Jun 21, 2016

Pilihan Makanan Sehat Bagi Remaja


Faktor usia sangat mempengaruhi pilihan makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Hal tersebut tidak mengherankan, karena ada masa-masa dimana kita membutuhkan suatu makanan lebih banyak dibandingkan yang lainnya. Contoh kecil, ketika kita masih bayi, kita lebih membutuhkan ASI dibandingkan dengan nasi. Saat beranjak balita, kita mulai diperkenalkan dengan makanan bertekstur namun lebih dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak sayur-sayuran yang mengandung vitamin dan mineral serta memperbanyak minum susu yang mengandung kalsium, zat besi, dan lain-lain. Begitu juga ketika kita menginjak usia remaja, tentunya kita membutuhkan makanan yang lebih kompleks untuk menunjang tumbuh kembang otak maupun tinggi badan serta kesehatan.

Lain halnya dengan orang yang sudah lanjut usia, di mana mereka akan mengalami penurunan kemampuan dalam menyerap vitamin D dari sinar matahari, sehingga mereka sangat membutuhkan asupan vitamin D dan kalsium untuk mencegah agar tidak terkena osteoporosis (kerapuhan pada tulang).

Berbicara mengenai usia remaja, pada usia tersebut kita membutuhkan banyak makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta kalsium. Menurut ahli medis, anak remaja yang masih berusia dibawah 16 tahun imun tubuhnya belum sempurna, layaknya orang dewasa. Sehingga, mereka sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Oleh karena itu, mereka membutuhkan vitamin dan mineral yang lebih banyak untuk memperkuat imun tubuh. Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang cocok untuk remaja.

1. Susu

Makanan sehat bagi remaja yang pertama adalah susu dan produk susu. Idealnya, susu tanpa lemak yang banyak mengandung kalsium merupakan minuman yang wajib dikonsumsi oleh remaja baik di pagi hari maupun di malam hari.

Susu banyak mengandung kalsium yang bisa membantu pertumbuhan tulang dan memperkuat tulang. Karena remaja biasanya masih bisa tumbuh. Selain bersumber dari susu, makanan lain yang banyak mengandung kalsium diantaranya adalah yogurt dan keju.

2. Sayur

Sayur selalu kita butuhkan mulai dari kecil hingga saat kita tua. Karena sayur merupakan sumber utama vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita untuk bisa bekerja secara normal.
Sayuran berbagai warna, mulai dari sayuran berwarna hijau terang, sayuran berwarna hijau gelap, dan warna-warna yang lain harus dipenuhi setiap hari minimal dua porsi. Sayuran yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat remaja diantaranya adalah: wortel, bayam, brokoli, tomat, timun, dll.

3. Ikan

Ikan banyak mengandung asam lemak omega-3 adalah yang paling dianjurkan. Karena asam lemak omega-3 sangat kita butuhkan terutama untuk mencerdaskan otak dan untuk mencegah berbagai penyakit seperti penyakit jantung. Asam lemak omega-3 selain bisa didapatkan dari ikan juga bisa didapatkan dari buah alpukat serta minyak ikan komersil yang sudah dikemas. Beberapa jenis ikan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi diantaranya adalah: Ikan salmon, ikan sarden, dan ikan tuna.

4. Buah-buahan

Hampir semua jenis buah-buahan dianjurkan untuk dikonsumsi setidaknya dua porsi sehari.

5. Sumber Protein

Protein juga dibutuhkan untuk membentuk otot dan jaringan di dalam tubuh kita. Sumber protein bisa berasal dari produk hewani contohnya daging atau unggas, bisa juga berasal dari ikan, atau telur serta kacang-kacangan. Khusus untuk telur, selain sebagai sumber protein, telur juga dianggap memiliki kandungan kolin yang dapat mencerdaskan otak.

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^