simpel, tapi tidak bisa digunakan untuk menyimpan banyak barang.


Memiliki satu jenis tas rasanya tidak cukup bagi seorang wanita, terlebih jika hanya memiliki tas selempang wanita yang tidak bisa menampung banyak barang. Sehingga banyak wanita yang masih memilih tas untuk kebutuhannya sehari-hari. Ada banyak jenis-jenis tas wanita yang bisa dijadikan pilihan, seperti:

1. Clutch

Merupakan jenis tas yang memiliki ukuran kecil, unik, menarik dan biasanya digunakan untuk mempercantik penampilan saat menghadiri acara spesial.

2. Wristlet

Wristlet tidak jauh berbeda dengan clutch, tapi tas ini memiliki tali yang panjang sehingga penggunaannya lebih menarik.

3. Hobo bag

Hobo bag merupakan jenis tas yang memiliki ukuran besar dan berbentuk setengah lingkaran menyamai bulan sabit. Dengan memiliki tali yang kuat, tas ini dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang yang berat dan banyak.

4. Satchel bag

Adalah jenis tas yang berbentuk kotak dan dilapisi bahan kulit. Dahulu jenis tas ini banyak digunakan oleh pelajar, namun dengan perkembangan zaman banyak wanita yang tertarik untuk menggunakannya.

5. Tote bag

Jenis tas yang berbahan dasar kain atau nylon, biasanya tas ini berukuran besar dan simpel, sehingga dapat digunakan untuk bepergian yang memerlukan membawa barang-barang dalam jumlah banyak.

6. Ransel

Tas ransel bukan hanya digunakan oleh pria, tapi tas ini juga cocok digunakan oleh wanita. Menggunakan tas ini untuk melakukan aktivitas sehari-hari yang membutuhkan barang-barang dalam jumlah yang banyak dan berat tidak perlu khawatir, karena jenis tas ini dapat menopang dengan kedua bahu. Saat ini sudah banyak jenis-jenis tas ransel untuk wanita, pilihlah tas ransel yang cocok dan feminim.

7. Messenger bag

Salah satu jenis tas wanita yang memiliki bentuk persegi panjang dengan tali panjang yang berfungsi untuk melingkar di dada. Jenis tas ini sangat fungsional karena dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang dalam jumlah yang banyak. Tas ini bisa digunakan untuk bepergian ataupun santai.

8. Pouch

Salah satu jenis tas yang sangat sederhana dengan memiliki beberapa ukuran yang berbeda-beda dengan terbuat dari bahan dasar nylon, kain, kanvas dan lainnya. Jenis tas ini biasanya digunakan untuk menyimpan kosmetik atau handphone. Ciri umum yang dimiliki oleh tas ini adalah memiliki kerutan pada bagian atasnya.

9. Kelly bag

Jenis tas yang terbuat dari bahan dasar kulit dan hanya dilengkapi dengan tali kecil sebagai pegangannya. Umumnya tas ini memiliki ukuran kecil dan berbentuk kotak seperti koper. Untuk seorang wanita karir, tas ini sangat penting karena dapat memberikan kesan yang resmi dan formal.

10. Baguette bag

Merupakan jenis tas yang hampir mirip dengan clutch dan wristlet, namun jenis tas ini memiliki ukuran yang lebih besar sehingga dapat menampung barang-barang lebih banyak di dalam tas. Jenis tas ini juga memiliki tali panjang, yang artinya tas ini dapat digunakan dengan menyelempangkan.

Tas selempang wanita sebenarnya sudah bisa melengkapi penampilan Anda, karena saat ini tas jenis sling bag ini memiliki banyak ukuran yang tidak terlalu kecil, serta memiliki banyak bentuk dan warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan wanita.
Read more>>