Jun 27, 2017

Sholat Ied Bersama Aisyah


Sebelumnya ingin mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri" buat temen-temen semua nih. H+3 Lebaran ini saya lebih milih di rumah aja. Karena memang kondisi Aisyah yang kurang memungkinkan untuk dibawa ke mana-mana. Kalau lelah sedikit badannya langsung panas. Jadi ya ngetem di rumah aja deh. Sambil cari-cari inspirasi buat belanja online, haha.

Ngomong-ngomong gemana nih para ibu yang bawa balita pas sholat Ied. Pasti ada aja deh cerita hebohnya, hihi. Tahun ini pertama kalinya Aisyah ikutan sholat Ied. Beneran sholat, bukan cuma tiduran di sajadah seperti bayi, hihi. Meski awalnya Aisyah sempat merengek minta susu Ultra. Padahal saya gak bawa susu, karena jarak antara masjid dan rumah dekat dan sholat Ied juga berlangsung gak terlalu lama. Bingung deh saat itu. Langsung mikir cara supaya Aisyah tetap tenang selama sholat. Alhasil saya memperlakukannya seperti bayi. Karena memang Aisyah suka sekali jadi bayi, haha. Trik itu cukup berhasil dan membuatnya ikut sholat Ied dengan cukup tenang tanpa merengek. Barulah setelah salam, dia mulai merengek lagi minta pulang. Lagi-lagi trik yang sama, saya memperlakukannya seperti bayi.

Kalau dibanding dulu saat Aisyah masih bayi, memang lebih mudah mengontrol Aisyah sekarang. Dia sudah paham omongan orang, jadi bisa dibilangin. Meski harus berulang kali tapi seenggaknya bisa diomongin baik-baik. Kebayang deh, dulu waktu Aisyah masih umur tujuh bulan, mau pergi sholat Ied kayak orang mau pergi safar dua hari, haha. Banyak banget barang bawaannya, mulai dari bawa bantal, sajadah buat sendiri, alas tidur buat Aisyah, mainan dan juga bawa gendongan. Memang kalau bawa toddler itu lebih mudah, karena gak banyak barang bawaannya, cuma lebih repot untuk mengatasi moodnya. Kalau bayi disumpel susu aja udah diem, kalau toddler? Nyusu udah gak mempan, harus ngikutin maunya apa. Iya kalau maunya gampang diturutin, kalau enggak ya kelar hidup lo, haha.

Dan memang ya, bawa anak ke masjid itu tantangan luar biasa. Karena anak kecil identik bikin keributan, jadi sebagai ibu harus pintar mengatasi anak yang ribut. Saya berulang kali harus stres karena melihat Aisyah lari-lari dan teriak di dalam masjid saat mengikuti kajian bulan Ramadhan yang lalu. Padahal ya, di rumah udah dibilangin berulang kali kalau di dalam masjid gak boleh teriak atau pun lari-lari. Dan setiap kali saya tanya, apa yang gak boleh dia lakukan di masjid, dia bisa jawab dengan lengkap. Tapi ya gitu, teori doang, prakteknya mah apa deh. Lupa semua kalau lihat temannya pada lari-lari. Tapi ya namanya juga anak-anak. Harus bersabar tapi bukan lantas dibiarkan, tetap harus diomongin baik-baik. Memang gak langsung ngefek saat itu juga perkataan dari orang tua tapi kelak makin dia besar seenggaknya dia akan paham.

Sebagai orang Islam memang mengenalkan anak ke masjid itu penting. Supaya kelak mereka menjadi orang yang ikut serta memakmurkan masjid. Apalagi kalau anak laki-laki. Jadi selain diajak ke masjid anak juga diajarkan cara sholat. Memang sih awal-awal gerakan sholatnya masih kacau. Tapi gak masalah sih, pokoknya miriplah, hihi. Aisyah juga saya biasakan untuk ikut saya sholat meski kadang masih sering kabur. Tapi seenggaknya sholat Ied waktu lalu dia bisa diam. Sayangnya nih saya belum menemukan mukena yang pas untuk Aisyah. Karena umurnya terlalu kecil, biasanya mukena untuk umur lima tahunan. Aisyah memang sempat meminta mukena seperti yang saya gunakan di rumah. Siapa tahu dengan pakai mukena bisa sholat tanpa harus kabur, hihi.

Selain mukena saya sebenarnya juga ingin beli sajadah. Kebanyakan sajadah yang saya miliki memang pemberian, bukan murni beli sendiri, hihi. Apalagi pas lagi lihat-lihat sajadah di Tokopedia kok ada sajadah bulu yang gak terlalu banyak motifnya. Jadi hanya embos dan juga gambar ka'bah atau gambar lainnya tapi gak rame seperti kebanyakan sajadah.

Sajadah bulu murah
Salah satu sajadah bulu murah yang ingin saya beli.


Berhubung saya emak ngirit tentu aja cari di Tokopedia dengan menafaatkan fitur "urutkan" dari harga termurah, haha. Jadi langsung terlihat barang paling murah di sana. Tinggal pilih yang diinginkan. Tentunya belanja online kayak gini lebih menghemat waktu dari pada harus muterin pasar Ampel untuk nyari sajadah, belum lagi bandingin harga sajadah lebaran ini. Dan kalau pengen sekalian beli tasbih, gampang banget, tinggal cari "tasbih digital" karena memang yang jual tasbih digital online di Tokopedia banyak banget. Kadang malah kita bisa belanja sekalian di seller yang sama, jadi hemat ongkir loh.

Memang ya, jaman digital gini, ngabisin duit jadi makin gampanglah tapi nyari duit juga makin gampang sih, hihi.

Eh, kalau kamu beli perlengkapan ibadah lebih suka di tokonya langsung apa beli online?

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^