Mar 6, 2018

Mencegah Radang Tenggorokan

Sakit memang pasti diderita oleh siapa saja. Apalagi sakit hati, eh, bukan itu maksudnya, haha. Sakit radang tenggorokan, mungkin semua orang sudah pernah mengalaminya. Saya juga sering mengalami hal yang sama. Sewaktu kecil, radang tenggorokan sering saya derita ketika saya jajan sembarangan. Ya maklum anak kecil tuh gampang banget tergiur melihat jajanan yang aneh-aneh. Padahal udah dibilangin gak boleh jajan yang aneh-aneh dan sering dibikinin cemilan sendiri di rumah. Tapi ya gitu, rumput tetangga kelihatan lebih hijau, lah apa sih, hihi.

Radang tenggorakan ini penyebabnya adalah infeksi dari bakteri dan juga virus. Makannya kalau jajan sembarangan rentan banget kena radang tenggorokan karena kebersihan makanannya kadang memang diragukan, hihi.

Dulu waktu kecil memang beberapa kali kena radang tenggorokan kalau pas jajan es gak jelas di abang-abang gitu. Padahal sih kalau dipikir-pikir rasanya standar abis tapi kok ya doyan banget sih pas kecil. Entahlah saya juga bingung, mungkin karena teman yang lain pada beli kali ya jadi latah, haha. Udah besaran dikir menginjak remaja, sudah mulai pilih-pilih jajanan. Karena sudah mulai melek informasi kesehatan, jadi gak maulah jajan yang gak banget. Tapi tetep ya jajan gorengan yang minyaknya item, wkekekek. Lah gemana lagi, gorengan itu memang candu. Bikin sendiri males kali, karuan juga beli bisa dapet macam-macam. Tapi ya gitulah, minyak itemnya jangan dilihat, hehe.

Kalau anak-anak sih sejauh ini belum pernah kena radang tenggorokan. Karena masih dalam pengawasan, gak tahu lagi ya kalau nanti pada udah sekolah, mulai bisa jajan yang aneh-aneh. Ya perlu dibekali petuah terus tiap hari supaya gak jajan sembarangan. Eh tapi dulu saya juga dibilangin tiap hari gak boleh jajan sembarangan ya tetep sih jajan sembarangan, huahaha. Nah untuk mencegah si kecil terkena radang tenggorokan, bisa dengan beberapa cara ini loh.

Jaga Kebersihan Makanan dan Minuman

Radang tenggorokan ini memang bisa disebabkan oleh bakteri dan virus, penyebab lainnya seperti sering berteriak atau merokok juga bisa sih. Menjaga kebersihan makanan dan minuman akan sangat membantu untuk mencegah radang tenggorokan. Apalagi di musim pancaroba ini radang tenggorokan mendadak jadi penyakin yang ngtrend loh. Jangan kebanyakan makan gorengan dan es yang beli di luar ya. Karena ini bisa jadi pemicu radang tenggorokan.

Minum Air Hangat

Kalau tenggorokan mulai terasa gak enak, lebih baik mulai tindakan pencegahan dengan minum air hangat. Bisa juga air hangat yang dicampur dengan jahe. Mengurangi bicara dengan suara keras akan sangat membantu agar tenggorokan tidak sampai terkena radang tenggorokan. Tapi kalau memang penyababnya bakteri atau virus sih, minum air hanya hanya sebagai pereda nyeri aja ya. Tetep harus ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^