Feb 27, 2019

Samsung Galaxy M20, Smartphone Kelas Menengah dengan Spesifikasi Gahar

Samsung Galaxy M20 resmi diboyong Samsung ke Indonesia pada Februari 2019. Smartphone ini adalah model pertama dari Galaxy M yang khusus dibuat untuk pasaran kelas menengah. Samsung rupanya ingin ikut ‘bermain’ di pasar smartphone yang terjangkau oleh semua kalangan, tapi dengan spesifikasi yang cukup bagus.


Bocoran mengenai spesifikasi smartphone yang satu ini sudah beredar jauh-jauh hari sebelum Samsung benar-benar resmi meluncurkannya. Maka tak heran smartphone ini ditunggu-tunggu banyak pecinta smartphone. Tentu saja nama besar Samsung masih menjadi daya tarik utama, selain juga karena layarnya yang cukup luas dilengkap dengan baterai yang tahan lama menjadikan smartphone ini diburu banyak pecinta gadget kelas menengah.

Berbeda dengan smartphone Samsung untuk pasar kelas atas seperti Galaxy S9, kotak penjualan Galaxy M20 ini sangat tipis dan cenderung sederhana. Tapi tak usah heran karena smartphone ini ditujukan agar terjangkau oleh kalangan menengah. Apalagi bentuk kotak kemasan suatu ponsel biasanya tak terlalu dijadikan bahan pertimbangan untuk orang-orang yang ingin membeli smartphone.

Tetapi buat Anda yang penasaran dengan isi kotak kemasan Samsung Galaxy M20, kabel data USB Type-C, charger fast charging berkekuatan 15 watt, SIM Ejector, earphone dan buku panduan manual adalah item-item yang bisa Anda temukan dalam kotak penjualan Samsung Galaxy M20 yang dibungkus rapi dengan plastik ini. Jangan mengharapkan mendapatkan screen protector atau case, karena Anda pasti kecewa ketika tidak menemukan kedua benda tersebut dalam kardus Galaxy M20.

Samsung memasang harga untuk smartphone seri Galaxy M20 di Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 2.799.000. Dengan desain smartphone menggunakan layar ‘Infinity-V’ dan diagonal 6,3 inci, resolusi layar 2.340 x 1.080 piksel (aspect ratio 19,5:9), dilengkapi pula dengan notch atau biasa disebut poni kecil di bagian atasnya, menjadikan smartphone ini cukup bisa diandalkan walaupun harganya terbilang murah jika dibandingkan seri Galaxy M yang lainnya.

Galaxy M20 juga dikenal sebagai smartphone pertama dari Samsung yang memiliki poni model ‘waterdrop’. Model seperti ini akan memanjakan para penggila selfie, karena smartphone ini dilengkapi kamera selfie dengan resolusi 8 megapiksel. Satu hal yang istimewa ada pada bagian belakangnya, yaitu smartphone ini dilengkapi pemindai sidik jari.

Selain kamera selfie, smartphone ini memiliki kamera ganda dengan kamera pertama sebesar 13 megapiksel (f/1.9), dan kamera keduanya sebesar 5 megapiksel (f/2.2), keduanya memiliki perspektif ultra wide dengan lebar 120 derajat.

Berbicara tentang spesifikasi smartphone ini telah dibekali dengan chip Exynos 7904, RAM 3 GB, lengkap dengan media penyimpanan 32 GB. Sistem operasi perangkatnya menggunakan Android 8.1 Oreo yang dilengkapi antar muka, Samsung Experience 9.5.

Sayangnya, untuk pasaran di Indonesia Samsung hanya memasarkan varian Galaxy M20 dengan RAM 3 GB dan 32 GB. Hal ini berbeda dengan di India, dimana Samsung Galaxy M20 memiliki versi RAM 4 GB maupun 64 GB.

Bagian yang menjadi fitur unggulan smartphone ini adalah baterai besar yang memiliki kapasitas 5.000 mAh, baterai jumbo ini diklaim bisa menghasilkan video playback selama 17 jam.

Samsung seri Galaxy M20 ini juga didukung oleh fast charging, dimana waktu pengisian baterai dari kondisi kosong hingga penuh hanya membutuhkan waktu sekitar 145 menit. Warna pilihan smartphone ini di Indonesia adalah Ocean Blue dan Charcoal Black.

Smartphone ini bisa dibeli di beberapa e-commerce terkemuka di Indonesia. Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 2.800.000 untuk mendapatkan smartphone yang satu ini. Lalu, bagaimana spesifikasi lengkap dari smartphone ini?

Ukuran layar PLS TFT 6,3 inci, 1.080 x 2.340 piksel, aspect ratio 19,5:9. Samsung Galaxy M20 memiliki dimensi fisik 156,4 x 74,5 x 8,8 mm dengan bobot 186 gram, prosesor CPU menggunakan Exynos 7904, Octa-core 1,8 GHz, GPU; Mali-G71 MP2 RAM 3 GB dan media penyimpanan (storage) sebesar 32 GB, serta microSD slot (dedicated) hingga 512 GB.

Sementara kamera belakang satu 13 megapiksel bukaan f/1.9, PDAF kamera belakang kedua 5 megapiksel bukaan f/2.2, keduanya dilengkapi dengan ultra-wide sensor. Untuk kamera depan memiliki resolusi 8 megapiksel bukaan f/2.0. Sedangkan kapasitas baterainya sebesar 5.000 mAh.

Selain itu, smartphone ini mendukung fast charging 15W, konektor USB type-C, 3,5mm audio jack GPS Ya, A-GPS, GLONASS, dual-SIM (nano), konektivitas wireless 4G, Wi-Fi 802.11, Wi-Fi Direct, bluetooth 5.0, hotspot biometrik fingerprint scanner pada bagian belakang dan face unlock, sistem operasi Android Oreo 8.1, Samsung Experience 9.5. Pilihan warnanya terdiri dari ocean blue dan charcoal black. Sementara harganya dibanderol sebesar Rp 2,8 juta.

Spesifikasi gahar dari Samsung Galaxy M20 bukannya tanpa kekurangan, sebagai suatu produk yang dipasarkan untuk kelas menengah, seri ini memiliki kekurangan, tetapi ada juga kelebihannya dibanding smartphone lainnya. Kelebihan smartphone ini memiliki desain yang bagus dengan layar sangat luas dan tajam karena didukung oleh warna-warna cerah.

Selain itu, kualitas kamera dan kinerja juga unggul di kelasnya, ditambah baterainya sangat irit, begitu pula ketika isi ulang, baterai Samsung Galaxy M20 ini cepat terisi. Dengan kelebihan tersebut, Samsung Galaxy M20 memiliki pasar yang luas, karena itu Anda tidak perlu khawatir harga jualnya akan jatuh ketika Anda sudah bosan dan ingin menjualnya kembali.

Kekurangan smartphone Samsung Galaxy M20 ini adalah mode pro atau manual dari kameranya sangat terbatas dan tidak didukung oleh pengaturan Speed. Selain itu, jangan lupa Anda tidak akan menemukan case siap pakai pada kotak penjualannya. Akses ke pengaturan audio juga kurang praktis.

Repotnya lagi, tidak terdapat fitur wake up screen pada smartphone ini dan walaupun sudah didukung oleh fingerprint, tetapi posisinya terlalu atas sehingga agak susah saat akan digunakan. Walaupun begitu, smartphone ini masih sangat layak untuk Anda miliki. Siapkan uang Rp. 2,8 juta dan Anda akan menikmati smartphone ‘kelas menengah’ dengan spesifikasi gahar.

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^