Feb 27, 2017

Mengenal Bronkitis dan Gejalanya

Semua orang di dunia ini pasti ingin selalu sehat. Namun, faktanya banyak sekali orang yang ingin sehat namun tidak melalukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat sangatlah penting demi menjaga tubuh agar tiap harinya tetap sehat. Minimal tubuh mengalami sakit bisa diminimalisasi.

Banyak sekali penyakit yang mengancam diri kita setiap harinya. Salah satu penyakit yang cukup serius adalah bronkitis. Mungkin kamu pernah mendengar mengenai penyakit bronkitis ini. Namun tidak semua orang paham betul apa itu sebenarnya bronkitis, apalagi penyebab dan gejalanya.


Pengertian Bronkitis dan Macamnya

Bronkitis adalah penyakit yang berkaitan dengan pernapasan yang bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri. Setidaknya ada dua macam jenis bronkitis. Yang pertama adalah bronkitis akut. Bronkitis ini menjangkit pada anak-anak usia di bawah 5 tahun. Bronkitis akut ini merupakan infeksi saluran pernapasan pada anak-anak akibat anak terlalu lalu batuk dan flu. Jadi untuk menghindari bronkitis akut ini, jika anak batuk jangan dibiarkan, harus segera diobati.

Sedangkan macam bronkitis yang kedua adalah bronkitis kronis. Bronkitis kronis ini biasanya menjangkit pada orang dewasa. Biasanya menyerang pada orang dewasa yang umurnya di atas 40 tahun. Penyebab bronkitis yang kedua ini biasanya karena kebiasaan merokok dan lingkungan kerja yang tidak sehat.

Gejala Bronkitis

Adapun gejala bronkitis sendiri bisa dilihat dari beberapa keadaan berikut ini:
  1. Mengalami sesak napas
  2. Tenggorokan terasa sakit
  3. Tubuh gampang kelelahan padahal aktivitas yang dilakukan ringan
  4. Tubuh demam dan menggigil
  5. Badan terasa nyeri
  6. Sakit kepala yang tak tertahankan
  7. Hidung dan sinus tersumbat
Jika kamu sudah mengalami sebagian besar dari ketujuh gejala tersebut, maka segeralah ke dokter untuk diperiksa dan diobati. Jangan pernah menganggap bahwa penyakit yang kamu alami ringan, karena kamu tidak tahu sebelum memeriksakannya ke dokter. Niscaya dokter akan memberimu resep yang akan menanggulangi gejala bronkitis yang kamu alami agar tidak menuju ke bronkitis yang sebenarnya.

Pencegahan dari Bronkitis

Segala penyakit yang ada bisa dilakukan pencegahannya. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Cara mencegah penyakit bronkitis pada anak bisa dilakukan dengan mengatur dan mengawai makanan yang dimakan oleh anak. Jangan biarkan anak-anak memakan makanan yang tidak jelas kualitasnya. Biasanya anak-anak suka sekali dengan jajanan instan murah yang rentan menyebabkan batuk. Jajanan yang berbumbu serbuk biasanya dapat menyebabkan anak batuk terpingkal. Hindari anakmu mengkonsumsi makanan jenis ini.

Selain itu, sangat perlu membiasakan cuci tangan sebelum makan. Pasalnya, kita tidak tahu anak-anak sudah memegang apa saja. Bisa saja dia memegang sesuatu yang mengandung virus dan bakteri lalu masuk dalam tubuh melewati makanan yang dimakan. Hal ini juga berlaku bagi orang dewasa.

Pencegahan lainnya yang sangat perlu diperhatikan adalah jangan merokok ataupun berkumpul dengan orang yang sedang merokok. Pasalnya merokok adalah salah satu penyebab banyaknya orang terkena penyakit bronkitis.

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^