Oct 25, 2017

Voucher Belanja dan Cara Cerdas untuk Belanja Hemat

Belanja itu kebutuhan. Dan lagi siapa yang tidak tergerak saat mendengar kata “diskon”. Tentu kita semua jadi penasaran, apa saja produk yang di diskon, berapa persen diskonnya dan apa saja persyaratan diskonnya. Menjadi orang yang segera beraksi sewaktu ada diskon atau promo bukan berarti Anda pribadi yang pelit, tidak punya uang atau terlalu ngirit untuk belanja dengan harga normal. Bukan karena itu, faktanya justru orang yang dapat memanfaatkan berbagai promo berupaya diskon dan voucher belanja yang tersedia membawa keuntungan tersendiri dan bisa dibilang mereka-mereka ini kelompok konsumen cerdas. Tidak percaya? Ini bukti-buktinya:


1. Paham berapa uang yang dapat dihemat

Mulai dari alasan yang paling sederhana, orang yang berbelanja sewaktu ada promo diskon dan sebagainya amatlah memahami berapa banyaknya uang yang dapat mereka keluarkan dan berapa banyak yang dapat mereka hemat. Mereka termasuk orang-orang cerdas dan bijak dalam menggunakan uangnya. Sebelum mereka membeli, biasanya mereka akan menghitung terlebih dulu berapa uang yang perlu mereka keluarkan dan berapa uang yang berhasil mereka hemat, barulah kemudian mereka akan menentukan pilihan. Sisa uang yang dihemat kan bisa dialokasikan ke berbagai kebutuhan lain.

2. Memiliki kejelian dan ketelitian

Untuk menghindari promo atau diskon fiktif maka tentu diperlukan pikiran yang cermat dan teliti. Membeli barang sewaktu diskon atau saat mendapatkan voucher belanja bukan cuma mempertimbangkan berapa jumlah yang dapat Anda hemat, namun apakah hasil penghematan tersebut sudah imbang alias sepadan. Sehingga tidak cuma riset harga yang harusnya dilakukan, orang yang cerdas dalam urusan belanja juga akan memperhitungkan beberapa hal seperti kualitas, tanggal kadaluarsa, spesifikasi, plus minus barang dan tingkat kebutuhan akan barang tersebut. Jadi, jika hanya sekedar harga murah tidak akan bisa membuat pemburu diskon tergiur.

3. Bisa jadi investasi

Belanja bukan hanya sebuah kebutuhan saja, melainkan juga bentuk investasi. Memang hal ini tidak berlaku untuk semua barang, namun untuk barang-barang yang sifatnya tak habis pakai atau dapat bertahan lama, diskon bisa jadi peluang investasi. Betapa tidak, jika semisal untuk membeli gadget A yang harga di luar promo bisa mencapai jutaan rupiah, ketika ada promo harganya bisa jadi ratusan ribu saja. Setelahnya, saat harga sudah kembali normal, Anda bisa menjual kembali barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi daripada yang Anda beli sebelum diskon.

4. Efisiensi waktu

Promo tidak selalu ada setiap hari, kalau toh ada maka hanya di beberapa situs belanja online saja. Diskon tidak selalu tersedia sehingga orang yang berbelanja pada saat momen-momen tersebut sama saja dapat mengolah waktu dengan efisien. Karena pertama, bisa membeli barang dalam jumlah banyak terutama jika memang benar-benar diperlukan sehingga tidak perlu belanja ke supermarket atau retail lagi. Yang kedua adalah karena orang yang paham keuntungan belanja saat diskon, tidak akan menunda-nunda belanja sampai masa akhir promo. Artinya mereka lebih paham waktu yang tepat.

5. Dapat memenuhi kebutuhan yang lain

Berbelanja dengan promo diskon atau voucher belanja adalah cara cerdas untuk dapat memenuhi kebutuhan yang lain, bahkan bisa untuk impian jangka panjang Anda. Misalkan jika Anda berhasil menghemat sejumlah uang dari hasil belanja saat diskon atau promo, uang tersebut bisa Anda tabung atau kumpulkan untuk dialokasikan ke kebutuhan yang lain. Baik kebutuhan urgent maupun keperluan yang sudah Anda rencanakan jauh-jauh hari.

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^