Nov 16, 2017

Selamat Datang Musim Hujan!

Memang belakangan ini musim hujan sepertinya cukup dinanti. Cuaca panas yang mudah membuat cucian dan manusia cepat kering membuat tetesan air hujan begitu dirindukan. Dan beberapa hari ini sudah mulai menunjukan musim hujan datang. Hampir setiap hari langit mendung dan angin segar bertiup. Memang sih kayak gini enaknya makan ramen temani suami. Tapi sisi lain saya juga cemas ketika jemuran tak kunjung kering.

Ya sudahlah, disyukuri saja. Toh bisa nembeng nyuci pake mesin cuci mertua supaya cepat kering, wakaka. Dasar mantu absurd.

Hal yang paling saya suka dari musim hujan adalah hawa dingin yang membuat saya jadi mudah untuk tidur. Begitu pula para bayi lebih jarang rewel karena udara panas. Sebuah kabar gembira bagi ibu yang punya bayi unyu-unyu. Coba aja kalau bayi-bayi gak tidur, mana bisa nulis blog kayak gini.

Kalau kalian hal apa yang paling disukai ketika musim hujan datang?
Read more>>

Nov 3, 2017

Pelayanan Kesehatan Tak Lagi Mahal di Makassar

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pelayanan kesehatan di negeri ini harganya sangat mahal sekali. Hal ini tentu saja menyulitkan warga yang kurang mampu saat mereka sakit. Pasalnya untuk biaya hidup saja sudah pas-pasan, apalagi untuk berobat. Tak hanya pelayanannya yang mahal, tempat pelayanan kesehatan pun di beberapa daerah masih sulit dijangkau. Namun, keadaan yang seperti ini tidak berlaku untuk Makassar.


Pemerintah Kota Makassar memang sudah berkomitmen sejak lama dalam hal memperbaiki layanan kesehatan di kotanya. Bukan rahasia lagi mengenai program home care Dottorota yang sedang digalakkan di sana. Program layanan kesehatan ini berjalan 24 jam dan menjangkau rumah-rumah penduduk Kota Makassar. Tak hanya itu, biaya layanan home care Dottorota ini sepenuhnya gratis, ditanggung oleh pemerintah Kota Makassar. Sebagai penduduk Kota Makassar tentunya kita patut bersyukur dengan banyaknya fasilitas yang bisa kita nikmati dengan mudah dan gratis ini.

Selain pelayanan kesehatan berupa home care, Kota Makassar juga memiliki program Lorong Sehat. Program ini bertujuan mencerdaskan warga Kota Makassar mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Kesehataan masyarakat sangatlah bergantung dengan kebersihannya. Jika lingkungan bersih, maka secara tidak langsung masyarakat juga akan terhindar dari banyaknya penyakit yang menular ataupun tidak menular. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati?

Program Lorong Sehat ini juga mengarahkan masyarakat setempat agar menanam banyak tanaman yang memiliki manfaat. Salah satunya adalah tanaman obat. Jelas fungsi dari penanaman tanaman obat ini untuk mengajarkan masyarakat mandiri dalam menghadapi penyakit ringan yang bisa ditangani sendiri. Namun, untuk penyakit tingkat lanjutan pemerintah Kota Makassar menyediakan pos-pos pelayanan kesehatan atau mobil keliling yang berisi dokter.


Mungkin bagi kamu yang tidak tinggal di Makassar akan merasa iri dan ingin kotamu seperti kota Makassar yang sangat peduli dengan layanan kesehatan. Hal ini adalah wajar karena memang layanan kesehatan adalah hak setiap warga negara. Oleh karena itu, sangat penting mendukung pemerintah Indonesia ini agar mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah Makassar. Selain itu, pihak Astra juga turut andil dalam mendukung inovasi layanan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah Makassar melalui Inspirasi 60 Tahun Astra. Diharapkan setiap dari kita turut mendukung dalam kegiatan positif dan inspiratif demi bersama membangun bangsa.
Read more>>

Oct 29, 2017

Guilty Feeling


Beberapa waktu lalu suami bercerita tentang adik kelasnya yang sudah menyabet gelar doktor di usia yang muda. Ya, saya tahu suami benar-benar senang dengan keberhasilan adik kelasnya itu. Tapi sayangnya yang saya pikir dan rasakan berbeda. Saya justru malah merasa....bersalah. Kenapa adik kelasnya udah doktor aja, tapi suami lulus S1 aja baru tahun kemarin. Ya itu gara-gara kamu, sahut nurani saya yang lainnya. Sedih banget. Apalagi ketika ingat kalau salah satu guru SD suami pernah menyayangkan kalau suami malah menikah dulu bukan menyelesaikan kuliahnya. Saya semakin merasa bersalah dan ingin menghilang saja. Rasanya menikah jadi seperti dosa meski halal.

Meski saya tahu suami gak pernah merasa begitu. Padahal kalau flashback maka faktor yang membuatnya lambat lulus juga cukup banyak. Apalagi ketika suami kuliah suami bukan hanya jadi tulang pupung saya tapi seluruh keluarganya. Tapi kenapa seolah-olah semua salah saya. Atau saya aja yang baper? Kayaknya sih saya over sensitive. Dan entahlah isu suami telat lulus selalu sensitif bagi saya. Tiap kali ada yang menyinggung itu saya bisa kesal sendiri, mood jelek seharian dan terus-terusan mengutuk diri. Jadi jangan tanyakan berapa lama suami kuliah, haha.
Read more>>

Oct 25, 2017

Voucher Belanja dan Cara Cerdas untuk Belanja Hemat

Belanja itu kebutuhan. Dan lagi siapa yang tidak tergerak saat mendengar kata “diskon”. Tentu kita semua jadi penasaran, apa saja produk yang di diskon, berapa persen diskonnya dan apa saja persyaratan diskonnya. Menjadi orang yang segera beraksi sewaktu ada diskon atau promo bukan berarti Anda pribadi yang pelit, tidak punya uang atau terlalu ngirit untuk belanja dengan harga normal. Bukan karena itu, faktanya justru orang yang dapat memanfaatkan berbagai promo berupaya diskon dan voucher belanja yang tersedia membawa keuntungan tersendiri dan bisa dibilang mereka-mereka ini kelompok konsumen cerdas. Tidak percaya? Ini bukti-buktinya:


1. Paham berapa uang yang dapat dihemat

Mulai dari alasan yang paling sederhana, orang yang berbelanja sewaktu ada promo diskon dan sebagainya amatlah memahami berapa banyaknya uang yang dapat mereka keluarkan dan berapa banyak yang dapat mereka hemat. Mereka termasuk orang-orang cerdas dan bijak dalam menggunakan uangnya. Sebelum mereka membeli, biasanya mereka akan menghitung terlebih dulu berapa uang yang perlu mereka keluarkan dan berapa uang yang berhasil mereka hemat, barulah kemudian mereka akan menentukan pilihan. Sisa uang yang dihemat kan bisa dialokasikan ke berbagai kebutuhan lain.

2. Memiliki kejelian dan ketelitian

Untuk menghindari promo atau diskon fiktif maka tentu diperlukan pikiran yang cermat dan teliti. Membeli barang sewaktu diskon atau saat mendapatkan voucher belanja bukan cuma mempertimbangkan berapa jumlah yang dapat Anda hemat, namun apakah hasil penghematan tersebut sudah imbang alias sepadan. Sehingga tidak cuma riset harga yang harusnya dilakukan, orang yang cerdas dalam urusan belanja juga akan memperhitungkan beberapa hal seperti kualitas, tanggal kadaluarsa, spesifikasi, plus minus barang dan tingkat kebutuhan akan barang tersebut. Jadi, jika hanya sekedar harga murah tidak akan bisa membuat pemburu diskon tergiur.

3. Bisa jadi investasi

Belanja bukan hanya sebuah kebutuhan saja, melainkan juga bentuk investasi. Memang hal ini tidak berlaku untuk semua barang, namun untuk barang-barang yang sifatnya tak habis pakai atau dapat bertahan lama, diskon bisa jadi peluang investasi. Betapa tidak, jika semisal untuk membeli gadget A yang harga di luar promo bisa mencapai jutaan rupiah, ketika ada promo harganya bisa jadi ratusan ribu saja. Setelahnya, saat harga sudah kembali normal, Anda bisa menjual kembali barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi daripada yang Anda beli sebelum diskon.

4. Efisiensi waktu

Promo tidak selalu ada setiap hari, kalau toh ada maka hanya di beberapa situs belanja online saja. Diskon tidak selalu tersedia sehingga orang yang berbelanja pada saat momen-momen tersebut sama saja dapat mengolah waktu dengan efisien. Karena pertama, bisa membeli barang dalam jumlah banyak terutama jika memang benar-benar diperlukan sehingga tidak perlu belanja ke supermarket atau retail lagi. Yang kedua adalah karena orang yang paham keuntungan belanja saat diskon, tidak akan menunda-nunda belanja sampai masa akhir promo. Artinya mereka lebih paham waktu yang tepat.

5. Dapat memenuhi kebutuhan yang lain

Berbelanja dengan promo diskon atau voucher belanja adalah cara cerdas untuk dapat memenuhi kebutuhan yang lain, bahkan bisa untuk impian jangka panjang Anda. Misalkan jika Anda berhasil menghemat sejumlah uang dari hasil belanja saat diskon atau promo, uang tersebut bisa Anda tabung atau kumpulkan untuk dialokasikan ke kebutuhan yang lain. Baik kebutuhan urgent maupun keperluan yang sudah Anda rencanakan jauh-jauh hari.
Read more>>

Oct 8, 2017

Ternyata Gak Semudah Itu!


Saya sering baca artikel atau notes FB yang intinya jadi ibu rumah tangga itu harus waras. Kerjaan rumah gampang, baju dilaundry aja, setrikaan tinggal kasih ke laundry, masak pake catering, kalau perlu pake ART. Ya memang kerjaan rumah itu gak ada habisnya dan bikin penat.

Pernah suatu saat, saya merasa riweh dengan Hamzah yang gak kunjung tidur. Kemudian berfikir untuk menggunakan jasa setrika baju di laundry. Saat memilah baju, ternyata baju yang harus disetrika jumlahnya sedikit. Kemudian nurani saya nyinyi, "Malu ah kalau baju segitu aja disetrikain ke orang. Emang lo horang kaya?" Seketika itu saya cuma bisa senyum-senyum miris. Gak hanya itu ketika cucian baju dari subuh hingga matahari terbit gak kunjung rampung, saya juga berniat untuk melaundry cucian baju saya. Tapi setelah semua cucian selesai di cuci, eh kok ya gak sampai sember penuh. Gitu mau dilaundry, gak malu sama kecoa? Errr. Lalu ide lainya muncul ketika saya gak bisa mengepel atau pun nyapu lantai. Pakai ART kayaknya enak ya? Eh setelah dilihat-lihat, ukuran rumah cuma segini aja pake ART? Yakin bisa kurus? HAHAHA.

Ya memang kadang kala rasanya pekerjaan rumah begitu banyak, padahal kalau dilihat lagi, eh cuma segitu? Saya bukannya mau nyinyir ibu2 yang pake jasa ini itu loh ya. Bukan itu maksdunya. Terkadang saya menganggap kerjaan saya ini banyak banget, tapi setelah dikerjakan eh ternyata sedikit. Ya mau bagaimana lagi, punya bayi harus berdamai dengan kenyataan kalau mengerjakan sesuatu pasti kena interupsi tangisan si bayi. Cucian baju gak sampai seember penuh tapi si bayi tiap lima belas menit nangis, ya gak kelar-kelar sis. Setrikaan baju cuma seipet tapi kalau gak ada waktu buat nyetrika ya tetep aja itu baju pada lungset.

Lucunya saya sempat kesal dengan Hamzah. Kenapa sih ini bayi gak mau tidur dari tadi?! Tapi setelah melihat wajahnya yang tersenyum gembira melihat saya, justru gak jadi kesel. Saya malah merasa bersalah. Kenapa saya kesal dengan bayi yang tahunya hanya nenen dengan umminya. Akhirnya saya berdamai dengan segala macam kerjaan rumah. Gak masak, gak nyetrika baju, dan gak juga ngepel lantai. Seharian ini tidur dengan Hamzah, suka-suka dia.

Hari ini juga pertama kalinya saya menggendongnya dengan gendongan kain. Biasanya hanya saya gendong dengan tangan tanpa bantua gendongan. Ini juga pertama kalinya dia tertidur di rumah dengan posisi saya gendong kain. Rasanya ada rasa bersalah dan juga haru. Dulu saya tidak pernah bisa merasakan nikmatnya menatap wajah anak saya tanpa cemas. Bayangin mengalami post partum syndrome selama beberapa tahun membuat saya gak pernah senang saat menimang bayi. Tapi kali ini saat Hamzah lahir saya terbebas dari baby blues. Rasanya begitu nikmat melihat Hamzah tersenyum. Harusnya saya juga mengahabiskan banyak waktu untuknya. Bukan malah kesal karena dia gak kunjung tidur. Biarlah kerjaan rumah terkatung-katung yang penting hak anak-anak terpenuhi.


Read more>>

Sep 28, 2017

Diving Ternyata Memberi 4 Manfaat Menarik Berikut!

Keindahan dasar laut di perairan Indonesia memang sanggup menghipnotis siapa saja untuk menikmati olahraga diving atau menyelam. Lewat olahraga satu ini dijamin Anda akan merasakan sensasi luar biasa sebab mampu berdekatan dengan kekayaan dasar samudera. Pertimbangkan menikmati olahraga ini ketika memutuskan berlibur ke sebuah pantai yang kebetulan tersedia fasilitas menyelam. Meskipun untuk menikmatinya tidaklah murah namun sejuta manfaat yang dihadirkan tentu terasa impas.


Sebagai salah satu jenis olahraga, tentunya menyelam bukan hanya untuk menghibur diri melainkan memberi manfaat lebih yang cukup menarik. Daripada penasaran alangkah baiknya Anda menyusun jadwal liburan ke obyek wisata pantai terbaik di tanah air. Misalnya saja liburan ke Bali, Lombok, atau mungkin Papua. Wilayah timur Indonesia memang wilayah yang paling terkenal punya keindahan dasar laut yang memukau. Namun bukan berarti di wilayah lain tidak begitu, sebab beberapa tempat dikenal pula sebagai lokasi menyelam terbaik.

Olahraga Menyelam yang Kaya Manfaat 

Kadang kala orang enggan berolahraga karena membosankan dan melelahkan, padahal bergantung jenis olahraga itu sendiri. Tidak semua olahraga hanya dilakukan di dalam ruangan atau di luar ruangan, jika bosan berolahraga di daratan nikmati olahraga air. Kunjungi waterboom terdekat supaya bisa berenang sepuasnya sehingga tubuh sudah melakukan olahraga secara maksimal. Opsional lain adalah menikmati kegiatan menyelam, yang ternyata meski terlihat cukup menceburkan badan ke dasar laut manfaatnya sejagad.

Menikmati olahraga diving menurut sebuah penelitian terbukti mampu menawarkan rangkaian manfaat menarik, dan berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Otot menjadi lentur

Otot tubuh yang kaku akan membuat tubuh mudah merasa lelah sekaligus menghambat aktifitas fisik. Melenturkan otot menjadi hal yang penting dilakukan agar tubuh bergerak dengan mudah dan menjaga metabolisme dalam kondisi normal. Olahraga air satu ini bermanfaat melenturkan otot karena selama di dasar laut biasanya tangan dan kaki berkoordinasi menjangkau area yang sekiranya dianggap menarik, padahal melawan tekanan air laut.

2. Membantu menyehatkan sistem pernafasan

Selama menikmati olahraga air ini maka Anda akan menggunakan alat bantu pernafasan, dan tentunya wajib menjaga pernafasan stabil. Jikalau memiliki masalah dengan pernafasan maka dijamin akan sulit untuk menikmati olahraga satu ini. Akan tetapi bisa dijadikan sebagai terapi dengan catatan dilakukan sekian detik lalu beranjak menghirup udara biasa. Perlahan kemampuan nafas akan lebih kuat dan stabil sehingga olahraga ini baik untuk kesehatan pernafasan.

3. Efektif membantu program diet

Olahraga air satu ini ternyata bisa membantu program diet Anda yang memang bermasalah dengan berat badan berlebih. Pasalnya olahraga ini jika dilakukan 30 menit maka mampu membakar kalori antara 200-300 kalori. Bayangkan jika menikmati olahraga lari maka akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam mendekati 2 jam. Olahraga ini memang mudah membakar kalori sebab ketika bergerak di bawah air tubuh butuh kerja keras melawan tekanan air laut yang beriak.

4. Mengenal dunia bawah laut dari dekat

Masuk ke terowongan aquarium tentu menjadi pengalaman seru, sayangnya masih kalah seru kalau menyentuh hewan air secara langsung. Olahraga air ini ternyata memberikan sensasi tersebut apalagi memang terjun ke dasar laut langsung bukan aquarium. Tentunya akan menjumpai lebih banyak biota laut baik terumbu karang maupun berbagai jenis ikan. Ketika berdekatan secara fisik tentu sensasinya lebih nyata dan menyenangkan, diving akhirnya membantu berkenalan dengan dunia bawah laut.
Read more>>

Sep 17, 2017

Jangan Egois!


Bagi saya bisa pergi bersama suami dan anak memang hal yang menyenangkan. Ya, namanya juga ibu rumah tangga yang udah sumpek dengan urusan rumah, bisa jalan-jalan itu rasanya menyenangkan banget. Apalagi beberapa waktu lalu saya dan suami dapet tiket Preview Sale BBW Surabaya. Kami berdua masing-masing dapat satu tiket dan juga bisa mengajak satu orang teman untuk setiap tiket. Suami memang berencana mengajak temannya yang sudah berbaik hati memberitahu kalau BBW lagi bagi-bagi tiket Preview Sale. Sedangkan saya masih belum memutuskan siapa yang akan saya ajak selain Aisyah, haha.

Acara itu masih dua minggu lagi, tapi sayangnya hal lain terjadi. Kemarin saya melihat kondisi bapak mertua yang sudah semakin menurun. Padahal seminggu sebelumnya saat saya main ke rumah bersama para bayi, bapak masih bisa berjalan dan bercanda dengan Aisyah. Entah tiba-tiba kondisinya drop banget.

Hal ini membuat saya berfikir berkali-kali. Apa saya akan tetap pergi ke acara Preview Sale? Karena jika saya pergi, berarti saya harus menitipkan Hamzah pada ibu mertua. Padahal bapak mertua sedang sakit, gak mungkin juga ibu mertua harus mengurusi bapak dan bayi saya. Itulah yang saya pikirkan. Memang sih kalau ditanya, mungkin ibu mertua tetap akan menyanggupi untuk menjaga Hamzah sementara saya pergi. Tapi entahlah, rasanya kok gak tahu diri amat sih. Kenapa harus merepotkan orang lain hanya untuk kesenangan saya.

Padahal event BBW ini saya tunggu-tunggu dari tahun kemarin. Sayangnya tahun kemarin saya melewatkannya karena telat tahu jadi keburu gak bisa menyesuaikan jadwal. Dan tahun ini bisa dapet tiket Preview Sale yang artinya bisa belanja buku tanpa harus berdesakan dengan yang lain. Suami juga terlihat antusias ingin datang ke sana, jadi saya punya alasan yang kuat untuk kesana. Tapi ya sudahlah, akan ada saatnya saya bisa jalan-jalan bawa dua bayi tanpa harus ada salah satu yang dititipin. Gak mungkin bawa bayi yang belum genap dua bulan ke acara yang jauh banget dari rumah. Jangan egois.
Read more>>

Sep 12, 2017

Sparepart Motor Berikut Ini Wajib Diganti Secara Berkala

Memiliki motor bisa sebagai penolong dalam hal berkendara. Namun Anda juga perlu tahu jika memiliki motor, maka Anda pun wajib untuk merawat motor tersebut sehingga motor bisa digunakan secara prima. Kondisi kesehatan motor sangatlah penting karena akan bisa menunjang performanya dan menghindarkan Anda dari segala masalah ketika mengendarainya. Jika membicarakan terkait perawatan motor, maka tidak akan bisa dilepaskan dari sparepart motor.


Pergantian untuk suku cadang umumnya telah dijadwalkan dari pabrikannya. Anda harus menyesuaikan dari pedoman bukunya karena apabila lalai dan menyepelekan, maka jangan salahkan motor jika sewaktu-waktu tiba-tiba mogok dan rusak. Beberapa komponen mungkin cukup diservis saja, namun ada juga beberapa komponen lainnya yang sifatnya harus diganti secara berkala. Berikut ini beberapa komponen motor yang butuh penggantian secara berkala:

1. Oli mesin

Oli berfungsi agar bagian mesin terlumasi dan bagian dalam mesinnya bisa bekerja dengan baik serta terhindar dari segala bentuk goresan. Oli pun berfungsi untuk mendinginkan mesin. Beban kerja cukup berat yang dimiliki oli ini menjadikannya harus diganti secara berkala bahkan ketika 1.000 km pertama pemakaian.

2. Busi

Alat yang satu ini bermanfaat untuk bisa memantik api sehingga pembakaran di dalam mesinnya berjalan baik. Sparepart motor ini juga bisa dengan mudah didapatkan baik di bengkel-bengkel hingga toko online. Untuk lama penggantian busi ini sendiri umumnya dilakukan di jarak 20.000 km hingga 50.000 km. Apabila businya sudah kotor, maka sebaiknya langsung diganti, bukan hanya dibersihkan.

3. Aki

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tahu apa peran dari aki ini. Ya, aki ada diperuntukkan agar pasokan listrik ke mesin motor bisa berjalan. Umumnya pemakaian aki sendiri adalah 2 sampai 3 tahun sehingga setelah itu harus diganti. Namun jika penggunaan motor Anda juga terasa lebih berat, maka sebaiknya diganti lebih awal lagi.

4. Lampu motor

Selanjutnya adalah bagian lampu kendaraan dimana juga harus sering untuk diganti. Usia pakai untuk lampu kendaraan umumnya adalah 1,5 tahun, namun jika kurang dari itu dan lampu sering mati, maka ada baiknya Anda segera menggantinya mengingat betapa penting fungsi dari lampu motor ini.

5. Kanvas rem serta kaki kendaraan

Berlanjut ke bagian kanvas pada rem serta kaki kendaraan yang tidak boleh dipandang secara remeh. Fungsi utamanya adalah untuk mengerem sehingga sangat berhubungan dengan keamanan Anda di jalan. Lakukan pemeriksaan secara rutin di kedua bagian ini dan jangan menunggu kanvas dan kaki-kaki rusak untuk penggantian karena bisa membahayakan.

6. Kanvas kopling

Perannya adalah membantu untuk mentransfer tenaga mesin ke roda. Kanvas kopling ini sangat cepat habis lantaran dari kondisi jalanannya sehingga jika Anda kerap berkendara di jalanan yang tidak halus, maka penggantiannya juga harus lebih rutin. Umumnya penggantian adalah di angka 10.000 hingga 50.000 km sesuai pemakaian.

7. Filter

Berbagai macam filter di kendaraan biasanya masa pakainya rendah. Fungsi filter ini adalah untuk bisa menjaga agar kualitas dari bahan yang dipakai kendaraan sesuai standarnya. Filter pun bukan hanya satu karena ada filter oli, filter udara, filter pendingin kabin serta filter untuk bahan bakar.

Itulah beberapa sparepart motor yang harus diberi perhatian lebih dan diganti berkala. Pastikan untuk menservicenya di bengkel yang terpercaya sehingga Anda bisa merasa puas dan performa motor pun terjaga.
Read more>>