Feb 20, 2019

Tips Membeli Perlengkapan Bayi agar Lebih Hemat dan Efisien

Perasaan semangat dan bahagia karena akan memiliki bayi pasti membuat calon ibu menjadi lupa diri. Saat melihat perlengkapan bayi berjejeran, mereka seperti ingin membeli semuanya seperti sabun, selimut, pakaian hingga mainan. Apakah kamu juga demikian? Jika kamu langsung mengikuti hasrat untuk membeli seluruh keinginan kamu, bisa dipastikan kebutuhan akan menjadi semakin membengkak, karena kadang kebutuhan yang kurang penting lah yang akan dibeli. Sebenarnya di masa awal belanja, kamu cukup membeli perlengkapan dasar, karena masih ada banyak waktu untuk membeli perlengkapan lain.


Tergoda Membeli Seluruh Perlengkapan

Ketika pergi ke toko perlengkapan bayi, pasti kamu akan melihat begitu banyak baju yang lucu dan imut. Sebaiknya, jangan langsung tergoda untuk membeli seluruhnya, karena bayi lekas tumbuh besar serta berganti ukuran pakaian. Kamu bisa membeli secukupnya sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa kebutuhan dasar yang harus kamu beli, seperti:

  1. Popok
  2. Perlak
  3. Handuk kecil dan handuk mandi
  4. Pakaian lengan panjang dan pendek
  5. Celana panjang dan pendek
  6. Baju hangat
  7. Kaos kaki
  8. Topi bayi

Di minggu pertama setelah kelahiran, kamu masih harus beradaptasi dengan berbagai aktivitas perawatan serta memulihkan kondisi fisik setelah melahirkan. Pada masa tersebut, lebih baik kamu menggunakan popok yang sekali pakai agar mudah menggantinya. Jika kondisi kamu sudah membaik, baru kamu beralih menggunakan popok kain yang dapat dicuci. Saat ini banyak pilihan popok de pasaran, bahkan ada yang mempunyai daya tampung yang mencapai 2 hingga 3 jam.

Tips Belanja Perlengkapan Bayi dengan Hemat

Agar kamu tidak terlalu boros dalam mengeluarkan uang untuk membeli perlengkapan bayi, berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan, antara lain:

Beli secara berkala
Hal yang membuat banyak orang cukup merasa berat ketika membeli perlengkapan bayi adalah karena mereka membelinya langsung banyak. Kamu bisa mencoba membeli secara berkala apa yang ada di dalam daftar belanjamu.

Ini terkesan membuang waktu dan boros di ongkos kirim. Namun, hal ini mampu membuatmu lebih bisa mengatur keuanganmu dan lebih tidak menyesal ketika ada model baru yang keluar.

Gunakan diskon sesering mungkin
Siapa ibu yang tidak menyukai diskon? Semua wanita pasti menyukai bahkan mencintai diskon. Dengan adanya potongan harga, kamu dapat menggunakan sisa anggaran untuk membelanjakan kebutuhan lain. Kamu bisa menggunakan poin reward dari kartu kredit atau potongan harga dari toko online.

Beli barang berkualitas
Hindari menganggap sepele peralatan bayi. Jika kamu membeli barang berkualitas kurang baik, barang tersebut bisa lekas rusak, dan kamu pun harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang lebih banyak lagi untuk melakukan pembelian barang baru. Sehingga, jangan pernah terbesit untuk membeli barang berkualitas rendah.

Beli secara online
Belum banyak orang yang mengetahui, saat kamu belanja di supermarket, besar kemungkinan kamu akan membeli barang yang tidak dibutuhkan, karena mata akan tertarik dengan barang yang lucu. Agar menghindari kejadian tersebut, melakukan pembelian secara online dapat dijadikan sebagai pilihan. Lebih-lebih kamu sudah membuat sebuah daftar apa saja barang yang akan dibeli. kamu tinggal membandingkan barang, dan melihat review, setelah itu langsung melakukan pembelian.

Jadi, masih gusar dan merasa susah saat harus membeli kebutuhan peralatan bayi untuk si kecil? Agar tidak lapar mata atau belanja yang tidak perlu, selalu catat kebutuhan dan berapa uang yang sudah kamu keluarkan untuk membeli barang tersebut, dengan demikian risiko lapar mata dapat dicegah.

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^