Jun 22, 2019

Gejala dan Cara Penanganan Alergi

Alergi terjadi karena reaksi tubuh yang salah terhadap benda asing yang masuk. Benda asing tersebut dianggap membahayakan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh memberikan respon yang salah dan menyebabkan alergi. Gejala alergi biasanya muncul beberapa saat setelah terkena alergen. Alergi dapat menyerang anggota tubuh, sistem pernapasan, ataupun sistem pencernaan. Agar lebih memahami tentang alergi, simak pemaparan berikut ini.


Gejala munculnya alergi

Gejala alergi akan muncul beberapa saat setelah terkena alergen. Gejala munculnya alergi pun bermacam-macam, tergantung jenis alergen. Namun secara umum, gejala yang biasanya muncul saat alergi adalah, hidung terasa gatal dan mudah bersin, kulit memerah dan terasa gatal, mata merah dan gatal, pembengkakan pada bibir, lidah dan kelopak mata, serta munculnya rasa sakit pada perut. Munculnya alergi juga dapat ditandai dengan muntah, diare, sesah napas, dan batuk. Selain itu, gejala munculnya alergi biasanya sesuai dengan faktor pemicunya.

• Alergi gigitan serangga

Alergi gigitan serangga biasanya ditandai dengan munculnya pembengkakan di area gigitan, gatal di seluruh tubuh, rasa sesak di dapa, dan anafilaksis.

• Alergi makanan

Alergi makanan dapat menyebabkan rasa gatal pada mulut disertai dengan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, seperti bibir, lidah, mata, dan wajah. Selain itu, munculnya alergi makanan juga ditandai dengan kulit memerah, rasa ingin muntah, serta diare.

• Alergi partikel udara

Alergi udara biasanya disebabkan karena sensitivitas tubuh terhadap debu, serbuk sari, dan tungau. Gejala umum saat mengalami alergi udara adalah bersin-bersin. Jika tidak segera ditangani, gejala tersebut dapat berkembang dan menyebabkan hidung tersumbat dan sesak napas.

• Alergi obat

Mengonsumsi obat juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada tubuh. Saat mengalami alergi obat, gejala yang biasanya muncul adalah munculnya ruam pada kulit, wajah mengalami pembengkakan, dan sesak napas.

Cara menangani alergi

Beberapa jenis alergi biasanya menyebabkan kulit menjadi gatal, muncul ruam pada kulit, ataupun kulit yang berubah warna menjadi merah. Untuk menangani gejala tersebut, beberapa tips berikut dapat dipraktikan.

• Menggunakan losion calamine atau krim hidrokortison

Losion calamine dan krim hidrokortison dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Namun, penggunaan krim hidrokortison tidak dapat digunakan sembarangan dan harus sepengawasan dokter.

• Menggunakan pakaian yang longgar

Memakai pakaian yang ketat dapat menyebabkan ruam pada kulit. Jika kulit merasa gatal dan muncul ruam, sebaiknya gunakan pakaian yang longgar dan nyaman supaya tidak memperparah gejala alergi.

• Mandi dengan air dingin

Mandi dengan air dingin dapat dilakukan untuk mengurangi ruam pada kulit. Setelah mandi, keringkan kulit dan gunakan pelembab untuk mengurangi ruam.

• Tes alergi

Untuk mendapatkan penanganan yang tepat, melakukan tes alergi juga dapat dijadikan pilihan. Setelah melakukan tes alergi, Anda akan mengetahui jenis alergi yang dialami, sehingga dapat menentukan jenis penanganan alergi juga lebih tepat.

Kapan memeriksakan alergi ke dokter?

Alergi biasanya ditandai dengan gejala yang tidak berbahaya. Namun, jika tidak segera ditangani, alergi dapat menyebabkan anafilaksis. Gejala anafilaksis dapat terjadi di seluruh tubuh, dan jika tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan kematian. Anafilaksis biasanya ditandai dengan kulit memerah, sesak napas, kram perut, dan kehilangan kesadaran. Selain itu, anafilaksis juga dapat menyebabkan jantung berdebar, sakit kepala, serta kulit dan bibir membiru.

Jika Anda mengalami gejala-gejala anafilaksis, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan. Anafilaksis dapat menurunkan tekanan darah, sehingga dapat berisiko menyebabkan kematian.

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^