Apr 18, 2013

Gak Bisa Nawar

Rabu kemarin pertama kalinya saya ke pasar sendirian di Surabaya, sebelumnya saya bareng suami (+Iskandar Dzulkarnain) . Awalnya sih mau ke pasar bareng tapi ternyata ibunya minta tolong untuk benerin modem adeknya. Jadi saya minta ditinggal di pasar aja dan suami ke rumah ibu yang gak gitu jauh dari pasar. Sebenernya sih sekalian saya belajar ke pasar sendiri. Karena selama ini kalau ke pasar pasti sama mama. Pertama kali ke pasar sini juga sama ibunya suami. Huahaha, jadi gak pernah pasar sendiri.

Awalnya agak takut sih. Soalnya gak ngerti amat bahasa Surabaya dan yang paling saya takutin saya lupa jalan ke luar dari pasar LOL. Untung saja itu gak terjadi karena saya nyari jalan yang lurus-lurus aja biar gak lupa beloknya, hehe. Lagian malu-maluin banget kalo sampe saya tersesat di pasar. Pasar Wonokusumo ini loh gak seberapa geje masa nyasar sih, hehehe.

Sempet saat mau keluar dari rumah tetangga depan nanya, "Mau ke pasar yah? Bisa nawar dek?" #jleb. Saya langsung bilang, "Gak bisa bu." Sambil ngeringis kayak kuda, hahaha. Dan terbukti pas di pasar saya gak nawar. Pernah sih nyoba nawar tapi gak dikasih tapi barangnnya tetep saya ambil soalnya males nyari lagi, hehehe.

Saat saya ingin beli sesuatu saya nyoba trik nawar emak-emak. Yaitu nawar barang kalo gak dikasih ngacir sampe dipanggil sama yang jual. Nyebelinnya hal itu gak terjadi pada saya. Saya tadinya mau beli rantang kecil buat wadah makanan di rumah. Pas nemu yang rada cocok ternyata kualitas barangnnya amit-amit, mahal pula. Jadi saya tawar setengah harga. Karena gak dikasih saya pun belagak pergi nyari yang lain. Eh taunya gak dipanggil-panggil. Nyesek banget, huahaha.

Ada hikmahnya sih saya gak dipanggil sama si penjual itu. Akhirnya saya dapet barang yang kualitasnya jauh lebih bagus, harganya lebih murah dan gak perlu nawar LOL. Seenggaknya itu mengobati kekecewaan saya karena gagal praktekin trik itu, wkekeke.

Kadang saya merasa gak tega untuk nawar harga di pasar. Saya keinget kata-kata Aa Gym dulu waktu masih sering ceramah di tipi-tipi. Beliau bilang kurang lebih gini, ibu-ibu itu kalau beli barang di pasar ditawar mati-matian tapi kalau beli di supermarket, mahal pun tetep dibeli #jleb. Kalau dipikir-pikir iya juga sih. Kadang kalau mau nawar quote itu terngiang terus dipikiran saya jadilah saya gak tega mau nawar. Tapi selama barang dan harganya itu sepadan kualitasnya. Kalo enggak saya lebih suka cari pedagang lain, wahahaha. Bilang aja gak bisa nawar :D.

10 comments:

  1. kalau gak niat beli jangan sekali-kali nawar , ku pernah tuh jadi terpaksa beli hehehe daripada penjualnya marah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wekeke, iya mba, kasian udah ditawar gak beli :D

      Delete
  2. ciyee udah di sbya toh ternyata, gimana enak kan di sbya dan udah merid :D

    ReplyDelete
  3. tos dulu en hahaha
    btw welcome to surabaya ya :D
    perlu kopdar ga nih? LOL

    ReplyDelete
    Replies
    1. wekeke
      makasih :D
      pengen sih tp Iskanya lg sibuk, gak bisa nganterin, aku msh buta jalan, hehehe

      Delete
  4. kalo aku mah sering nawar, secara selain harus hemat duit kadang yg mau ditawar ama harga yg disebutin penjualnya itu ga sesuai. aku juga pernah kok gagal pake trik itu, tp ttep aj pake trik itu sampe skrg. satu-dua kali gagal sih gpp, kan udah berkali2 berhasil nawar juga ...plg banter harganya dikurangi 2-3ribuan. kdg aku suka survei2 sih, nyari pasar yg murah tapi sayur n dsbnya masih seger n komplit :D

    aku malah kebalik, klo di pasar selalu ingat jln. tp klo di mall srg nanya org "Jalan keluar ke arah mana ya...? LOL


    loh ga tinggal di rumah mertua tho?

    ReplyDelete
    Replies
    1. emank sih harus hemat, tp gak nawar pun jd hemat toh sayur gak seberapa mahal :D

      aku emank sulit inget jalan jeng :D

      iya, gk tgl sama mertua, pengen mandiri Jeng, lgian enak loh cuma tgl berdua #eh :D

      Delete
    2. setuju, enakan tgl b2...
      di Banjar ama di Sby beda kali En...di sini pepaya aja beli, kalo di sana mah bisa nandur sendiri di halaman rumah :D

      mungkin disesuaikan aja kali ya, En... momongan apakah sdh ada tanda2 :D

      Delete
    3. iyalah jeng :D tp loh nandur sendiri cape beli kan enggak #males :D

      wekeke, blm nih Jeng :D
      doakan saja secepatnya, hehehe
      aku juga udah gak sabar #eh :D

      Delete

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^