Jun 5, 2016

Mau Sehat? Ayo Makan Sayur!


Memiliki tubuh yang sehat memang dambaan setiap orang. Bagi saya menjaga kesehatan tubuh memang cukup penting. Apalagi sebagai seorang ibu, sakit sepertinya memang sebuah pantangan. Seperti beberapa waktu lalu ketika saya jatuh sakit. Aisyah selalu mengajak saya bermain padahal saya saat itu sedang sakit demam tinggi. Alhasil harus dibujuk oleh beberapa orang agar dia mau main sendiri. Belum lagi suami juga sedang sibu tugas akhir. Jadi beberapa pekerjaan rumah memang terbengkalai. Seandainya suami gak sibuk mungkin suami yang bakalan gantiin tugas saya.

Biasanya ketika saya mulai mudah sakit, saya akan mengevaluasi kembali cara hidup saya. Apakah ada yang salah hingga saya jadi mudah sakit. Biasanya saya mulai menelusurinya dari cara saya makan. Apa yang saya makan selama beberapa hari sebelum saya sakit. Dan ternyata ketemulah satu alasan yang membuah saya belakangan ini jatuh sakit berkali-kali. Ternyata selama beberapa minggu belakangan ini saya mulai jarang mengkonsumsi sayuran. Padahal sayuran adalah makanan yang gak boleh ditinggalkan. Pada sayuran terdapat banyak gizi yang dapat membuat tubuh sehat. Manusia bisa saja gak makan daging. Tapi kalau gak makan sayur, jangan harap bisa sehat.

Menu makanan di rumah memang lebih sering bertema daging. Salah satu sebabnya karena mertua saya memang gak suka makan sayur. Dari pada masak berbagai makanan saya lebih memilih untuk sekalian meminta dimasakin sesuatu yang dapat dimakan semua orang. Jadilah saya mengabaikan diri saya sendiri.

Setelah ketemu penyebab saya mudah sakit beberapa minggu ini akhirnya saya mulai memakan sayur. Entah itu olahan sayur matang atau pun mentah. Saya berusaha untuk memakan sayur apa pun sebisa mungkin dalam satu hari. Selain menyehatkan tubuh secara keseluruhan, sayuran juga merupakan makanan sehat untuk ginjal. Tahu sendiri dong, organ yang satu ini memang sangat penting untuk menyaring racun di tubuh kita. Jangan sampai deh organ yang satu ini sampai sakit.

Selain memakan sayuran, saya juga memperbanyak minum air putih. Kurang minum air putih, selain mengganggu fungsi ginjal juga dapat menyebabkan susah buang air besar. Dan kalau udah kayak gini nih gak enak banget. Memang ya minum air itu terkadang terlihat sepele. Padahal efek dari kekurangan cairan pada tubuh sama sekali gak sepele. Jadi jangan pernah lupa untuk banyak minum air putih. Meski pun gak terasa ingin minum.

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^