Sep 20, 2021

Tips Mengunjungi Klinik Gigi Yogyakarta Ketika Pandemi

Saat ingin mengunjungi klinik gigi, sering kali dihinggapi rasa cemas menjadi hal yang biasa. Hal ini disebabkan karena risiko tertular virus corona menjadi lebih tinggi ketika pandemi. Bila Anda juga mencemaskan hal yang demikian, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir lagi. 

Umumnya, dalam kondisi tertentu meskipun masa pandemi seperti ini, kita memang dianjurkan untuk mendatangi rumah sakit atau dokter gigi sehingga kondisi gigi tidak menjadi semakin parah serta menimbulkan masalah kesehatan yang besar.

Tips Mengunjungi Klinik Gigi Yogyakarta Saat Pandemi

Bila Anda merasa memerlukan pertolongan medis yang berkaitan dengan masalah kesehatan gigi, ada beberapa tips aman mengunjungi klinik gigi Yogyakarta yang bisa Anda lakukan selama pandemi ini, antara lain:

1. Membuat janji bertemu dengan dokter

Tidak ada salahnya membuat janji dengan dokter gigi bila memang harus melakukan pengobatan secara langsung. Lebih-lebih jika Anda memiliki kondisi medis yang mendesak.

Mengapa haus membuat janji dengan dokter. Hal ini disebabkan karena ketika pandemi berlangsung, kerumunan menjadi hal yang harus dihindari. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi kerumunan di klinik serta menghindari menunggu antrean, Anda harus membuat janji.

2. Patuhi seluruh protokol kesehatan

Sebelum pergi ke klinik gigi Yogyakarta, Anda harus mematuhi protokol kesehatan. Anda dapat menggunakan masker medis sekaligus masker kain. Bukan hanya itu, Anda juga harus mencuci tangan sebelum masuk di ruangan serta melakukan desinfeksi.

3. Pilih klinik dengan protokol kesehatan yang ketat

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah memilih klinik gigi yang memiliki protokol kesehatan yang ketat. Pada klinik yang memberi jaminan penerapan protokol kesehatan, biasanya pasien juga akan diberikan APD, dan sandal khusus. 

APD diberikan agar bisa meminimalkan paparan kuman di baju maupun anggota tubuh si pasien ketika dilakukan tindakan. Jika sudah selesai, sandal bisa dilepas. Bukan hanya itu, sebelum dilakukan pemeriksaan, biasanya pasien juga diharuskan untuk berkumur dengan menggunakan antiseptik selama 30 detik. 

Tujuan berkumur dengan menggunakan antiseptik adalah menghilangkan bakteri di dalam rongga mulut, setelah selesai berkumur, baru dokter akan melakukan tindakan yang diperlukan untuk mengobati pasien. 

4. Pilih klinik gigi yang memiliki sarana serta prasarana memadai

Usahakan memilih klinik gigi dengan sarana serta prasarana memadai, lebih-lebih untuk tindakan gigi. Minimal, klinik tersebut memiliki alat dengan nama vakum aerosol yang berguna untuk mengurangi aerosol yang mengandung kuman di udara. 

Tidak hanya itu, Anda juga dapat memilih klinik gigi yang rutin melakukan desinfeksi ruangan, khususnya untuk ruangan pemeriksaan, sehingga ruangan tersebut sudah berada dalam kondisi steril dan bersih, sehingga dapat digunakan dengan aman untuk tindakan yang lain. 

5. Langsung membersihkan diri setelah pergi ke dokter gigi

Setelah melakukan perawatan gigi, hindari langsung melakukan kontak dengan keluarga, Anda bisa langsung membersihkan diri, mandi serta membersihkan seluruh bagian yang mungkin terkena paparan udara seperti tas, baju dan handphone. 

Bagi sebagian orang, pergi ke dokter gigi memang bisa menjadi momok yang menyeramkan, ditambah dengan masa pandemi seperti sekarang ini. Sebenarnya, Anda dapat meminimalkan risiko dengan memilih klinik gigi Yogyakarta yang tepat, salah satu pilihan klinik yang direkomendasikan adalah Opal Dental. 

Opal Dental melayani seluruh perawatan gigi dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Didukung dengan nakes yang berpengalaman, gigi Anda akan sehat dan semakin cantik bersama dengan Opal Dental.

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^