Feb 8, 2017

Haruskah Minum Susu Ibu Hamil?

Bulan ini kehamilan saya sudah mulai masuk tiga bulan. Alhamdulillah, sudah gak lagi mual seperti awal-awal hamil. Meski gak makan buah mangga gak mual-mual. Sekarang lebih fleksible untuk makan buah apa aja. Saat kontrol bulan kemarin, dokter bilang tekanan darah saya rendah. Jadi disarankan minum susu, meski bukan minum susu ibu hamil katanya gak masalah pokoknya susu. Tapi berhubung menurut saya susu hamil itu nutrisinya pas untuk masa kehamilan jadi saya memilih minum susu ibu hamil aja.

Susu Ibu Hamil


Memilih susu ibu hamil juga gampang-gampang susah. Meski semuanya susu hamil sudah dirancang untuk ibu hamil tetep saja saya selalu perhatiin komposisinya. Saya menghindarai susu hamil yang memiliki tambahan bahan pewarna. Menurut saya bahan ini gak perlu ada juga di susu hamil. Jadi dari pada cari rasa yang aneh-aneh, saya memilih susu hamil rasa coklat. Karena biasanya susu hamil rasa coklat ini, gak pakai bahan pewarna lagi karena coklatnya sendiri memang sudah membuat susu jadi coklat. Dan rasanya sudah pasti enak, hihi.

Dan gak dipungkiri ya, susu hamil ini harganya lebih mahal dari biasanya. Untuk menyiasati supaya lebih murah, biasanya saya cari promo susu hamil di minimarket atau pun supermarket. Pernah dapet promo beli dua gratis satu, Langsung borong banyak. Soalnya susu untuk ibu hamil ini cepet habis. Paling juga gak sampai seminggu udah habis lagi.

Perlu Gak Sih Minum Susu Hamil?

Saat hamil pertama, saya memang belum menemukan susu hamil enak jadi gak pernah minum susu khusus ibu hamil. Justru saya minum susu sapi segar saja. Perlu gak perlunya minum susu khusus ibu hamil itu tergantung individu. Ada mungkin yang memang harus minum ada yang mungkin gak harus minum. Tapi kalau memang sudah terbiasa hidup dengan makanan sehat dan bernutrisi minum susu sapi segar biasa bisa aja cukup. Beda dengan orang yang pola makannya ugal-ugalan, bisa jadi sangat membutuhkan nutrisi dari susu khusus agar jabang bayi tercukupi nutrisinya.

Belu lagi kalau misalkan selama hamil mengalami mual. Kan ada tuh susu hamil untuk mengatasi mual, jadi bisa sangat membutuhkan susu hamil. Semua tergantung kondisi individu gak bisa disamaratakan.

Kandungan Baik Pada Susu Khusus Ibu Hamil

Susu hamil jelas ya beda bangetlah dengan susu lainnya. Karena memang dirancang untuk ibu hamil yang kondisinya membutuhkan banyak nutrisi. Terkadang susu hamil memang diperlukan karena dalam kesseharian kita makan makanan belum tentu mencukupi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Entah itu karena proses masak yang salah atau bisa karena pemilihan komposisi makanan yang kurang tepat seperti terlalu banyak karbohidrat.

Jika dilihat dari kandungan nutrisi susu khusus ibu hamil, memang sudah mencakup banyak nutrisi yang dibutuhkan jabang bayi dan sang ibu, seperti asam folat, zat besi, serat pangan, protein dan kalsium. Zat-zat ini sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin dan juga menutrisi sang ibu.

Tapi meski sudah minum susu hamil bukan berarti bisa makanan sembarangan ya. Tetep dong harus banyak makan-makanan bergizi seperti buah sayur dan daging. Dan jangan lupa untuk menghindari makanan mentah atau yang setengah matang karena makanan seperti ini masih mengandung banyak bakteri yang bisa membahayakan janin. Jangan lupa gak boleh minum atau makan makanan yang ada pemanis buatannya. Karena pemanis buatan ini bisa memperparah morning sickness. Dan lebih parahnya bisa menyebabkan kelahiran prematur. Serem kan? Jadi hati-hati ya kalau makan atau minum sesuatu.

Kalau kamu suka minum susu hamil rasa apa?

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^