Jun 21, 2016

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Cara yang Sehat Tanpa Harus Lapar


Mungkin banyak diantara kamu yang saat ini sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, entah itu karena mengalami obesitas atau untuk mengurangi jumlah lemak di tubuh karena mulai tampak tidak menarik untuk dilihat. Apapun alasanmu menurunkan berat badan, kamu tetap harus menurunkan berat badan dengan cara yang sehat, atau istilah kerennya, lakukanlah diet sehat dan benar. Karena saat ini, ada banyak orang yang terobsesi untuk menurunkan berat badan sehingga menempuh jalur yang beresiko, misalnya dengan menggunakan obat-obatan atau dengan cara diet yang ekstrim.

Ada banyak tips diet sehat yang bisa kita ikuti. Khususnya, jika kamu adalah tipe orang yang tidak bisa menahan rasa lapar, sebenarnya ada banyak cara agar kita bisa menurunkan berat badan tanpa harus menahan lapar. Penasaran? Berikut adalah tips menurunkan berat badan dengan cara yang sehat tanpa harus lapar.

Ganti Karbohidrat Sederhana dengan Karbohidrat Kompleks

Masih bingung apa yang dimaksud dengan karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks?
Karbohidrat sederhana adalah sumber kalori seperti nasi yang tidak banyak mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, atau fiber (serat). Sebaliknya, yang dianggap sebagai sumber karbohidrat kompleks adalah makanan yang mengandung sejumlah kalori, namun juga berisi vitamin, mineral, dan serat.

Sumber karbohidrat sederhana yang paling muda contohnya adalah: pasta, nasi putih, dan roti putih. Termasuk juga makanan-makanan yang dibuat dari beras atau tepung beras.

Sebaliknya, sumber karbohidrat kompleks diantaranya adalah kentang, sayur-mayur, buah-buahan, ikan, telur, atau beberapa makanan pokok lainnya seperti jagung, beras merah, dan sagu.

Berbicara mengenai pengganti karbohidrat sederhana, yang paling cocok bagi kita yang pasti adalah beras merah. Kita memilih beras merah untuk diet karena banyak mengandung kalori seperti nasi, akan tetapi dengan jumlah vitamin dan mineral yang jauh lebih tinggi dan bahkan dianggap sebagai salah satu makanan berserat tinggi yang dapat memperlancar pencernaan dan menurunkan berat badan.

Berolahraga

Selain dengan mengganti atau mengurangi konsumsi karbohidrat sederhana, diet sehat juga harus diimbangi dengan olahraga. Semakin tinggi intensitas olahraga yang kita lakukan atau semakin berat olahraga yang kita pilih, maka hasilnya akan lebih baik. Namun jangan terlalu memaksakan diri.

Jika selama ini kamu tidak pernah berolahraga, mulailah terlebih dahulu dengan olahraga olahraga yang ringan seperti, jalan kaki setidaknya 30 menit setiap hari dan lakukanlah 5 hari dalam seminggu. Jangan hanya fokus pada satu area tubuh saja, misalnya dengan sit-up saja, atau hanya dengan angkat beban saja untuk menghilangkan lemak lemak di area tersebut. Cara menurunkan berat badan yang efektif dan benar adalah dengan memilih olahraga yang melibatkan seluruh anggota tubuh misalnya berlari, senam, atau dengan melakukan olahraga kardio.

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^