May 8, 2020

Tips Perawatan Rambut Rusak dengan Bahan Alami

Memiliki rambut bercabang, kering, hingga ketombean memang sengat mengganggu penampilan. Ketika kondisi ini sudah terjadi, perawatan rambut secara konsisten sangat penting untuk dilakukan agar dapat memperbaiki hal tersebut. Penyebab kerusakan rambut biasanya disebabkan oleh kurangnya minyak rambut. Hal ini karena kandungan kimia produk rambut terlalu keras serta terus menerus menggunakan pengering rambut.


Sebenarnya, menggunakan produk perawatan rambut tidak menjadi masalah, namun mengingat produk untuk merawat rambut memiliki harga yang tidak murah, akan lebih baik Anda mencoba bahan alami terlebih dahulu. Ada beberapa cara untuk merawat kerusakan rambut secara alami yang dapat Anda lakukan di rumah.

Pilih Shampo yang Tepat

Ketika melakukan pemilihan shampo, usahakan sesuai dengan kondisi kerusakan yang Anda alami. Contohnya jika rambut Anda terlalu kering, pilih shampo dengan kandungan minyak kelapa di dalamnya. Dengan shampo yang memiliki kandungan minyak kelapa, batang rambut bisa berhenti menyerap air dan dapat mencegah rambut mengembang. Minyak kelapa juga salah satu minyak yang bisa mengurangi risiko kekurangan protein rambut. 

Gunakan Minyak Esensial

Penggunaan minyak esensial pada rambut dengan teratur bisa membantu merawat rambut yang rusak. Selain itu minyak esensial juga memberikan keharuman alami. Sekarang ini tidak sedikit produk yang digunakan untuk merawat rambut menggunakan minyak esensial seperti serum dan sampo. Tetapi, hindari memilih produk dengan kandungan petrolatum karena hanya dapat memberikan kelembaban di permukaan rambut saja.

Biasanya, minyak esensial yang sering digunakan untuk mengatasi rambut rusak adalah minyak kelapa yang bisa menambah kilap rambut dan melembutkannya. Ada pula minyak almond yang bisa menghaluskan serta melembapkan kulit. Jika Anda memiliki masalah rambut seperti berketombe, pilih minyak esensial lavender karena bisa mengatasinya dan bisa membuat rambut menjadi terlihat berkilau.

Penggunaan minyak esensial bisa dilakukan di rumah. Cukup teteskan minyak esensial pada kondisioner atau shampoo yang Anda gunakan. Kemudian, oles dengan merata dan gunakan penutup kepala selama 30 menit dan bilas sampai bersih. Selain menggunakan minyak esensial, Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun.

Konsumsi Makanan yang Bergizi

Selain menggunakan minyak esensial, mengkonsumsi makanan yang bergizi juga bisa membantu perawatan. Anda membutuhkan asupan nutrisi yang memadai untuk kesehatan rambut seperti protein. Protein dapat memperkuat rambut. Konsumsi protein kurang lebih 46 gram atau setara dengan 170 gram daging tanpa lemak.

Selain mengkonsumsi protein, Anda juga harus mengkonsumsi asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 bisa diperoleh dari ikan. Konsumsi asam lemak ini dua kali dalam satu minggu, pengonsumsiannya dapat membantu melembabkan rambut dan melindungi organ jantung, bahkan meringankan gejala depresi.

Gunting Rambut dengan Teratur

Perawatan rambut ini menjadi hal yang sering dilupakan, apalagi kalau bukan menggunting rambut dengan teratur. Namun, ketika ingin menggunting rambut, hindari menggunakan gunting tumpuk karena bisa semakin merusak rambut. Bila memungkinkan, Anda bisa secara teratur menggunting rambut ke salon.

Selain perawatan rambut di atas, hindari melakukan perawatan yang menggunakan bahan kimia contohnya menggunakan cat rambut yang keras karena bahan kimia bisa menghilangkan kelembaban rambut yang alami serta bisa membuat rambut menjadi keriting dan kusam. Dengan melakukan merawat rambut seperti langkah di atas, impian untuk memiliki rambut yang berkilau dan sehat dengan biaya yang murah tentu saja bisa tercapai. Namun bila kerusakan rambut terjadi hingga berlarut-larut, segera konsultasikan dengan dokter. 

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^