Jul 17, 2019

Ini Dia Tips Menghilangkan Noda di Baju Bayi

Menjadi ibu dari seorang bayi memang bukan perkara yang mudah. Ada banyak hal yang harus dipelajari dan dilakukan. Sebut saja bagaimana memilih deterjen untuk pakaian bayi agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Begitu juga memahami apakah deterjen yang digunakan bisa mengatasi beberapa noda yang memang tanpa bisa dihindarkan akan menempel pada pakaian bayi.


Nah, berikut ini cara untuk menghilangkan noda dengan menggunakan sabun cuci cair pakaian bayi seperti:

Baju Bayi Terkena Noda Sayur dan Buah

Untuk situasi ini maka yang harus bunda lakukan adalah mengucek pakaian di bawah air yang mengalir. Jangan gunakan air panas atau hangat. Setelah itu, kucek baju bayi sampai noda mulai memudar dengan menggunakan sabun cuci bayi. Jika perlu, gunakan mesin cuci untuk menghilangkan noda secara bersih dan maksimal.

Baju Bayi Terkena Noda Urine

Jika baju bayi terkena urine jangan tunda untuk segera mencucinya agar noda tidak terlalu diserap oleh serat kain. Caranya sangat mudah yaitu bunda harus mengucek hingga bersih dan hasilnya pun akan bersih seketika.

Hanya saja, jika noda masih tetap maka larutkan satu sendok makan amonia dengan secangkir air. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada bagian baju bayi yang terkena urine. Setelah itu, cuci kembali baju hingga sisa ammonia hilang.

Baju Bayi Terkena Noda Baby Oil

Caranya cukup mudah yaitu dengan merendam pakaian bayi dalam larutan air panas dengan deterjen untuk kulit sensitif atau lainnya. Aduk terus menerus agar minyak yang ada pada baju bayi bisa terangkat. Kemudian, diamkan kurang lebih 30 menit agar noda minyak bisa terurai secara maksimal. Setelah itu, cuci seperti biasa hingga bersih.

Baju Bayi Terkena Noda Susu

Untuk masalah ini memang cukup sulit dilakukan karena noda protein atau susu memiliki bau yang tajam. Meski demikian, bukan satu hal yang tidak bisa dilakukan yaitu dengan cara merendam pakaian bayi dengan larutan air dingin dan deterjen bayi. Setelah itu, cuci dan kucek beberapa saat hingga bersih.
Read more>>

Jul 5, 2019

Sabar dan Syukur

Hal menyebalkan ketika udah berusaha sabar dan bersyukur, eh malah tiba-tiba ada yang bilang, "Kamu tuh jangan mengeruslo (berkeluh kesah/meratapi) terus, kurang sabar dan gak bersyukur" Kenapa sih harus sok tahu dengan keadaan orang tanpa mengkonfirmasi perasaan orang terlebih dulu? Ya mungkin karena sudah terbiasa dihakimi, gak terbiasa ditanya dulu, "Kamu kenapa?" Tahu-tahu langsung, "Kurang bersyukur banget sih."

Yang kayak gini ini bikin kesel, apalagi kalau di dalam hati udah berusaha sabar dan inget-inget nikmat yang diberi. Kok tiba-tiba ada yang ngomong gak enak gitu. Rasanya pengen nyumpel orang yang ngomong. Hanya karena murung bukan berarti orang itu lagi gak bersyukur. Bisa aja lagi berfikir, mengingat segala nikmat yang ada jadi bisa balik tersenyum lagi. Karena gak dipungkiri ketika ada masalah muka ini gak bisa santai, bawaannya cemberut. Belum lagi nafsu makan jadi hilang. Tapi bukan berarti gak bersyukur atau gak sabar.

Itulah pentingnya diam kalau gak bisa ngomong hal baik. Bisa jadi orang yang tadinya udah berusaha sabar malah jadi gagal sabar karena omongan kamu. Ngomong doang gampang, tapi berusaha untuk sabar sampai akhir itu susah.

Semoga saja bisa bersabar sampai akhir, abaikan omongan orang yang menyebalkan. Dia cuma sok tahu, gak bisa ngasih solusi dia juga gak bisa ngerasain apa yang dirasakan aku sekarang. Abaikan :)
Read more>>

Jun 22, 2019

Gejala dan Cara Penanganan Alergi

Alergi terjadi karena reaksi tubuh yang salah terhadap benda asing yang masuk. Benda asing tersebut dianggap membahayakan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh memberikan respon yang salah dan menyebabkan alergi. Gejala alergi biasanya muncul beberapa saat setelah terkena alergen. Alergi dapat menyerang anggota tubuh, sistem pernapasan, ataupun sistem pencernaan. Agar lebih memahami tentang alergi, simak pemaparan berikut ini.


Gejala munculnya alergi

Gejala alergi akan muncul beberapa saat setelah terkena alergen. Gejala munculnya alergi pun bermacam-macam, tergantung jenis alergen. Namun secara umum, gejala yang biasanya muncul saat alergi adalah, hidung terasa gatal dan mudah bersin, kulit memerah dan terasa gatal, mata merah dan gatal, pembengkakan pada bibir, lidah dan kelopak mata, serta munculnya rasa sakit pada perut. Munculnya alergi juga dapat ditandai dengan muntah, diare, sesah napas, dan batuk. Selain itu, gejala munculnya alergi biasanya sesuai dengan faktor pemicunya.

• Alergi gigitan serangga

Alergi gigitan serangga biasanya ditandai dengan munculnya pembengkakan di area gigitan, gatal di seluruh tubuh, rasa sesak di dapa, dan anafilaksis.

• Alergi makanan

Alergi makanan dapat menyebabkan rasa gatal pada mulut disertai dengan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, seperti bibir, lidah, mata, dan wajah. Selain itu, munculnya alergi makanan juga ditandai dengan kulit memerah, rasa ingin muntah, serta diare.

• Alergi partikel udara

Alergi udara biasanya disebabkan karena sensitivitas tubuh terhadap debu, serbuk sari, dan tungau. Gejala umum saat mengalami alergi udara adalah bersin-bersin. Jika tidak segera ditangani, gejala tersebut dapat berkembang dan menyebabkan hidung tersumbat dan sesak napas.

• Alergi obat

Mengonsumsi obat juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada tubuh. Saat mengalami alergi obat, gejala yang biasanya muncul adalah munculnya ruam pada kulit, wajah mengalami pembengkakan, dan sesak napas.

Cara menangani alergi

Beberapa jenis alergi biasanya menyebabkan kulit menjadi gatal, muncul ruam pada kulit, ataupun kulit yang berubah warna menjadi merah. Untuk menangani gejala tersebut, beberapa tips berikut dapat dipraktikan.

• Menggunakan losion calamine atau krim hidrokortison

Losion calamine dan krim hidrokortison dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Namun, penggunaan krim hidrokortison tidak dapat digunakan sembarangan dan harus sepengawasan dokter.

• Menggunakan pakaian yang longgar

Memakai pakaian yang ketat dapat menyebabkan ruam pada kulit. Jika kulit merasa gatal dan muncul ruam, sebaiknya gunakan pakaian yang longgar dan nyaman supaya tidak memperparah gejala alergi.

• Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air dingin dapat dilakukan untuk mengurangi ruam pada kulit. Setelah mandi, keringkan kulit dan gunakan pelembab untuk mengurangi ruam.

• Tes alergi

Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, melakukan tes alergi juga dapat dijadikan pilihan. Setelah melakukan tes alergi, Anda akan mengetahui jenis alergi yang dialami, sehingga dapat menentukan jenis penanganan alergi juga lebih tepat.

Kapan memeriksakan alergi ke dokter?

Alergi biasanya ditandai dengan gejala yang tidak berbahaya. Namun, jika tidak segera ditangani, alergi dapat menyebabkan anafilaksis. Gejala anafilaksis dapat terjadi di seluruh tubuh, dan jika tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan kematian. Anafilaksis biasanya ditandai dengan kulit memerah, sesak napas, kram perut, dan kehilangan kesadaran. Selain itu, anafilaksis juga dapat menyebabkan jantung berdebar, sakit kepala, serta kulit dan bibir membiru.

Jika Anda mengalami gejala-gejala anafilaksis, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Anafilaksis dapat menurunkan tekanan darah, sehingga dapat berisiko menyebabkan kematian.
Read more>>

May 21, 2019

Inilah Cara Menemukan Jasa Terbaik untuk Kebutuhan Desain Brosur Online

Perkembangan teknologi informasi yang terbarukan saat ini menuntut setiap orang untuk lebih kreatif dan mampu menarik perhatian banyak khalayak. Sehingga muncullah berbagai keahlian baru yang berkaitan dengan visualisasi grafis. Ialah ahli desain grafis yang semakin dibutuhkan oleh setiap personal bahkan perusahaan-perusahaan berskala besar. Tujuannya adalah untuk kebutuhan peningkatan pada penawaran barang dan jasa. Dengan demikian anda membutuhkan sebuah trik bisnis yakni dibuatnya brosur-brosur penjualan dan penawaran jasa.


Saat ini juga tersedia kantor-kantor khusus desain sehingga anda bisa langsung datang dan menunjukkan project desain yang anda perlukan. Atau bahkan jika anda tidak memiliki cukup waktu yang banyak untuk mengadakan pertemuan, maka jasa desain kini juga telah menyediakan jasa desain brosur online.

Desain brosur online saat ini banyak ditawarkan oleh banyak orang maupun agensi, maka anda harus pandai memilih jasa dengan kualitas yang terbaik. Lalu apa saja yang perlu anda perhatikan supaya bisa menemukan jasa desain grafis terbaik. Simak penjelasannya berikut ini.

Perhatikan Rekam Jejak Perusahaan Desain Grafis

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika menggunakan jasa desain secara online adalah mengetahui rekam jejak perusahaan. Pastikan kredibilitas yang baik dan sesuai dengan harapan anda sebagai calon klien. Hal tersebut bisa anda temukan dalam berbagai review yang diberikan oleh para pengguna jasa di dalam website iklan jasa desain itu sendiri.

Dengan demikian review positif mengenai perusahaan akan mempengaruhi nilai jual dan penawaran jasa desainer di pasaran.

Pastikan Pengalaman Desainer yang Telah Mumpuni

Sebelum anda menjatuhkan pilihan kepada satu perusahaan jasa desain brosur online maka pastikan terlebih dahulu desainer yang akan menangani project anda. Usahakan desainer tersebut telah memiliki pengalaman yang baik dalam urusan desain grafis. Hal itu harus anda perhatikan supaya project yang anda serahkan bisa diselesaikan dengan hasil yang baik dan memuaskan.

Perhatikan Penawaran Harga

Soal harga untuk sebuah desain yang dipatok oleh desainer grafis tentu disesuaikan dengan track recordnya. Mulai dari segi pengalaman dan kualitas yang dimiliki perusahaan jasa. Anda bisa mengetahuinya mulai dari riset secara pribadi melalui website iklan atau bahkan berbagai perusahaan yang telah menggunakan jasa desain tersebut.

Sehingga anda dapat mengetahui kisaran harga untuk setiap project desain grafis tersebut. Pastikan harga yang ditawarkan memang betul-betul dapat memenuhi kebutuhan anda untuk membuat brosur iklan.

Pastikan Anda Memahami Alur Kerja Desain Grafis

Ketika anda akan menggunakan sebuah jasa desain, maka anda harus memahami alur kerja yang disediakan. Pastikan anda mendapatkan perusahaan jasa atau desainer yang tidak hanya selain handal, namun juga mudah untuk melakukan interaksi sehingga tidak tertutup dalam mendiskusikan berbagai hal mengenai brosur yang anda pesan kepada perusahaan.

Anda juga bisa menawarkan waktu jatuh tempo atau deadline kerja agar anda sebagai klien atau designer mengikuti aturan kerja, sehingga project bisa diselesaikan dengan tepat waktu.

Faktanya perusahaan yang besar dan tetap memiliki konsumen yang banyak didukung oleh sistem kerja juga permodalan yang baik dan lancar. Salah satu pendukungnya adalah melalui brosur-brosur iklan yang didesain dengan apik dan menarik perhatian. Kemudian tersebar secara luas di berbagai tempat, baik dalam bentuk iklan di media online maupun media massa.

Dengan demikian pastikan untuk memilih jasa desain brosur online yang tepat, sehingga penawaran perusahaan anda turut meningkat kemudian jumlah konsumen turut bertambah pada setiap periode penjualan.
Read more>>

May 17, 2019

4 Langkah Mudah Melelehkan Mentega Wisman Sebelum Digunakan

Dalam pembuatan berbagai macam kue, jika menginginkan rasa yang nikmat dan juga tekstur yang lebih empuk, maka kualitas dari bahan baku kue tersebut harus benar-benar diperhatikan. Beberapa diantaranya menambahkan bahan yaitu mentega, tentunya sudah tidak begitu asing dengan bahan makanan yang terbuat dari lemak susu ini bukan, menghasilkan cita rasa yang lebih gurih pada makanan dan juga tekstur lebih lembut. Banyak sekali merk atau brand-brand yang mengeluarkannya, salah satu diantaranya adalah merk lokal yaitu mentega Wisman.


Wisman ini sendiri pada dasarnya adalah salah satu produk mentega keluaran lokal yang sudah ada sejak lama, bahkan sejak masa penjajahan Belanda sudah ada perusahaan yang mengeluarkan produk makanan tersebut. Dari segi kualitas, mentega Wisman tidak perlu diragukan lagi, karena memiliki cita rasa dan juga aroma yang khas. Bisa dipakai dalam pembuatan beragam jenis produk makanan. Untuk mendapatkan hasil yang cepat di dalam melunakkannya, maka berikut ini diantara beberapa tips melunakkan mentega tersebut, diantaranya adalah:

1. Potong-potong, dengan memperkecil ukurannya, maka akan semakin mempermudah Anda di dalam melunakkan mentega tersebut. Untuk itu potong kecil-kecil terlebih dahulu sebelum nantinya ditaruh dalam suhu ruangan selama beberapa saat, sehingga lebih cepat leleh.
2. Menggilingnya, selain dengan memotong kecil-kecil, maka alternatif lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggiling mentega tersebut, dengan demikian teksturnya akan berubah menjadi lebih lunak dari sebelumnya.
3. Lunakkan di atas air mendidih, sarana lain yang dapat dicoba adalah dengan memanaskan mentega tersebut di atas air yang mendidih selama beberapa saat, ketika sudah mulai lembut atau leleh maka bisa langsung diangkat.
4. Panaskan di dalam microwave, selain dengan memanaskannya di atas air mendidih, maka langkah lain yang dapat dilakukan adalah dengan memasukkannya dalam microwave sebentar, ini secara otomatis akan membuat mentega tersebut jadi leleh.

Sangat mudah bukan, tak hanya berlaku untuk mentega Wisman butter saja, melainkan juga merk-merk yang lainnya, ayuk beli produknya di Tokowahab.
Read more>>

May 14, 2019

Cara Menggunakan Genset Portable Secara Tepat dan Benar

Genset merupakan sumber daya listrik yang memiliki banyak jenis salah satunya adalah genset portable. Dimana genset portable ini hanya boleh diletakkan di luar ruangan atau outdoor saja. Sebab genset ini akan menghasilkan asap yang keluar dari unit genset tersebut dan mengandung karbonmonoksida. Seperti yang diketahui bahwa karbon monoksida merupakan gas beracun yang sangat mematikan. Untuk itulah ketika anda akan menggunakan genset baik itu memiliki sendiri atau sewa genset maka perlu mengetahui cara penggunaan genset portable tersebut.


Meskipun genset kini hampir dimiliki oleh setiap industri atau perusahaan namun ternyata masih ada yang belum memiliki genset dengan berbagai alasan. Tak perlu khawatir karena kini telah hadir rental genset yang bisa memberikan solusi kebutuhan genset tanpa perlu repot. Persewaan genset tersebut juga menyediakan berbagai pilihan genset termasuk salah satunya genset portable. Bagi anda yang berencana ingin menyewa genset portable maka ketahui cara penggunaanya secara tepat dan benar agar terhindar dari gangguan.

1. Bacalah buku manual produsen sebelum memakai genset tersebut. Jangan lupa ikuti instruksi pada buku tersebut untuk memudahkan pengoperasian genset nantinya.

2. Pakailah genset portable pada tempat outdoor terutama yang memiliki ventilasi baik. Selain itu upayakan genset tidak bersentuhan dengan benda-benda yang mudah terbakar. Jangan lupa letakkan genset jauh dari jendela, pintu maupun ruangan yang memiliki ventilasi baik.

3. Ketika akan menggunakan genset portable maka upayakan membersihkan puing atau reruntuhan di sekitar genset. Hal ini sesuai dengan peraturan penempatan genset yang sebaiknya jauh dari bangunan.

4. Pakailah kabel daya yang benar. Pastikanlah semua kabel dilapisi serta diisolasi dengan benar. Dengan begitu kabel akan terjaga keamanannya dan tidak menyetrum orang-orang di sekitarnya.

5. Matikanlah mesin genset sebelum mengisi bahan bakar. Saat anda akan mengisi bahan bakar genset maka pastikan mesin genset portable dalam kondisi mati. Tunggulah mesin sampai dingin untuk mencegah terjadinya kebakaran akibat mesin yang panas.

Demikianlah penjelasan mengenai cara menggunakan genset portable yang tepat dan benar untuk menambah wawasan anda. Melalui penjelasan di atas kini bagi anda yang ingin menyewa genset bisa mengetahui cara penggunaanya terutama jenis genset portable. Bila anda tertarik untuk menyewa genset portable maka silakan klik disini untuk informasi lebih lengkapnya.
Read more>>

Apr 14, 2019

Cobalah Cara Alami Ini untuk Memutihkan Gigi Secara Optimal

Gigi yang terlihat kuning menjadi salah satu kendala tersendiri dalam berpenampilan. Tentu saja hal tersebut membuat anda menjadi tidak percaya diri, karena gigi yang putih seringkali menjadi dambaan setiap orang. Selain tidak percaya diri, gigi yang tampak kuning memperlihatkan bahwa anda seorang yang berkepribadian jorok dan tidak sehat. Warna gigi yang terlihat kekuningan disebabkan oleh berbagai alasan alamiah. Seperti menambahnya usia dan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu, disinyalir menjadi penyebab utama anda kehilangan warna gigi yang putih.


Terdapat beberapa cara memutihkan gigi dengan optimal dan cepat, salah satunya menggunakan bahan-bahan kimia yang dibentuk dalam kemasan pemutih gigi. Produk tersebut biasanya beredar dengan luas di pasaran dengan beragam harga. Akan tetapi bahan kimia seringkali memberikan efek samping yang merugikan kesehatan, ketika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Selain penggunaan pemutih gigi yang berbahan kimia, biasanya harga yang di banderol juga tidak murah. Sehingga anda harus menyiapkan dana yang cukup untuk membeli satu produk tertentu, supaya anda memperoleh gigi yang putih. Dengan demikian menggunakan bahan alami menjadi pilihan yang paling aman. Sehingga anda dapat mengurangi efek samping penggunaan pemutih gigi. Apa saja cara yang alami untuk dapat memutihkan gigi? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Jagalah Kebersihan Mulut dan Gigi Anda

Hal yang paling mudah supaya mendapatkan warna gigi yang putih alami adalah dengan selalu menjaga kebersihan, yakni pada bagian mulut dan gigi. Langkah pertamanya adalah menggosok gigi secara teratur, menggunakan pasta gigi dan sikat gigi. Keduanya berguna supaya dapat membersihkan kotoran yang menempel pada gigi, biasanya akan menyebabkan plak dan tumpukan bakteri yang merugikan.

Pastikan untuk selalu menggunakan obat kumur, hal itu perlu dilakukan supaya gigi menjadi bebas bakteri dan mulut menjadi lebih segar. Sehingga kebersihan gigi dan mulut tetap terjaga. Kemudian jaga kandungan email gigi dengan cara yang mudah, yakni pastikan anda tidak langsung menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan atau minuman yang bersifat asam.

2. Perawatan Alami dengan Bahan Dapur

Bahan yang berada di dalam dapur anda sendiri, dapat digunakan sebagai bahan yang ampuh dan dapat dijadikan cara memutihkan gigi. Salah satu bahan dapur tersebut adalah Baking Soda sebagai pengganti pasta gigi yang bersifat home made. Gunakan satu sendok teh Baking Soda dengan dua sendok teh air, atau perbandingannya sebesar 1:2 untuk kelipatannya. Pastikan untuk menggunakan pasta ini beberapa kali dalam satu minggu.

3. Menggunakan Buah-Buahan

Beberapa jenis buah memiliki kandungan asam yang baik untuk memutihkan gigi, yakni asam malat. Dimana asam ini dapat diperoleh dari buah stroberi. Gunakan beberapa buah stroberi yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan Baking Soda. Asam yang terkandung di dalam campuran pasta tersebut dapat memutihkan gigi secara alami, namun gunakan pasta tersebut beberapa kali saja dalam rentang waktu satu minggu. Karena asam dari stroberi dikhawatirkan dapat merusak email gigi.

4. Pastikan Pola Makan yang Baik

Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran dapat menjadi alternatif terbaik sebagai cara memutihkan gigi secara alami. Tak hanya itu beberapa makanan yang dihasilkan dari fermentasi, seperti susu dan keju. Konsumsi juga makanan yang tinggi akan kandungan serat, supaya menambah produksi air liur yang berfungsi menghilangkan zat-zat perusak gigi. Kemudian batasi menu minuman anda seperti teh, kopi dan minuman bersoda. Beberapa minuman tersebut dapat menjadikan gigi bernoda dan menjadi kuning. Miliki gigi putih alami dengan menggunakan bahan yang alami, selamat mencoba!
Read more>>

Apr 13, 2019

Tips Jual Mobil Toyota Agar Cepat Laku

Mobil Toyota menjadi salah satu merek yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Banyak pilihan tipe yang bisa kamu cari di dealer Toyota, mulai dari sedan, hatchback, SUV, sampai MPV. Dengan spesifikasi menarik yang bisa kamu temukan pada produk-produk mobilnya, tentu kamu akan berkendara dengan aman dan nyaman.


Tapi kalau mau jual mobil Toyotamu lagi untuk menggantinya ke yang baru bagaimana? Tentu bisa. Apalagi hampir setiap tahunnya Toyota mengeluarkan seri terbarunya dengan spesifikasi yang tidak kalah menarik dari seri sebelumnya. Tidak heran kalau orang yang sudah melihatnya pasti akan tergiur untuk menggantinya yang baru.

Memang tidak gampang untuk jual mobil Toyota karena harus membutuhkan strategi jitu agar bisa cepat terjual. Buat kamu yang masih bingung bagaimana cara menjualnya dengan cepat dan segera menggantinya ke yang baru, baca dulu tipsnya di sini.

1. Cek fungsi kendaraan

Sebelum kamu memasarkannya, lebih baik kamu cek dulu semua fungsi pada mobil Toyota kamu. Mulai dari lampu, rem, AC, dan komponen lainnya harus kamu cek dulu apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Jangan lupa cek juga kondisi interior dan eksteriornya karena bisa mempengaruhi harga jual mobil kamu.

Kalau fungsinya masih bagus, seperti AC masih bisa digunakan dan tetap menghasilkan udara yang dingin, tentu harga jualnya tidak terlalu jauh dari harga beli kamu. Tapi kalau kamu menemukan komponen mesinnya, interior, atau eksteriornya ada yang rusak, langsung segera dibetulkan.

Tidak membetulkannya dulu sebelum di jual tentu menjadi penghalang, jadi tidak bisa menjualnya dengan cepat.

2. Kebersihan

Setelah sudah mengecek semua fungsi kendaraannya, selanjutnya kamu harus memastikan kondisi mobil dalam keadaan bersih. Kalau mobilnya bersih dari segala kotoran, maka calon pembeli pasti akan cepat tertarik dengan mobil Toyota kamu. Karena itu, bersihkan dulu semua sudut-sudut interior mobil kamu sebelum menjualnya.

Mulai dari bagian sela tempat duduk, dashboard, sampai bagian lantainya pun harus kamu bersihkan dengan benar. Usahkan jangan sampai ada sisa-sisa rempahan makanan atau debu agar calon pembeli percaya kalau kamu merawatnya dengan baik.

3. Kelengkapan dokumen

Kelengkapan dokumen menjadi hal yang harus kamu perhatikan karena calon pembeli akan cepat tertarik kalau kamu memiliki semua dokumen-dokumen kendaraan kamu. Mulai dari STNK, faktur, sampai dengan BPKB harus kamu sediakan secara lengkap agar tidak dikira mobil abal-abal.

Kalau salah satunya atau semuanya tidak ada, kamu harus segera mengurusnya, karena juga bisa mempengaruhi harga jual mobil Toyotanya. Kebanyakan calon pembeli tidak mau membeli mobil yang kurang kelengkapan dokumen kendaraannya karena takut ditipu.

4. Cek harga pasar

Ketika kamu mau mulai menjualnya, jangan lupa cek dulu berapa harga pasar mobil Toyota yang akan dijual. Setiap tipe mobil Toyota memiliki harga yang berbeda-beda tergantung dari spesifikasi mesin dan kapasitas mobil. Buat kamu yang masih bingung dengan harga pasarnya, kamu bisa mengeceknya dulu di https://www.toyota.astra.co.id/shopping-tools/pricelist.

Di sana terdapat harga-harga jual mobil Toyota yang pastinya langsung dari Toyota Astra. Jadi, kamu akan semakin gampang memperkirakan berapa harga jual yang mau kamu pasarkan.

5. Pilih strategi yang tepat

Saat kamu menjualnya, pastikan kamu gunakan strategi yang tepat. Ada beberapa media yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan mobil Toyota kamu. Tapi dari banyaknya media itu, cara online dan pihak ketiga adalah strategi pemasaran yang paling cepat laku.

Sekarang kamu sudah bisa melakukan jual mobil di online dengan memanfaatkan media sosial. Tentu lingkupnya sudah bukan hanya di lingkungan kamu sendiri, tapi seluruh Indonesia. Kalau pihak ketiga, kamu menjualnya tidak dilakukan sendiri tapi dilakukan bersama dengan orang lain. Kedua cara itu sering digunakan oleh penjual karena lebih ampuh dan cepat mendapat pembeli.

Terapkan saja tips jual mobil Toyota seperti yang sudah dijelaskan di atas. Dalam waktu yang cepat, pasti mobil kamu bisa cepat terjual. Jadinya kamu juga akan semakin cepat mendapatkan mobil Toyota baru incaran kamu.
Read more>>