Nov 16, 2017

Selamat Datang Musim Hujan!

Memang belakangan ini musim hujan sepertinya cukup dinanti. Cuaca panas yang mudah membuat cucian dan manusia cepat kering membuat tetesan air hujan begitu dirindukan. Dan beberapa hari ini sudah mulai menunjukan musim hujan datang. Hampir setiap hari langit mendung dan angin segar bertiup. Memang sih kayak gini enaknya makan ramen temani suami. Tapi sisi lain saya juga cemas ketika jemuran tak kunjung kering.

Ya sudahlah, disyukuri saja. Toh bisa nembeng nyuci pake mesin cuci mertua supaya cepat kering, wakaka. Dasar mantu absurd.

Hal yang paling saya suka dari musim hujan adalah hawa dingin yang membuat saya jadi mudah untuk tidur. Begitu pula para bayi lebih jarang rewel karena udara panas. Sebuah kabar gembira bagi ibu yang punya bayi unyu-unyu. Coba aja kalau bayi-bayi gak tidur, mana bisa nulis blog kayak gini.

Kalau kalian hal apa yang paling disukai ketika musim hujan datang?
Read more>>

Nov 3, 2017

Pelayanan Kesehatan Tak Lagi Mahal di Makassar

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pelayanan kesehatan di negeri ini harganya sangat mahal sekali. Hal ini tentu saja menyulitkan warga yang kurang mampu saat mereka sakit. Pasalnya untuk biaya hidup saja sudah pas-pasan, apalagi untuk berobat. Tak hanya pelayanannya yang mahal, tempat pelayanan kesehatan pun di beberapa daerah masih sulit dijangkau. Namun, keadaan yang seperti ini tidak berlaku untuk Makassar.


Pemerintah Kota Makassar memang sudah berkomitmen sejak lama dalam hal memperbaiki layanan kesehatan di kotanya. Bukan rahasia lagi mengenai program home care Dottorota yang sedang digalakkan di sana. Program layanan kesehatan ini berjalan 24 jam dan menjangkau rumah-rumah penduduk Kota Makassar. Tak hanya itu, biaya layanan home care Dottorota ini sepenuhnya gratis, ditanggung oleh pemerintah Kota Makassar. Sebagai penduduk Kota Makassar tentunya kita patut bersyukur dengan banyaknya fasilitas yang bisa kita nikmati dengan mudah dan gratis ini.

Selain pelayanan kesehatan berupa home care, Kota Makassar juga memiliki program Lorong Sehat. Program ini bertujuan mencerdaskan warga Kota Makassar mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan. Kesehataan masyarakat sangatlah bergantung dengan kebersihannya. Jika lingkungan bersih, maka secara tidak langsung masyarakat juga akan terhindar dari banyaknya penyakit yang menular ataupun tidak menular. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati?

Program Lorong Sehat ini juga mengarahkan masyarakat setempat agar menanam banyak tanaman yang memiliki manfaat. Salah satunya adalah tanaman obat. Jelas fungsi dari penanaman tanaman obat ini untuk mengajarkan masyarakat mandiri dalam menghadapi penyakit ringan yang bisa ditangani sendiri. Namun, untuk penyakit tingkat lanjutan pemerintah Kota Makassar menyediakan pos-pos pelayanan kesehatan atau mobil keliling yang berisi dokter.


Mungkin bagi kamu yang tidak tinggal di Makassar akan merasa iri dan ingin kotamu seperti kota Makassar yang sangat peduli dengan layanan kesehatan. Hal ini adalah wajar karena memang layanan kesehatan adalah hak setiap warga negara. Oleh karena itu, sangat penting mendukung pemerintah Indonesia ini agar mencontoh apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah Makassar. Selain itu, pihak Astra juga turut andil dalam mendukung inovasi layanan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah Makassar melalui Inspirasi 60 Tahun Astra. Diharapkan setiap dari kita turut mendukung dalam kegiatan positif dan inspiratif demi bersama membangun bangsa.
Read more>>

Oct 29, 2017

Guilty Feeling


Beberapa waktu lalu suami bercerita tentang adik kelasnya yang sudah menyabet gelar doktor di usia yang muda. Ya, saya tahu suami benar-benar senang dengan keberhasilan adik kelasnya itu. Tapi sayangnya yang saya pikir dan rasakan berbeda. Saya justru malah merasa....bersalah. Kenapa adik kelasnya udah doktor aja, tapi suami lulus S1 aja baru tahun kemarin. Ya itu gara-gara kamu, sahut nurani saya yang lainnya. Sedih banget. Apalagi ketika ingat kalau salah satu guru SD suami pernah menyayangkan kalau suami malah menikah dulu bukan menyelesaikan kuliahnya. Saya semakin merasa bersalah dan ingin menghilang saja. Rasanya menikah jadi seperti dosa meski halal.

Meski saya tahu suami gak pernah merasa begitu. Padahal kalau flashback maka faktor yang membuatnya lambat lulus juga cukup banyak. Apalagi ketika suami kuliah suami bukan hanya jadi tulang pupung saya tapi seluruh keluarganya. Tapi kenapa seolah-olah semua salah saya. Atau saya aja yang baper? Kayaknya sih saya over sensitive. Dan entahlah isu suami telat lulus selalu sensitif bagi saya. Tiap kali ada yang menyinggung itu saya bisa kesal sendiri, mood jelek seharian dan terus-terusan mengutuk diri. Jadi jangan tanyakan berapa lama suami kuliah, haha.
Read more>>

Oct 25, 2017

Voucher Belanja dan Cara Cerdas untuk Belanja Hemat

Belanja itu kebutuhan. Dan lagi siapa yang tidak tergerak saat mendengar kata “diskon”. Tentu kita semua jadi penasaran, apa saja produk yang di diskon, berapa persen diskonnya dan apa saja persyaratan diskonnya. Menjadi orang yang segera beraksi sewaktu ada diskon atau promo bukan berarti Anda pribadi yang pelit, tidak punya uang atau terlalu ngirit untuk belanja dengan harga normal. Bukan karena itu, faktanya justru orang yang dapat memanfaatkan berbagai promo berupaya diskon dan voucher belanja yang tersedia membawa keuntungan tersendiri dan bisa dibilang mereka-mereka ini kelompok konsumen cerdas. Tidak percaya? Ini bukti-buktinya:


1. Paham berapa uang yang dapat dihemat

Mulai dari alasan yang paling sederhana, orang yang berbelanja sewaktu ada promo diskon dan sebagainya amatlah memahami berapa banyaknya uang yang dapat mereka keluarkan dan berapa banyak yang dapat mereka hemat. Mereka termasuk orang-orang cerdas dan bijak dalam menggunakan uangnya. Sebelum mereka membeli, biasanya mereka akan menghitung terlebih dulu berapa uang yang perlu mereka keluarkan dan berapa uang yang berhasil mereka hemat, barulah kemudian mereka akan menentukan pilihan. Sisa uang yang dihemat kan bisa dialokasikan ke berbagai kebutuhan lain.

2. Memiliki kejelian dan ketelitian

Untuk menghindari promo atau diskon fiktif maka tentu diperlukan pikiran yang cermat dan teliti. Membeli barang sewaktu diskon atau saat mendapatkan voucher belanja bukan cuma mempertimbangkan berapa jumlah yang dapat Anda hemat, namun apakah hasil penghematan tersebut sudah imbang alias sepadan. Sehingga tidak cuma riset harga yang harusnya dilakukan, orang yang cerdas dalam urusan belanja juga akan memperhitungkan beberapa hal seperti kualitas, tanggal kadaluarsa, spesifikasi, plus minus barang dan tingkat kebutuhan akan barang tersebut. Jadi, jika hanya sekedar harga murah tidak akan bisa membuat pemburu diskon tergiur.

3. Bisa jadi investasi

Belanja bukan hanya sebuah kebutuhan saja, melainkan juga bentuk investasi. Memang hal ini tidak berlaku untuk semua barang, namun untuk barang-barang yang sifatnya tak habis pakai atau dapat bertahan lama, diskon bisa jadi peluang investasi. Betapa tidak, jika semisal untuk membeli gadget A yang harga di luar promo bisa mencapai jutaan rupiah, ketika ada promo harganya bisa jadi ratusan ribu saja. Setelahnya, saat harga sudah kembali normal, Anda bisa menjual kembali barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi daripada yang Anda beli sebelum diskon.

4. Efisiensi waktu

Promo tidak selalu ada setiap hari, kalau toh ada maka hanya di beberapa situs belanja online saja. Diskon tidak selalu tersedia sehingga orang yang berbelanja pada saat momen-momen tersebut sama saja dapat mengolah waktu dengan efisien. Karena pertama, bisa membeli barang dalam jumlah banyak terutama jika memang benar-benar diperlukan sehingga tidak perlu belanja ke supermarket atau retail lagi. Yang kedua adalah karena orang yang paham keuntungan belanja saat diskon, tidak akan menunda-nunda belanja sampai masa akhir promo. Artinya mereka lebih paham waktu yang tepat.

5. Dapat memenuhi kebutuhan yang lain

Berbelanja dengan promo diskon atau voucher belanja adalah cara cerdas untuk dapat memenuhi kebutuhan yang lain, bahkan bisa untuk impian jangka panjang Anda. Misalkan jika Anda berhasil menghemat sejumlah uang dari hasil belanja saat diskon atau promo, uang tersebut bisa Anda tabung atau kumpulkan untuk dialokasikan ke kebutuhan yang lain. Baik kebutuhan urgent maupun keperluan yang sudah Anda rencanakan jauh-jauh hari.
Read more>>

Oct 8, 2017

Ternyata Gak Semudah Itu!


Saya sering baca artikel atau notes FB yang intinya jadi ibu rumah tangga itu harus waras. Kerjaan rumah gampang, baju dilaundry aja, setrikaan tinggal kasih ke laundry, masak pake catering, kalau perlu pake ART. Ya memang kerjaan rumah itu gak ada habisnya dan bikin penat.

Pernah suatu saat, saya merasa riweh dengan Hamzah yang gak kunjung tidur. Kemudian berfikir untuk menggunakan jasa setrika baju di laundry. Saat memilah baju, ternyata baju yang harus disetrika jumlahnya sedikit. Kemudian nurani saya nyinyi, "Malu ah kalau baju segitu aja disetrikain ke orang. Emang lo horang kaya?" Seketika itu saya cuma bisa senyum-senyum miris. Gak hanya itu ketika cucian baju dari subuh hingga matahari terbit gak kunjung rampung, saya juga berniat untuk melaundry cucian baju saya. Tapi setelah semua cucian selesai di cuci, eh kok ya gak sampai sember penuh. Gitu mau dilaundry, gak malu sama kecoa? Errr. Lalu ide lainya muncul ketika saya gak bisa mengepel atau pun nyapu lantai. Pakai ART kayaknya enak ya? Eh setelah dilihat-lihat, ukuran rumah cuma segini aja pake ART? Yakin bisa kurus? HAHAHA.

Ya memang kadang kala rasanya pekerjaan rumah begitu banyak, padahal kalau dilihat lagi, eh cuma segitu? Saya bukannya mau nyinyir ibu2 yang pake jasa ini itu loh ya. Bukan itu maksdunya. Terkadang saya menganggap kerjaan saya ini banyak banget, tapi setelah dikerjakan eh ternyata sedikit. Ya mau bagaimana lagi, punya bayi harus berdamai dengan kenyataan kalau mengerjakan sesuatu pasti kena interupsi tangisan si bayi. Cucian baju gak sampai seember penuh tapi si bayi tiap lima belas menit nangis, ya gak kelar-kelar sis. Setrikaan baju cuma seipet tapi kalau gak ada waktu buat nyetrika ya tetep aja itu baju pada lungset.

Lucunya saya sempat kesal dengan Hamzah. Kenapa sih ini bayi gak mau tidur dari tadi?! Tapi setelah melihat wajahnya yang tersenyum gembira melihat saya, justru gak jadi kesel. Saya malah merasa bersalah. Kenapa saya kesal dengan bayi yang tahunya hanya nenen dengan umminya. Akhirnya saya berdamai dengan segala macam kerjaan rumah. Gak masak, gak nyetrika baju, dan gak juga ngepel lantai. Seharian ini tidur dengan Hamzah, suka-suka dia.

Hari ini juga pertama kalinya saya menggendongnya dengan gendongan kain. Biasanya hanya saya gendong dengan tangan tanpa bantua gendongan. Ini juga pertama kalinya dia tertidur di rumah dengan posisi saya gendong kain. Rasanya ada rasa bersalah dan juga haru. Dulu saya tidak pernah bisa merasakan nikmatnya menatap wajah anak saya tanpa cemas. Bayangin mengalami post partum syndrome selama beberapa tahun membuat saya gak pernah senang saat menimang bayi. Tapi kali ini saat Hamzah lahir saya terbebas dari baby blues. Rasanya begitu nikmat melihat Hamzah tersenyum. Harusnya saya juga mengahabiskan banyak waktu untuknya. Bukan malah kesal karena dia gak kunjung tidur. Biarlah kerjaan rumah terkatung-katung yang penting hak anak-anak terpenuhi.


Read more>>

Sep 28, 2017

Diving Ternyata Memberi 4 Manfaat Menarik Berikut!

Keindahan dasar laut di perairan Indonesia memang sanggup menghipnotis siapa saja untuk menikmati olahraga diving atau menyelam. Lewat olahraga satu ini dijamin Anda akan merasakan sensasi luar biasa sebab mampu berdekatan dengan kekayaan dasar samudera. Pertimbangkan menikmati olahraga ini ketika memutuskan berlibur ke sebuah pantai yang kebetulan tersedia fasilitas menyelam. Meskipun untuk menikmatinya tidaklah murah namun sejuta manfaat yang dihadirkan tentu terasa impas.


Sebagai salah satu jenis olahraga, tentunya menyelam bukan hanya untuk menghibur diri melainkan memberi manfaat lebih yang cukup menarik. Daripada penasaran alangkah baiknya Anda menyusun jadwal liburan ke obyek wisata pantai terbaik di tanah air. Misalnya saja liburan ke Bali, Lombok, atau mungkin Papua. Wilayah timur Indonesia memang wilayah yang paling terkenal punya keindahan dasar laut yang memukau. Namun bukan berarti di wilayah lain tidak begitu, sebab beberapa tempat dikenal pula sebagai lokasi menyelam terbaik.

Olahraga Menyelam yang Kaya Manfaat 

Kadang kala orang enggan berolahraga karena membosankan dan melelahkan, padahal bergantung jenis olahraga itu sendiri. Tidak semua olahraga hanya dilakukan di dalam ruangan atau di luar ruangan, jika bosan berolahraga di daratan nikmati olahraga air. Kunjungi waterboom terdekat supaya bisa berenang sepuasnya sehingga tubuh sudah melakukan olahraga secara maksimal. Opsional lain adalah menikmati kegiatan menyelam, yang ternyata meski terlihat cukup menceburkan badan ke dasar laut manfaatnya sejagad.

Menikmati olahraga diving menurut sebuah penelitian terbukti mampu menawarkan rangkaian manfaat menarik, dan berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Otot menjadi lentur

Otot tubuh yang kaku akan membuat tubuh mudah merasa lelah sekaligus menghambat aktifitas fisik. Melenturkan otot menjadi hal yang penting dilakukan agar tubuh bergerak dengan mudah dan menjaga metabolisme dalam kondisi normal. Olahraga air satu ini bermanfaat melenturkan otot karena selama di dasar laut biasanya tangan dan kaki berkoordinasi menjangkau area yang sekiranya dianggap menarik, padahal melawan tekanan air laut.

2. Membantu menyehatkan sistem pernafasan

Selama menikmati olahraga air ini maka Anda akan menggunakan alat bantu pernafasan, dan tentunya wajib menjaga pernafasan stabil. Jikalau memiliki masalah dengan pernafasan maka dijamin akan sulit untuk menikmati olahraga satu ini. Akan tetapi bisa dijadikan sebagai terapi dengan catatan dilakukan sekian detik lalu beranjak menghirup udara biasa. Perlahan kemampuan nafas akan lebih kuat dan stabil sehingga olahraga ini baik untuk kesehatan pernafasan.

3. Efektif membantu program diet

Olahraga air satu ini ternyata bisa membantu program diet Anda yang memang bermasalah dengan berat badan berlebih. Pasalnya olahraga ini jika dilakukan 30 menit maka mampu membakar kalori antara 200-300 kalori. Bayangkan jika menikmati olahraga lari maka akan membutuhkan waktu sekitar 1 jam mendekati 2 jam. Olahraga ini memang mudah membakar kalori sebab ketika bergerak di bawah air tubuh butuh kerja keras melawan tekanan air laut yang beriak.

4. Mengenal dunia bawah laut dari dekat

Masuk ke terowongan aquarium tentu menjadi pengalaman seru, sayangnya masih kalah seru kalau menyentuh hewan air secara langsung. Olahraga air ini ternyata memberikan sensasi tersebut apalagi memang terjun ke dasar laut langsung bukan aquarium. Tentunya akan menjumpai lebih banyak biota laut baik terumbu karang maupun berbagai jenis ikan. Ketika berdekatan secara fisik tentu sensasinya lebih nyata dan menyenangkan, diving akhirnya membantu berkenalan dengan dunia bawah laut.
Read more>>

Sep 17, 2017

Jangan Egois!


Bagi saya bisa pergi bersama suami dan anak memang hal yang menyenangkan. Ya, namanya juga ibu rumah tangga yang udah sumpek dengan urusan rumah, bisa jalan-jalan itu rasanya menyenangkan banget. Apalagi beberapa waktu lalu saya dan suami dapet tiket Preview Sale BBW Surabaya. Kami berdua masing-masing dapat satu tiket dan juga bisa mengajak satu orang teman untuk setiap tiket. Suami memang berencana mengajak temannya yang sudah berbaik hati memberitahu kalau BBW lagi bagi-bagi tiket Preview Sale. Sedangkan saya masih belum memutuskan siapa yang akan saya ajak selain Aisyah, haha.

Acara itu masih dua minggu lagi, tapi sayangnya hal lain terjadi. Kemarin saya melihat kondisi bapak mertua yang sudah semakin menurun. Padahal seminggu sebelumnya saat saya main ke rumah bersama para bayi, bapak masih bisa berjalan dan bercanda dengan Aisyah. Entah tiba-tiba kondisinya drop banget.

Hal ini membuat saya berfikir berkali-kali. Apa saya akan tetap pergi ke acara Preview Sale? Karena jika saya pergi, berarti saya harus menitipkan Hamzah pada ibu mertua. Padahal bapak mertua sedang sakit, gak mungkin juga ibu mertua harus mengurusi bapak dan bayi saya. Itulah yang saya pikirkan. Memang sih kalau ditanya, mungkin ibu mertua tetap akan menyanggupi untuk menjaga Hamzah sementara saya pergi. Tapi entahlah, rasanya kok gak tahu diri amat sih. Kenapa harus merepotkan orang lain hanya untuk kesenangan saya.

Padahal event BBW ini saya tunggu-tunggu dari tahun kemarin. Sayangnya tahun kemarin saya melewatkannya karena telat tahu jadi keburu gak bisa menyesuaikan jadwal. Dan tahun ini bisa dapet tiket Preview Sale yang artinya bisa belanja buku tanpa harus berdesakan dengan yang lain. Suami juga terlihat antusias ingin datang ke sana, jadi saya punya alasan yang kuat untuk kesana. Tapi ya sudahlah, akan ada saatnya saya bisa jalan-jalan bawa dua bayi tanpa harus ada salah satu yang dititipin. Gak mungkin bawa bayi yang belum genap dua bulan ke acara yang jauh banget dari rumah. Jangan egois.
Read more>>

Sep 12, 2017

Sparepart Motor Berikut Ini Wajib Diganti Secara Berkala

Memiliki motor bisa sebagai penolong dalam hal berkendara. Namun Anda juga perlu tahu jika memiliki motor, maka Anda pun wajib untuk merawat motor tersebut sehingga motor bisa digunakan secara prima. Kondisi kesehatan motor sangatlah penting karena akan bisa menunjang performanya dan menghindarkan Anda dari segala masalah ketika mengendarainya. Jika membicarakan terkait perawatan motor, maka tidak akan bisa dilepaskan dari sparepart motor.


Pergantian untuk suku cadang umumnya telah dijadwalkan dari pabrikannya. Anda harus menyesuaikan dari pedoman bukunya karena apabila lalai dan menyepelekan, maka jangan salahkan motor jika sewaktu-waktu tiba-tiba mogok dan rusak. Beberapa komponen mungkin cukup diservis saja, namun ada juga beberapa komponen lainnya yang sifatnya harus diganti secara berkala. Berikut ini beberapa komponen motor yang butuh penggantian secara berkala:

1. Oli mesin

Oli berfungsi agar bagian mesin terlumasi dan bagian dalam mesinnya bisa bekerja dengan baik serta terhindar dari segala bentuk goresan. Oli pun berfungsi untuk mendinginkan mesin. Beban kerja cukup berat yang dimiliki oli ini menjadikannya harus diganti secara berkala bahkan ketika 1.000 km pertama pemakaian.

2. Busi

Alat yang satu ini bermanfaat untuk bisa memantik api sehingga pembakaran di dalam mesinnya berjalan baik. Sparepart motor ini juga bisa dengan mudah didapatkan baik di bengkel-bengkel hingga toko online. Untuk lama penggantian busi ini sendiri umumnya dilakukan di jarak 20.000 km hingga 50.000 km. Apabila businya sudah kotor, maka sebaiknya langsung diganti, bukan hanya dibersihkan.

3. Aki

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah tahu apa peran dari aki ini. Ya, aki ada diperuntukkan agar pasokan listrik ke mesin motor bisa berjalan. Umumnya pemakaian aki sendiri adalah 2 sampai 3 tahun sehingga setelah itu harus diganti. Namun jika penggunaan motor Anda juga terasa lebih berat, maka sebaiknya diganti lebih awal lagi.

4. Lampu motor

Selanjutnya adalah bagian lampu kendaraan dimana juga harus sering untuk diganti. Usia pakai untuk lampu kendaraan umumnya adalah 1,5 tahun, namun jika kurang dari itu dan lampu sering mati, maka ada baiknya Anda segera menggantinya mengingat betapa penting fungsi dari lampu motor ini.

5. Kanvas rem serta kaki kendaraan

Berlanjut ke bagian kanvas pada rem serta kaki kendaraan yang tidak boleh dipandang secara remeh. Fungsi utamanya adalah untuk mengerem sehingga sangat berhubungan dengan keamanan Anda di jalan. Lakukan pemeriksaan secara rutin di kedua bagian ini dan jangan menunggu kanvas dan kaki-kaki rusak untuk penggantian karena bisa membahayakan.

6. Kanvas kopling

Perannya adalah membantu untuk mentransfer tenaga mesin ke roda. Kanvas kopling ini sangat cepat habis lantaran dari kondisi jalanannya sehingga jika Anda kerap berkendara di jalanan yang tidak halus, maka penggantiannya juga harus lebih rutin. Umumnya penggantian adalah di angka 10.000 hingga 50.000 km sesuai pemakaian.

7. Filter

Berbagai macam filter di kendaraan biasanya masa pakainya rendah. Fungsi filter ini adalah untuk bisa menjaga agar kualitas dari bahan yang dipakai kendaraan sesuai standarnya. Filter pun bukan hanya satu karena ada filter oli, filter udara, filter pendingin kabin serta filter untuk bahan bakar.

Itulah beberapa sparepart motor yang harus diberi perhatian lebih dan diganti berkala. Pastikan untuk menservicenya di bengkel yang terpercaya sehingga Anda bisa merasa puas dan performa motor pun terjaga.
Read more>>

Sep 10, 2017

Pasangan Awet Muda

Tak terasa waktu berlalu begitu cepat. Kami ternyata sudah menikah 4,5 tahun dan punya tiga anak (meski yang hidup hanya dua). Banyak suka duka yang mewarnai pernikahan kami dari yang sepele hingga hal besar. Rasanya semua itu memang membuat kami jadi lebih saling mencintai...uhuk.

Tapi tahu gak sih, banyak orang yang kaget kalau lihat suami anaknya sudah ada yang sebesar Aisyah. Entah kenapa mereka selalu mengira suami saya ini adek di antara dua adeknya. Kalau dbilang suami anak yang paling tua pasti tercengang. Lah ini suami yang imut apa adeknya yang muka tua sih? Ehtalah, saya juga bingung, haha. Kadang saya sebel kalau suami dikira belum nikah, karena memang wajahnya gak menunjukan kebapak-an sama sama sekali. Ya takutnya sih tiba-tiba ada cewek yang neplok, hehe.

Beda cerita lagi dengan saya. Saat awal menikah saya dikira anak SD. Antara senang dan mangkel juga dikira anak SD. Apalagi saat mengurus surat SKCK di kepolisian, salah satu petuga menuduh ibu saya memalsukan umur agar bisa menikah. Qodarulloh kok ada tetangga yang juga bertugas di sana, jadi bisa meyakinkan petugas tadi kalau ya, saya emang imut gitu, wakaka. Tolong jangan muntah ya. Selain itu, saat ikut ngaji tahsin, hampir semua ibu-ibu di sana kaget ketika saya bawa anak. Memang pada hari pertama masuk saya hanya sendirian. Gak bawa anak jadi dikira orang saya ini masih single. Eh? Single? Padahal saat itu saya sudah menikah tiga tahun dengan suami. Para ibu-ibu mengira saya bawa anak orang lain. Maaf aja kali, ngapain bawa anak orang. Dikira bawa anak ke tempat ngaji gampang, haha.

Saya juga heran mengapa kami terlihat lebih mudah dari umur kami. Entah karena kami orangnya cuek atau apa. Orang melihatnya kami hidup enak. Gak perlu kerja tinggal minta orang tua. Iya kali pada gak tahu kalau setiap hari ribet ngerjain ini itu. Tapi ya suami kok diam saja meski orang mengira seperti itu. Malah katanya biarin orang berfikir seperti itu. Biar gak pada minjem ke kami, haha. Bukannya pelit sih, iya kalau pinjem dibalikin, udah pinjem gak dibalikin, pas ditagih ngamuk. Duh enggak deh, pilih-pilih aja kalau mau minjemin duit.

Dan ya memang punya wajah awet mudah bikin seneng tapi ya kadang saya juga cemas. Takut aja suami dideketin cewek yang mengira dia belum berisitri. Entah deh, saya terlalu parno apa ya, haha.
Read more>>

Sep 5, 2017

Berlibur ke Taiwan, Sempatkan Mampir di 3 Tempat Indah Ini!

Masih inget gak sih jaman boomingnya film Meteor Garden? Jaman itu memang Indonesia lagi terserah "virus" mandarin wave, hihi. Gak heran kalau banyak banget film-film mandarin yang ditayangkan di stasiun TV. Hal itu juga berdampak pada style orang-orang Indonesia. Saya dulu juga sempat jadi penggermar film dan aktor mandarin loh, hihi. Dulu saya pikir yang pakai Bahasa mandarin itu ya China, ternyata gak selalu loh.

Sun Moon Lake

Film-film yang tayang saat itu ternyata produksi Taiwan. Meski sama-sama menggunakan Bahasa Mandarin, Taiwan menganggap kalau negara mereka bukan bagian dari RRC (Republik Rakya China). Taiwan menolak berada di bawah kekuasaan RRC dan berusaha menjadi sebuah negara sendiri. Nah Taiwan inilah yang memiliki perkembangan film yang cukup maju dikala itu.

Dengan boomingnya film-film Taiwan ke negara tetangga tentunya membuat orang jadi penasaran dan ingin berlibur ke Taiwan. Sama halnya dengan efek Korean wave yang membuat bisnis pariwisata Korea semakin maju. Kalau kamu tertarik juga untuk berlibur ke Taiwan, jangan lupa kunjungi tempat wisata yang terkenal ini yah!

1. Menara Taipei 101

Menara yang memiliki nama resmi Gedung Finansial Internasional Taipei ini adalah gedung tertinggi kedua di dunia setelah gedung Burj Khalifa, di Dubai, Uni Emirat Arab. Menara ini memang ikonik sekali, sehingga banyak sekali souvenir yang dibuat dengan menyematkan gambar menara Taipei 101 ini.

Di menara Taipei 101 ini memiliki koneksi internet yang cukup cepat loh. Dengan kecepatan hingga satu Gigabyte per detik ini kamu bisa berselancar di dunia maya tanpa harus tersendat. Enak banget dong ya.

2. Sun Moon Lake

Danau yang terkenal dengan keindahannya ini menjadi salah satu tempat yang sering didatangi oleh para turis. Di danau ini adalah tempat pertemuan arus panas dan dingin, sehingga para turis gak diperkenankan untuk berenang di sini.

3. Taman Nasional Yangmingshan

Ternyata bunga sakura gak hanya bisa ditemui di Jepang loh. Di Taman Nasional Yangmingshan juga memiliki bunga sakura yang indah. Kalau momennya pas, kamu juga bisa melihat festival bunga yang digelar setiap tahun.

Itulah beberapa tempat wisata terkenal di Taiwan yang bisa jadi referensi kamu untuk berlibur ke Taiwan. Jangan lupa untuk selalu menyiapkan barang-barang dengan baik sebelum bepergian jauh. Dan kalau kamu ingin tetap berinternet ria di negara orang tanpa menghabiskan banyak uang, bisa juga loh dengan menyewa terlebih dahulu modem Wifi sebelum berangkat ke luar negeri. Kamu bisa menggunakan jasa passpod.id yang menyediakan layanan sewa Wifi 4G. Jadi kamu bisa tetap eksis meski di luar negeri.
Read more>>

Sep 2, 2017

Catatan Di Hari Idul Adha


Idul Adha tahun ini kami memang gak berkurban. Karena memang bertepatan dengan kelahiran anak kami dan juga punya tanggungan mengaqiqohi anak ketiga kami. Meski begitu tetep senang karena bisa makan sate. Kapan lagi bikin sate sendiri, haha. Kalau hari biasa bikin olahan daging sih biasa tapi kalau sate pastilah males bikinnya kalau bukan pas Idul Adha.

Pada momen Idul Adha kali ini ada sebuah cerita yang membuat saya tertegun setiap kali mengingatnya. Ada seseorang yang diberikan kelapangan rejeki hingga beberapa tahun. Sayangnya setiap tiba hari Idul Adha, seseorang itu gak memanfaatkan rejekinya untuk berkurban. Padahal sangat berkecukupan. Dan lebih disayangkannya lagi, justru mengeluh kenapa gak dapat daging kurban dari sana atau sana. Padahal, dengan kelapangan rejeki itu cukuplah untuk berkurban dengan seekor kambing atau mungkin lebih. Sungguh, memang Yang Maha Kuasa gak menakdirkannya untuk berkurban, kemudian datanglah waktu ketika rejekinya mulai menyempit. Tentunya sudah gak mungkin lagi untuk bisa berkurban, untuk makan saja masih terkatung-katung.

Kurban memang bukan sesuatu yang wajib tapi kalau memang ada rejeki yang cukup kenapa juga gak berkurban?

Read more>>

Aug 15, 2017

Tips Menghemat Waktu Memasak Bekal Si Kecil


Tahun depan Aisyah memang kami rencanakan untuk masuk TK kecil. Memang awalnya kami berencana untuk homeschooling Aisyah. Tapi melihat dari tingkah laku Aisyah yang suka bergaul saya dan suami mengurungkan niat tersebut. Aisyah memang berbeda dengan saya dan suami yang sukanya diam di rumah dan gak suka bergaul. Aisyah suka sekali bergaul dengan anak yang seumuran dengannya. Jadi inilah yang menjadi pertimbangan kami untuk menyekolahkannya di sekolah formal.

Dari tahun lalu kami sudah survey beberapa sekolahan di dekat rumah kami. Ada dua pilihan sekolah yang dekat dari rumah. Dua-duanya sama bagusnya tapi yang satu harganya lebih murah, hihi. Meski begitu masih belum diputuskan sih mau masuk sekolah yang mana. Ya nanti aja dulu kalau sudah waktunya mau sekolah.

Tapi yang pasti saat tahun ajaran ini saya sempet mupeng lihat anak-anak pada sekolah TK. Apalagi beberapa ibu-ibu yang telaten pada upload bekal makan siang anaknya. Duh rasanya saya ingin segera Aisyah masuk sekolah supaya bisa membuat masakan yang lucu-lucu. Apalagi sekarang gak susah untuk cari macam macam resep bekal makan siang anak. Dan bahannya gak perlu yang selalu wah, pokoknya mah cocok di lidah anaknya.

Dan untuk membuat bekal makan siang untuk anak itu memang butuh sedikit effort ya. Harus bangun pagi-pagi untuk masak bekal anak memang kadang gak gampang. Tapi bukan berarti gak bisa, yang penting harus bisa mengatur waktu. Meski belum mulai bikin bekal makan siang untuk Aisyah tapi tips ini mungkin bisa dicoba buat ibu-ibu yang ingin mulai membuat bekal makan siang anak tapi merasa kesulitan.

Buat Menu Setiap Hari

Kadang yang bikin bingung di pagi hari itu, mau masak apa. Nah pikiran ini nih yang bisa bikin masak jadi kelamaan. Kalau bisa buat menu bekal setiap seminggu sekali atau mungkin sebulan sekali. Ini juga mempermudah untuk beli bahan makanan. Dan menyiapkan bahan makanannya bisa saat malam hari. Jadi ketika pagi hari tinggal dimasak aja.

Sedia Makanan Siap Saji

Namanya juga hidup ya gak selalu rencana berjalan dengan baik. Ada kalanya ketika bangun kesiangaan atau apalah. Jadi ada baiknya nih selalu sedia frozen food, entah itu nugget, sosis atau frozen food model apa ajalah yang penting si kecil doyan. Selain itu juga bisa nyetok abon atau telur di rumah. Jadi tetep si kecil bisa makan bekal dengan rasa yang enak meski ibunya gak sempat masak, hihi.

Nah, kalau kamu punya tips juga gak untuk menghemat waktu memasak  bekal si kecil di pagi hari?

Read more>>

Jul 28, 2017

Malu Gak Sih?


Saya dan suami memang terbiasa berbagi kerjaan berdua, entah itu kerjaan rumah atau kerjaan blog. Tapi bagi saya mengerjakan kerjaan suami itu terlihat keren, haha. Karena bisa menulis itu sesuatu yang keren, hihi. Sedangkan suami yang mengerjakan pekerjaan rumah di mata masyarakat terlihat turun derajat. Ya itulah yang saya sering dengar.

Suami saya memang menawarkan diri untuk mengepel teras depan, menjemur dan buang sampah. Pokoknya pekerjaan rumah yang mengharuskan keluar rumah dihandle oleh suami. Saya lebih memilih nyuci baju (pake tangan) dari pada jemur baju di depan rumah, haha. Itulah mengapa suami yang menjemurkan baju karena saya memang gak mau jemur, hihi. Meski sesekali suami juga yang mencuci dan juga menjemur baju. Tapi gak setiap hari sih hanya momen tertentu ketika saya lelah. Dan mungkin saat saya melahirkan nanti suami akan mencuci seenggaknya sampai saya merasa lebih sehat.

Terkadang saya merasa bersalah karena lumrahnya para istri yang jemur baju. Ini tiap pagi suami jemur baju. Tahu sendirilah pagi-pagi itu juga banyak emak-emak yang jemur baju di sekitar rumah. Jadilah aneh karena hanya suami yang cowok sendiri, haha. Mungkin para tetangga mengira suami yang mencucikan baju. Karena pernah ada pemulung yang nyidir suami pake bahasa Madura. Intinya kalau orang Madura yang nyuci baju itu ya istrinya bukan suami. Lah suami saya orang Madura dan bajunya juga dicuci sama istrinya kok, kamu aja gak tahu, wakaka.

Saya sempat berfikir apakah suami malu ya tiap hari menjemurkan baju. Atau saya sajalah yang menjemur tiap hari. Tapi setelah saya tanyakan dengan sungguh-sungguh, ternyata suami gak merasa malu. Dan jawabannya bukan tipe jawaban yang "ngadem-ngademin". Karena suami memang tipikal yang kalau jawab pertanyaan suka gitu. Gak mau bikin saya galau, hihi. Saya lihat sendiri kalau ternyata suami sadar itu tugasnya. Saya gak perlu memintanya menjemur karena suami paham sendiri pokoknya kalau saya sudah selesai nyuci ya dijemur. Padahal biasanya untuk hal lainnya saya masih harus meminta tolong supaya suami ingat. Dan lucunya, kalau lagi ngambek saya suka nekat jemur sendiri. Kalau kelihatan suami biasanya suami langsung menarik saya secara dramatis sebelum keluar pintu pokoknya kayak di film-film Korea, wakaka. Udah gitu didekap dan mengambil alih cucian basah, wakaka. Jadi memang suami beneran gak malu dan sungguh-sungguh ingin membantu saya meringankan pekerjaan rumah.

Padahal perkara jemur baju itu sepele banget loh. Tapi saya gak suka jadi sering males ngerjainnya. Kalau dibantu suami saya bisa mengerjakan kerjaan lain dan rumah cepat selesai. Hasilnya kalau suami minta kelon bisa langsung ready, wakaka. Dan ternyata itu juga salah satu alasan kenapa suami senantiasa membantu meringankan kerjaan rumah. Supaya saat suami ingin tidur-tiduran berdua saya gak mengelak karena kerjaan rumah masih numpuk, hihi.

Memang ya hidup di antara masyarakat yang masih menganggap tabu suami turun tangan pada pekerjaan rumah itu bikin hati galau. Tapi mau gemana lagi, toh juga tiap rumah tangga punya peraturan masing-masing. Ibu-ibu rumah tangga yang suaminya gak bisa ikut bantu kerjaan rumah gak perlu merasa suaminya jahat. Mungkin mereka meringankan dari sisi lain. Suami saya sih kerja di rumah terus jadi ya bisa bantuin banyak hal. Dan ibu-ibu yang suaminya biasa bantuin kerjaan rumah ya jangan ngompor-ngomporin ibu lain yang suaminya gak bantuin. Tiap rumah tangga punya cara sendiri untuk menjaga keharmonisan, gak perlu kok memaksakan. Pokoknya nyaman satu sama lain.
Read more>>

Jul 20, 2017

Waspada Anyang-Anyangan pada Ibu Hamil


Hamil yang kesekian kalinya ini ukuran perut saya bisa dibilang memang besar banget. Ya gemana lagi memang perutnya udah melar, hihi. Rasanya juga lebih berat dari sebelumnya. Belum lagi badan saya sendiri juga berat, hihi. Gak hanya itu yang paling kerasa adalah selalu ingin buang air kecil apalagi saat malam hari. Padahal ya malam hari itu enaknya buat tidur. Alhasil saya sering menahan buang air kecil. Jadi belakangan ini memang sering sakit di bagian bawah perut.

Gak hanya itu sakit buang air kecil pun sering saya rasakan. Nah kalau sudah begini saya memang sedikit khawatir terkena penyakit infeksi saluran kemih. Karena memang gejala awal infeksi saluran kemih adalah anyang-anyangan atau rasa ingin buang air kecil terus menerus dan tidak tuntas. Kalau sudah begini saya harus waspada. Apalagi infeksi saluran kemih pada ibu hamil memang gak boleh diabaikan. Pada ibu hamil infeksi saluran kemih dapat membuat keguguran janin, bahkan janin bisa lahir prematur atau lahir dengan berat badan yang kurang.

Serem kan ya? Jadi memang harus segera diatasi. Cara mengatasi infeksi saluran kemih pada ibu hamil juga gak bisa sembarangan. Karena ibu hamil gak bisa sembarangan minum obat. Mengobati dengan bahan-bahan alami akan lebih baik tentunya. Salah satu bahan alami yang dapat mencegah dan mengobati infeksi saluran kemih adalah buah cranberry. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi dan juga terdapat kandungan antioksidan proanthocyanidins. Antioksidan ini memiliki sifat anti-adhesi yang membuat bakteri gak bisa menempel pada saluran kemih dan tentunya gak bisa menularkan infeksi.

Sayangnya nih buah cranberry ini sulit didapatkan jadi lebih baik memang mengkonsumsi ekstrak buah cranberry yang terkandung pada Prive Uri-cran. Prive Uri-cran ini terdiri dari bentuk kapsul dan juga serbuk minuman. Tapi yang sempat saya konsumsi adalah Prive Uricran Plus yang berupa serbuk minuman. Karena memang rasanya enak, manis asamnya pas banget. Apalagi diminum dengan air dingin, tambah enak deh.

Mendapatkan Prive Uricran ini juga cukup mudah karena dijual di apotek-apotek seperti Viva Generik, Guardian, Kimia Farma dan apotek lainnya. Harga Prive Uricran per saschernya sekitar sembilan ribu. Tergantung juga beli di apotek mana. Satu box isi lima belas sachet, di beberapa apotek bisa beli eceran kok.





Minum Prive Uricran ini dapat dikonsumsi satu kali sehari jika untuk pencegahan. Sedangkan untuk pengobatan dikonsumsi dua kali sehari. Selain mengkonsumsi ekstrak cranberry untuk pencegahan akan lebih baik jika didukung dengan menjaga kebersihan tubuh.

Apalagi yang namanya wanita daerah kewanitaannya sering banget lembab. Jadi wajib untuk ganti pakaian dalam sehari minimal tiga kali. Selain itu jangan menahan buang air kecil karena ini bisa menjadi pemicu infeksi saluran kemih.

Read more>>

Jul 19, 2017

Baju Bayi yang Nyaman Dipakai dan Pertimbangannya

Bayi merupakan buah hati dari pasangan yang masih bisa disebut bayi apabila berumur 0 hingga 1 tahun. Bayi tersebut akan sangat diperhatikan oleh orangtua dari kebutuhan pakaian, makanan, dan hal lainnya yang dapat menunjang pertumbuhan bayi agar selalu baik dan tidak kekurangan satupun. Karena pada dasarnya semua orangtua tentu ingin bayi dan anaknya dapat tumbuh sehat hingga besar nanti. Oleh karena itulah untuk mengurangi hal berbahaya untuk anak, orangtua akan selalu memberikan yang terbaik baik dari makanan yang akan diberikan, susu yang berusaha untuk memberikan ASI, hingga baju bayi yang dikenakannya.


Berbagai hal tersebut disiapkan oleh orangtua untuk bayinya karena berbagai alasan. Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya bahwa orangtua akan memberikan yang terbaik untuk anaknya. Selain itu juga untuk membuat orangtua dan bayi merasa nyaman karena orangtua tidak ingin anak bayinya nantinya mengalami hal yang tidak menyenangkan karena kurangnya perhatian yang diberikan. Seperti misalnya mengalami sakit karena kurang makan dan gizi yang masuk, badannya menjadi kurus, mengalami sakit demam karena kedinginan, dan hal lainnya yang membuat orangtua khawatir oleh karena itulah semua orang tua akan memberikan yang terbaik untuk anak bayinya.

Begitu juga dengan memberikan baju bayi yang terbaik untuk diberikan kepada bayi. Baju yang akan dikenakan bayi harus yang nyaman dipakai untuk bayi tersebut. Oleh karena itulah harga nantinya tidak akan menjadi masalah selama baju tersebut mempunyai kualitas yang bagus dan akan nyaman dipakai oleh bayi. Bagi orangtua akan memberikan baju yang nyaman karena kulit anak yang sangat sensitif sehingga apabila mempunyai dan menggunakan baju yang tidak nyaman, kulitnya akan mudah alergi dan gatal-gatal. Hal tersebut berlaku untuk bayi umumnya yang memang masih mempunyai kulit yang sangat sensitif.

Oleh karena itulah bayi mempunyai sabun, shampo, dan juga bedak sendiri karena ph kulit bayi yang berbeda dengan orang dewasa. Karena kulit yang sensitif tersebut juga yang membuat orangtua memilihkan baju yang terbaik diberikan kepada bayinya agar terhindar dari alergi kulit yang dapat untuk menimpa bayi. Dimana beberapa cara orangtua untuk dapat memiliki baju untuk bayi yang nyaman dipakai biasanya adalah dengan tips di bawah ini:

1. Memilih dari kualitas bukan dari harganya

Tips pertama untuk memberikan baju yang terbaik dan nyaman dipakai oleh anak adalah memilih dari kualitas baju yang akan dibeli bukannya dari harga tersebut. Orangtua tidak segan untuk membelikan baju yang terbaik yang mempunyai kualitas baik untuk anak sehingga akan nyaman ketika dipakai. Harga dari baju juga tidak masalah apabila sesuai dengan kualitas yang ditawarkan oleh baju tersebut.

2. Bahan yang tidak panas

Pertimbangan selanjutnya untuk memilih baju untuk bayi adalah dilihat dari bahan yang digunakan. Anda bisa untuk memilih bahan yang nyaman dipakai untuk bayi yaitu bahan yang adem ketika dipakai dan tidak panas ketika digunakan. Hal tersebut karena bayi mudah berkeringat dan dengan kulit yang sensitif apabila menggunakan bahan baju yang panas bisa untuk membuatnya alergi.

3. Bahan yang tidak kasar

Dan pertimbangan terakhir ketika memilih baju bayi yang nyaman digunakan untuk bayi adalah dari bahan yang halus apabila bersentuhan dengan kulit bayi. Telah dijelaskan di atas apabila kulit bayi sangat sensitif sehingga bahan yang baik untuk baju yang dikenakannya adalah yang halus sehingga tidak akan membuat kulit bayi tidak nyaman ketika digunakan.
Read more>>

Jul 18, 2017

Mengatur Waktu untuk Semua


Semenjak punya rumah sendiri saya memang punya kewajiban untuk beres-beres rumah, hihi. Dulu mah apa cuma beresin kamar doang, nyuci dan jemur. Sekarang seisi rumah harus diberesin termasuk dapur. Karena rumah gak terlalu besar jadi memang beresin rumah gak terlalu memakan waktu banyak. Tapi tetep ya karena masih belum terbiasa jadi rasanya cape pas awal-awal. Sekarang sudah mulai biasa dan rasanya gak cape-cape amat.

Karena di rumah gak terlalu kotor memang ngepelnya sehari dua kali. Kalau nyapu memang harus tiap hari biar gak berdebu. Dan yang paling jarang itu bersihin dapur. Ya gemana enggak, wong jarang masak jadi dapur bersih terus dong, hihi.

Apalagi belakangan ini banyak job nulis yang deadlinenya mepet. Terkadang harus sedikit mengabaikan pekerjaan rumah dan meluangkan waktu untuk menulis. Kalau udah sumpek dengan cucian baju biasanya saya nyuci di rumah mertua. Karena di rumah mertua memang ada mesin cuci jadi nyuci baju lebih gak cape. Cuma ya gitu males bawain baju kotornya itu. Soalnya keliatan banget sama tetangga kayak orang mau kabur dari rumah, wakaka. Padahal sih itu cucian baju kotor, haha.

Tapi gemana lagi, nyuci pakai tangan itu melelahkan. Sedangkan budget untuk beli mesin cuci idaman masih pending dulu untuk biaya lahiran dan aqiqoh. Jadi ya bersabar dulu lah ya. Alhamdulillah mertua juga bersabar dengan mantunya yang doyan laundry di rumahnya, haha. Ampun deh punya mantu kayak saya, wakaka.

Lagi pula Aisyah hampir tiap hari minta ke rumah akung dan utinya. Jadilah hampir tiada hari tanpa ke rumah mertua. Tiap sore biasanya kami pergi ke rumah mertua dan pulang malam hari. Ya bagaimana lagi wong memang cucu masih satu jadi yang dikangenin cuma satu, hihi.

Dan karena kebiasaan ini saya juga harus pinter-pinter atur waktu untuk beres-beres rumah, ngerjain job dan juga istirahat. Karena waktunya terbatas, sore udah harus cus ke rumah mertua. Cape sih tapi ya sudahlah toh juga memang harus sering mengunjungi mertua. Jangan mentang-mentang pindah rumah langsung gak pernah ngunjungin, hihi.

Hanya saya yang saya pikirkan adalah pasca melahirkan gak mungkin juga wara-wiri kayak gini. Entahlah Aisyah bakalan rewel apa gak ya kalau gak dituruti ke rumah utinya.  Pasca melahirkan pasti saya akan lebih banyak di rumah seenggaknya minimal dua minggu gak keluar rumah, paling juga kalau mau periksa bayi ke dokter atau imunisasi aja.

Ya sudahlah gak perlu dipikirin banget. Pokoknya jalani aja.
Read more>>

Jun 27, 2017

Sholat Ied Bersama Aisyah


Sebelumnya ingin mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri" buat temen-temen semua nih. H+3 Lebaran ini saya lebih milih di rumah aja. Karena memang kondisi Aisyah yang kurang memungkinkan untuk dibawa ke mana-mana. Kalau lelah sedikit badannya langsung panas. Jadi ya ngetem di rumah aja deh. Sambil cari-cari inspirasi buat belanja online, haha.

Ngomong-ngomong gemana nih para ibu yang bawa balita pas sholat Ied. Pasti ada aja deh cerita hebohnya, hihi. Tahun ini pertama kalinya Aisyah ikutan sholat Ied. Beneran sholat, bukan cuma tiduran di sajadah seperti bayi, hihi. Meski awalnya Aisyah sempat merengek minta susu Ultra. Padahal saya gak bawa susu, karena jarak antara masjid dan rumah dekat dan sholat Ied juga berlangsung gak terlalu lama. Bingung deh saat itu. Langsung mikir cara supaya Aisyah tetap tenang selama sholat. Alhasil saya memperlakukannya seperti bayi. Karena memang Aisyah suka sekali jadi bayi, haha. Trik itu cukup berhasil dan membuatnya ikut sholat Ied dengan cukup tenang tanpa merengek. Barulah setelah salam, dia mulai merengek lagi minta pulang. Lagi-lagi trik yang sama, saya memperlakukannya seperti bayi.

Kalau dibanding dulu saat Aisyah masih bayi, memang lebih mudah mengontrol Aisyah sekarang. Dia sudah paham omongan orang, jadi bisa dibilangin. Meski harus berulang kali tapi seenggaknya bisa diomongin baik-baik. Kebayang deh, dulu waktu Aisyah masih umur tujuh bulan, mau pergi sholat Ied kayak orang mau pergi safar dua hari, haha. Banyak banget barang bawaannya, mulai dari bawa bantal, sajadah buat sendiri, alas tidur buat Aisyah, mainan dan juga bawa gendongan. Memang kalau bawa toddler itu lebih mudah, karena gak banyak barang bawaannya, cuma lebih repot untuk mengatasi moodnya. Kalau bayi disumpel susu aja udah diem, kalau toddler? Nyusu udah gak mempan, harus ngikutin maunya apa. Iya kalau maunya gampang diturutin, kalau enggak ya kelar hidup lo, haha.

Dan memang ya, bawa anak ke masjid itu tantangan luar biasa. Karena anak kecil identik bikin keributan, jadi sebagai ibu harus pintar mengatasi anak yang ribut. Saya berulang kali harus stres karena melihat Aisyah lari-lari dan teriak di dalam masjid saat mengikuti kajian bulan Ramadhan yang lalu. Padahal ya, di rumah udah dibilangin berulang kali kalau di dalam masjid gak boleh teriak atau pun lari-lari. Dan setiap kali saya tanya, apa yang gak boleh dia lakukan di masjid, dia bisa jawab dengan lengkap. Tapi ya gitu, teori doang, prakteknya mah apa deh. Lupa semua kalau lihat temannya pada lari-lari. Tapi ya namanya juga anak-anak. Harus bersabar tapi bukan lantas dibiarkan, tetap harus diomongin baik-baik. Memang gak langsung ngefek saat itu juga perkataan dari orang tua tapi kelak makin dia besar seenggaknya dia akan paham.

Sebagai orang Islam memang mengenalkan anak ke masjid itu penting. Supaya kelak mereka menjadi orang yang ikut serta memakmurkan masjid. Apalagi kalau anak laki-laki. Jadi selain diajak ke masjid anak juga diajarkan cara sholat. Memang sih awal-awal gerakan sholatnya masih kacau. Tapi gak masalah sih, pokoknya miriplah, hihi. Aisyah juga saya biasakan untuk ikut saya sholat meski kadang masih sering kabur. Tapi seenggaknya sholat Ied waktu lalu dia bisa diam. Sayangnya nih saya belum menemukan mukena yang pas untuk Aisyah. Karena umurnya terlalu kecil, biasanya mukena untuk umur lima tahunan. Aisyah memang sempat meminta mukena seperti yang saya gunakan di rumah. Siapa tahu dengan pakai mukena bisa sholat tanpa harus kabur, hihi.

Selain mukena saya sebenarnya juga ingin beli sajadah. Kebanyakan sajadah yang saya miliki memang pemberian, bukan murni beli sendiri, hihi. Apalagi pas lagi lihat-lihat sajadah di Tokopedia kok ada sajadah bulu yang gak terlalu banyak motifnya. Jadi hanya embos dan juga gambar ka'bah atau gambar lainnya tapi gak rame seperti kebanyakan sajadah.

Sajadah bulu murah
Salah satu sajadah bulu murah yang ingin saya beli.


Berhubung saya emak ngirit tentu aja cari di Tokopedia dengan menafaatkan fitur "urutkan" dari harga termurah, haha. Jadi langsung terlihat barang paling murah di sana. Tinggal pilih yang diinginkan. Tentunya belanja online kayak gini lebih menghemat waktu dari pada harus muterin pasar Ampel untuk nyari sajadah, belum lagi bandingin harga sajadah lebaran ini. Dan kalau pengen sekalian beli tasbih, gampang banget, tinggal cari "tasbih digital" karena memang yang jual tasbih digital online di Tokopedia banyak banget. Kadang malah kita bisa belanja sekalian di seller yang sama, jadi hemat ongkir loh.

Memang ya, jaman digital gini, ngabisin duit jadi makin gampanglah tapi nyari duit juga makin gampang sih, hihi.

Eh, kalau kamu beli perlengkapan ibadah lebih suka di tokonya langsung apa beli online?
Read more>>

Jun 20, 2017

Nikmati Voucher Cashback Hanya Di Promo Samsung Ramadhan

Di bulan suci ini PT. Samsung Electronic Indonesia akan bagi-bagi berkah dengan adanya promo Samsung Ramadhan 2017. Salah satu promo yang sedang ditawarkan adalah voucher cashback. Nikmati berbagai macam promo dari Samsung yang hadir di bulan Ramadhan ini. Salah satunya adalah adanya promo electronic city voucher (promo voucher cashback) dengan keuntungan yang melimpah.


Dengan adanya promo electronic city voucher, kamu bisa mendapatkan cashback sebesar Rp 500.000,- dengan membeli beberapa prodak Samsung yang sudah ditentukan. Promo ini terbagi menjadi empat periode penukaran, yaitu tanggal 26-28 Mei, 2-4 Juni, 9-11 Juni dan 16-18 Juni 2017. Segera datangi Elektronic City di area Jabodetabek karna promo voucher cashback ini hanya tinggal tersisa beberapa hari lagi.

Dapatkan cash back hingga harga Rp 500.000,- untuk jenis prodak mesin cuci ADW Black Series, Combo Drier, Front Load dan Active Dual Wash. Ada pula prodak AC Deluxe Inverter dan Standart Inverter. Serta yang terakhir ada prodak kulkas jenis Side By Side, Kulkas Twin Cooling dan Top Mounted Freezer. Kamu juga dapat menemukan prodak home appliance Samsung di situs blanja.com dan temukan kemudahan berbelanja tanpa takut untuk tertipu.

Segera datangi Elektronic City di area Jabodetabek yang menjual prodak Samsung agar mendapatkan promo Ramadhan ini. Jika kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh pihak Samsung, maka kamu berhak mendapatkan voucher cashback harga sebesar Rp 500.000,-

Promo voucher cashback ini hanya berlaku untuk penjualan area Jabodetabek saja, namun pastikan juga kamu membeli prodak-prodak asli dari Samsung hanya di Blanja.com. Situs ini merupakan situs belanja online yang menawarkan kemudahan belanja dan rasa aman kepada konsumennya yang setia dengan prodak Samsung.

Ayo tunggu apa lagi! Beli barangnya dan dapatkan potongan harga hanya di promo Samsung Ramadhan 2017. Pastikan kamu menikmati hari kemenangan dengan menggunakan prodak-prodak dari Samsung yang sudah terjamin keasliannya. Samsung, mudah belinya bagus kualitasnya.
Read more>>

Jun 19, 2017

Dapatkan Potongan Harga dari Samsung dengan Nama Kamu

Salah satu perusahaan elektronik terbesar di dunia, Samsung sedang mengadakan promo Samsung Ramadhan 2017 di bulan suci ini. Salah satu promonya yang paling banyak menyedot perhatian public adalah promo berkah nama.


Setiap nama pasti memiliki arti dan tujuan yang baik. Maka kini adalah saat yang tepat untuk membuktikannya. Nikmati berbagai macam promo dari Samsung yang hadir di bulan Ramadhan ini. Salah satunya adalah adanya promo berkah nama dengan keuntungan yang melimpah.

Untuk kamu yang memiliki nama Ramadhan, Suci, Raya, Selamet/Selamat, Hari, Fitri/Fhitri siap-siap untuk mendapatkan kejutan berlimpah dari Samsung. Karena pemilik nama-nama yang sudah disebutkan di atas berhak mendapakan potongan harga daru beberapa prodak Samsung. Promo berkah nama ini akan berlangsung mulai tanggal 16-18 Juni 2017 untuk pembelian prodak-prodak Samsung yang sudah terpilih. Kamu hanya perlu menunjukan foto kopy kartu identitas dan kartu identitas yang asli kepada petugas toko yang menjual prodak-prodak Samsung.

Dapatkan potongan harga hingga Rp 500.000,- untuk jenis prodak mesin cuci ADW Black Series, Combo Drier, Active Dual Wash, dan Front Load. Ada pula prodak AC Deluxe Inverter dan Standart Inverter. Serta yang terakhir ada prodak kulkas jenis Side By Side dan Top Mounted Freezer. Kamu juga dapat menemukan prodak home appliance Samsung di situs blanja.com dan temukan kemudahan berbelanja tanpa takut untuk tertipu.

Segera daftarkan namu kamu ke toko-toko elektronik terdekat yang menjual prodak Samsung agar mendapatkan promo Ramadhan. Jika kamu sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang ditentukan oleh pihak Samsung, maka kamu berhak mendapatkan potongan harga hingga Rp 500.000,- Pastikan kamu membeli prodak-prodak asli dari Samsung hanya di Blanja.com. Situs ini merupakan situs belanja online yang menawarkan kemudahan belanja dan rasa aman kepada konsumennya yang setia dengan prodak Samsung.

Ayo tunggu apa lagi! Beli barangnya dan dapatkan potongan harga hanya di promo Samsung Ramadhan 2017. Pastikan kamu menikmati hari kemenangan dengan menggunakan prodak-prodak dari Samsung yang sudah terjamin keasliannya. Samsung, mudah belinya bagus kualitasnya.
Read more>>

Jun 13, 2017

Unfriend Lagi

Entah kenapa ya saya kok males berteman dengan suami di Facebook. Beberapa kali memang suami saya unfriend, haha. Alasannya karena ngambek. Tapi kali ini ngambeknya bukan sama suami. Saya kesel sama teman suami yang nrimbung di obrolan saya di status suami. Komennya sih biasa aja tapi saya sebel aja ada yang nrimbung. Alhasil saya hapus komen saya di status suami dan juga saya unfriend suami, wakaka. Kadang meski sebelahan saya suka iseng komen di status suami. Sekedar biar Facebook saya terlihat aktif, bukan sekedar posting link dari blog aja. Soalnya bisa dianggap spam seperti akun FB kakak saya.

Biarlah gak temenan di FB, toh juga FB saya hanya berteman dengan perempuan dan kalau ada laki-laki itu sudah pasti adik dan kakak saya.

Dan semoga ini yang terakhir nge-unfriend suami, kedepannya gak mau temenan di FB lagi. Sebel, haha. Ibu hamil lagi baper karena laper LoL.
Read more>>

Jun 11, 2017

5 AC Daikin Terbaru 2017 Yang Memiliki Spesifikasi Tangguh Dan Menarik

AC Daikin terbaru 2017 memiliki banyak sekali jenis yang bisa anda pilih sesuka hati. Dari waktu ke waktu, Daikin memang gencar mengembangkan produk pendingin ruangannya agar lebih baik lagi dan tidak kalah dari merk lainnya. Sejauh ini aneka produk AC Daikin selalu mendapatkan apresiasi positif dari para konsumennya. Hal ini tentunya tidak lepas dari baiknya pelayanan yang diberikan.


Sedangkan untuk Harga AC Daikin sendiri, semua itu tergantung dari spesifikasi yang diusungnya. Semakin baik dan komplit fitur yang dibawa, maka harganya juga semakin mahal. AC Daikin juga dikenal mempunyai beberapa keunggulan dibandingkan merk yang lain.

Meskipun dijual dengan harga yang cukup mahal, namun AC Daikin terkenal sangat hemat listrik dan kuat komponennya .Selain itu, AC Daikin juga menawarkan kelebihan lain seperti suhu dingin yang pas, suara halus, spare part yang terjamin, dan barangnya pun terkenal awet. Jadi tak heran apabila banyak orang yang memilih AC Daikin.

Berikut ini akan saya ulas sedikit mengenai AC Daikin terbaru pada tahun 2017 yang bisa anda pilih sebagai pendingin ruangan. Mau tau apa saja itu? simak ulasannya berikut ini:

1. AC Daikin FT35HEV1

AC Daikin seri FT35HEV1 merupakan peoduk AC besutan Daikin yang dibanderol seharga Rp. 3.900.000. AC Daikin ini menawarkan segudang fitur komplit kepada para pelanggannya. Seperti Night Set Mode, Powerful Operation, dan Mould-Prood Operation.

Spesifikasi lengkap Daikin seri FT35HEV1: Powerful Operation,Night Set Mode, Wide-Angle Louvers, Mould-Prood Operation, 1,5 pk.

2. AC Daikin FTE35KV14

AC Daikin seri FTE35KV14 merupakan produk AC yang saat ini dibanderol dengan harga Rp. 4.350.000. AC yang mempunyai harga jual cukup fantastis ini, mampu mendinginkan seluruh ruangan dengan sangat cepat berkat fitur Powerful Operation.

Spesifikasi lengkap : Powerful Operation, Standard Series, 3350 Watt, 1,5 pk 11450 btu/h.

3. AC Daikin FTK20KVM

Untuk anda yang saat ini sedang mencari AC 3/4 pk dari Daikin, maka AC Daikin seri FTK20KVM bisa menjadi pilihan tepat bagi anda. AC yang dibanderol dengan harga Rp. 4.450.000 ini, sudah dibekali dengan deretan fitur menarik. Diantaranya adalah Indoor Unit Quit Operation, Comfort Airflow Mode, dan Standby Saving.

Spesifikasi lengkap: Power-Airflow Flap,Standby Saving,Indoor Unit Quiet Operation, 3/4 pk, Comfort Airflow Mode.

4. AC Daikin FTKD25

AC Daikin seri FTKD25 nampaknya memang ditujukan bagi kalangan menengah ke atas. Hal ini bisa kita lihat dari harga yang dibanderol yakni sebesar Rp 4.700.000. Harga tersebut pastinya sebanding dengan spesifikasi AC yang akan anda dapatkan. Sudah pasti berkualitas dan mampu memenuhi kebutuhan anda sehari-hari.

Spesifikasi lengkap: Econo Mode, Comfort Airflow Mode, Mould-Proof Operation, 1 pk, Intelligent Eye

5. AC Daikin FT35HV14

Rekomendasi AC Daikin yang terakhir jatuh pada seri FT35HV14. AC Daikin yang satu ini dibanderol dengan harga Rp. 5.300.000. Harganya memang terbilang cukup tinggi dan sedikit menguras isi kantong anda. Namun tunggu dulu, AC Daikin ini sudah dibekali teknologi Powerful Operation sehingga ia mampu menyejukan seluruh ruangan anda dengan waktu yang cepat.

Belum lagi fitur pendukung lainnya yang membuat AC Daikin ini lebih menarik. Fitur tersebut seperti Titanium Apatite Photocatalytic Air-Purifying Filter dan Power-Airflow Dual Flap.

Spesifikasi lengkap: Powerful Operation,Power-Airflow Dual Flap, 1/5 pk, Titanium Apatite Photocatalytic Air-Purifying Filter.

Itu tadi sedikit ulasan tentang 5 AC Daikin terbaru yang bisa anda pilih. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda yang saat ini sedang mencari AC Daikin untuk rumahnya. Silahkan sesuaikan pilihan anda dengan budget yang anda miliki. Semua pilihan AC Daikin di atas pastinya sudah berkualitas dan terbukti awet. Jadi and tidak perlu khawatir apabila AC ini akan rusak dan tidak bekerja dengan maksimal.

Untuk tanya-tanya lebih detil mengenai AC Daikin, bisa menghubungi cmsmaintenance.co.id. Merupakan dealer resmi AC Daikin untuk wilyaha Jakarta dan sekitarnya. Dapatkan harga grosir untuk pembelian lebih dari satu unit.
Read more>>

May 31, 2017

Cemilan Favorit Saat Buka Puasa

Gak kerasa ya, sekarng sudah memasuki hari ke lima Ramadhan. Udah ada yang bolong puasa belum? Hihi. Emang ya kalau pa puasa itu sering kepikiran makanan ini itu. Maklumlah kan orang lagi laper jadi kepengen makan ini itu. Padahal sih pas buka nanti makan sedikit udah cukup loh. Saya sendiri merasakan seperti itu dulu. Beli makanan ini itu, eh tahunya yang kemakan cuma beberapa. Sisanya perut udah gak kuat lagi untuk menampung semua makanan yang kita beli.



Selain mikirin makanan berat, biasanya kalau puasa saya lebih suka cemilan ketimbang makanan berat. Justru nih cemilannya ini yang biasanya lebih banyak kemakan dari pada makanan berat. Karena emang cemilan gak terlalu kerasa mengenyangkan jadi maju terus sampai cemilan habis, haha.

Kalau masalah cemilan saya memang lebih suka cemilan yang rasanya asin. Karena memang cemilan rasa asin ini gak cepet bikin bosen. Beda dengan cemilan manis yang mudah bikin eneg. Meski gitu saya juga tetep suka makan cemilan manis. Seperti kukis yang biasa dijual di di supermarket. Atau malahan kukis buatan rumah seperti kue putri salju. Dulu saya gak gitu suka dengan kue putri salju. Karena memang rasanya gitu aja. Tapi terakhir kali dikirimin kue putri salju, entah kenapa rasanya itu kue putri salju paling enak. Mungkin karena lama banget gak pernah makan kue putri salju, jadi kok pas makan rasanya bisa enak. Dan lagi saat itu gak ada cemilan lain selain itu, jadi enak, haha.

Nah kalau cemilan asin yang lagi saya suka banget sekarang ini adalah emping pedas. Memang sih cemilan ini rasanya asin, pedas dan ada manisnya. Tapi entah kenapa doyan banget. Beli satu bungkus bisa habis sendiri, hihi. Sayangnya cemilan ini memang tergolong sedikit mahal. Meski gak mahal-mahal banget sih masih bisa dijangkau. Dan ngerinya kalau kebanyakan makan emping pedas bisa bikin asam urat, hihi. Jadi perlu hati-hati untuk ngerem saat nyemil ini.

Selain cemilan-cemilan yang udah dikemas itu, saya juga sering membuat cemilan sendiri. Contohnya nih bikin pisang krispi, tape krispi, atau bikin tahu aci buat. Kalau tahu aci sih memang cemilan berat ya, hihi. Jadi gak bisa dimakan pas perut sudah kenyang.

Kalau kalian suka makan cemilan apa pas buka puasa? Share yuk.

Read more>>

May 19, 2017

Sakit Maag Tetap Puasa


Punya riwayat sakit maag memang membuat saya harus makan teratur. Gak perlu banyak yang penting waktunya gak kacau. Dulu sewaktu suami masih mengerjakan skripsi, saya memang jadi ikutan sering mangkir makan. Bukan karena ikutan ngerjain skripsi juga. Tapi ngebantu menyelesaikan pekerjaan suami yang gak mungkin dihandle oleh suami yang juga lagi skripsi. Apalagi suami pergi pagi dan pulang malam. Saya semakin lupa untuk makan. Hingga beberapa kali harus sakit maag yang cukup mengganggu. Saya memang jarang mengkonsumsi obat maag. Entahlah saya merasa kurang butuh obat maag. Toh, ketika maag melanda lebih baik mengkonsumsi makanan berbahan dasat gandum seperti biskuit oat meal atau bubur oatmeal. Bagi saya itu lebih enak dari pada harus makan obat maag.

Dulu memang pernah saya ingin sekali makan oatmeal, meski saat itu sedang gak sakit maag. Ternyata menemukan tempat yang jual oatmeal gak terlalu sulit. Di minimarket dekat rumah banyak yang jual oatmeal, mulai dari yang instan sampai yang non instan. Memang memakan olahan oatmeal ini gak bisa hanya begitu saja. Memang kurang nikmat. Seenggaknya tambahkan susu, madu atau potongan buah. Sehingga rasa bubu oatmeal jadi bervariasi.

Oatmeal juga lebih mengenyangkan. Jangan coba-coba untuk membuat banyak bubur oatmeal jika belum terbiasa. Bisa-bisa gak habis loh. Saya biasanya hanya membuat dua sendok makan oatmeal. Itu pun sering gak habis. Karena memang oatmeal lebih mengenyangkan ketimbang bubur nasi.

Ngomong-ngomong tentang sakit maag, sebentar lagi ini kan memang bulan puasa. Biasanya maag saya justru gak pernah kambuh. Padahal hanya makan di dua waktu, yaitu buka dan sahur. Tapi itulah hikmah puasa, justru orang yang sakit maag gak kambuh maag. Saya juga gak pernah mengkonsumsi obat maag saat puasa. Karena buat saya itu gak perlu. Tanpa obat maag saya tetap gak kena sakit maag kok. Gak tahu lagi kalau yang sakit maagnya akut. Tapi ada teman ibu saya yang punya maag kronis. Dia bilang kalau tiap kali berpuasa sakit maagnya tak pernah kambuh. Justru dia merasa lambungnya lebih sehat saat puasa.

Tapi tentu saja meski maag gak kambuh saat puasa, harus tetep jaga makan. Saat berbuka hindari teh, kopi atau minuman lainnya yang bisa memicu asam lambung. Saya pernah nih minum es cendol buatan ibu saat buka puasa. Mungkin karena minumnya berlebihan juga sih ya. Setelah berbuka saya malahan muntah-muntah, hihi. Sejak saat itu saya gak berani minum teh, kopi atau santan saat berbuka. Takut aja sih.

Kalau kamu yang punya sakit maag gemana? Ngerasa juga gak sih kalau puasa itu malahan gak bikin sakit maag?
Read more>>

Apr 27, 2017

Teman Parasit

Lama banget rasanya gak ngeblog. Maklum ceritanya udah pindah rumah. Yup meski masih pake fasilitas dari orang tua suami, seenggaknya kan bisa tinggal sendiri dan punya privasi. Kira-kira sudah seminggu ini kami tinggal sendiri. Rasanya tentu saja menyenangkan karena bisa pake baju apa aja, hihi.

Aisyah juga punya tempat sendiri untuk main. Meski memang di rumah dia gak punya teman yang seumuran. Tapi seenggaknya itu membuat Aisyah jadi lebih dekat dengan kami. Repotnya sih ketika kami sedang sibuk dengan urusan masing-masing Aisyah terpaksa harus main sendiri.

Oiya ada cerita juga nih tentang teman-teman yang sempat mengajak main Aisyah. Jadi ceritanya saat ada tamu ke rumah, mainan Aisyah berantakan bukan main. Nah ada beberapa anak yang melihat dari luar mainan Aisyah itu. Mereka sekitar umur tujuh hingga sepuluh tahun. Mendadak anak-anak itu mengajak Aisyah bermain setelah tamu pulang. Saya merasa kurang sreg Aisyah main dengan teman yang umurnya terlalu jauh. Karena saya takut Aisyah dimanfaatkan. Apalagi mereka tahu kalau Aisyah punya mainan bagus. Karena saya merasa curiga, saya biarkan Aisyah bermain dengan anak-anak itu tanpa meminjam satu pun mainan Aisyah. Toh juga Aisyah suka berlari-lari dengan temannya. Saya juga ingatkan kalau mainanya gak boleh dikeluarkan dari rumah. Alhamdulillah Aisyah mengerti. Saat ada satu anak yang memprovokasi Aisyah untuk mengeluarkan mainannya, dengan tegas Aisyah menolak. Setelah penolakan itu, mereka gak pernah lagi datang mengahampiri Aisyah.

Saya merasa bersyukur karena Aisyah dijauhkan dari teman-teman yang hanya ingin memanfaatkannya. Harusnya jika memang mereka ingin bermain dengan Aisyah, meski gak dengan mainannya mereka harusnya tetap bermain dengan Aisyah. Nyatanya, mereka hanya ingin bermain dengan mainannya Aisyah. Dan tentu saya sangat gak suka dengan hal itu. Bukan pelit sih. Tapi saya gak rela kalau Aisyah dimanfaatin. Maklum dong sebagai seorang ibu saya kan ingin melindungi anaknya dari orang-orang yang gak baik. Apalagi sebagai orang yang mengerti macam-macam jenisnya teman, saya semakin waspada dengan teman yang cuma jadi parasit.

Memang yang namanya memilih teman itu penting sekali. Kalau salah pilih teman ya takutnya terbawa jadi gak baik. Itulah kenapa saya memperhatikan gerak gerik teman-teman Aisyah. Saya juga membatasi Aisyah untuk gak bermain dengan lawan jenis. Ngeri sendiri sih karena anak seumur Aisyah terkadang udah ngerti yang aneh-aneh gitu. Takut aja kenapa-kenapa.

Semoga saja Aisyah juga bisa paham, kenapa umminya ini sangat protektif dan selektif dalam memilihkan dia teman. Semoga kelak Aisyah di kelilingi orang-orang yang baik.

Read more>>

Apr 16, 2017

Salah Presepsi

Kadang orang berfikir, kalau orang yang kerja kantoran, hidup bisa tercukupi. Ya liat-liat dulu, kerja kantoran gaji berapa? Dan berapa pengeluarannya tiap bulan? Memang saya melarang suami untuk kerja kantoran. Toh suami juga memang gak minat kerja kantoran karena waktunya gak fleksible untuk ibadah. Belum lagi kalau harus campur baur dengan lawan jenis. Bisa-bisa saya cemburu terus, haha.

Di Indonesia freelancer memang gak dianggap sebagai pekerjaan yang menjanjikan. Apalagi di mata para orang kolot. Yakin deh bakalan dikira pengangguran kalau kamu bilang kerjaan kamu freelancer. Jarang banget orang kolot yang bisa paham mengenai pekerjaan ini. Saya sih beruntung karena punya orang tua yang paham kalau pekerjaan freelancer justru juga menjanjikan dari pada kerja kantoran. Malah bisa dapat lebih banyak. Ya memang sih gak bisa stabil pendapatannya seperti orang yang kerja kantoran. Tapi ada kalanya pendapatan tiap bulan berlipat-lipat dari orang yang kerja kantoran. Bukannya hidup memang seperti roller coaster kan?

Kadang saya sedih, ketika diremehkan bahkan orang orang dekat karena pekerjaan suami ini. Kalau dihitung-hitung, pendapatan suami ini memang cukup besar. Lebih besar dari gaji pegawai kantoran fresh graduate S1 di Surabaya. Sayangnya, pengeluaran juga besar, jadi ada kalanya kami harus sangat-sangat berhemat.

Tapi biarlah, saya gak mau pusing-pusing dengan sagala macam perkataan orang. Itu hak mereka berbicara dan saya juga punya hak mengacuhkan mereka.
Read more>>

Apr 13, 2017

Perhatikan Hal Ini Sebelum Kamu Jual Iphone 5s

Apakah anda memiliki rencana untuk menjual iPhone 5s? Apakah ada smartphone baru yang menggantikan produk iPhone anda? Jika anda mau jual iPhone 5s milik anda, sebaiknya perhatikan aspek-aspek yang harus diperhatikan sebelum anda menjual iPhone tersebut. Apa saja aspek-aspek yang perlu diperhatikan? Yuk mari kita bahas!


Cadangkan Data dengan iTunes atau iCloud

Back-up file adalah hal terpenting yang harus anda lakukan sebelum anda menjual iPhone 5s kepunyaan anda. Anda bisa mencadangkan file dengan iTunes atau iCloud. Setelah selesai, maka transfer data tersebut ke smartphone terbaru anda. Anda tidak ingin data pribadi disalahgunakan oleh orang lain, kan?

Hapus Data dan Settingan pada iPhone

Selain dicadangkan, data di iPhone lama yang anda miliki juga harus dihapus untuk mencegah perbuatan tidak bertanggungjawab yang mungkin saja bisa dilakukan oleh konsumen yang membeli iPhone anda tersebut. Cara menghapusnya sangat mudah, anda tinggal menuju ke Settings – General – Reset – Erase All Content and Settings. Hal ini akan menghapus semua data di perangkat iPhone anda serta mematikan iCloud, iMessage FaceTime. dan Game Center.

Sign out dari iTunes atau Playstore

Jika anda ingin sign out dari iTunes atau Playstore, maka anda tinggal menuju ke pengaturan – iTunes App Store, tekan pada ID Apple anda dan kemudian menekan tombol 'Sign Out' dari menu pop-up.

Reset iPhone

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan ketika mereset iPhone, pastikan data iPhone anda telah dicadangkan. Untuk menghapus semua konten pada iPhone anda, anda bisa menuju ke pengaturan > Umum > Reset > menghapus semua konten dan setelan.

Jika anda telah melakukan hal-hal diatas, hal terakhir yang juga perlu Anda lakukan adalah cek harga jual iPhone 5s terbaru yang ada dipasaran saat ini. Dengan begitu, Anda bisa mengira-ngira harga yang bisa Anda berikan sehingga tidak salah pasang harga saat menjual iPhone 5s Anda.

Untuk mengganti iPhone 5s yang telah dijual, Anda bisa membeli iPhone 6 di MatahariMall.com, jangan lupa manfaatkan pembayaran dengan cicilan yang ditawarkan online shop yang terlengkap ini.
Read more>>

Apr 5, 2017

Kapan Pindah?


Setelah rumah selesai direnovasi sekarang pertanyaannya adalah kapan pindah. Entahlah kapan bisa pindah, haha. Sebenernya sih kepengen segera pindah. Kalau bisa sebelum bulan Ramadhan udah ada di sana. Tapi apa daya, banyak tanggungan, budget buat pindahan kepake terus. Gemes juga sih padahal kan pindah jarak deket aja. Cuma ya gitu harus bikin selametan dan ongkos sewa mobil. Pengennya sih gak pake selametan dulu, pokoknya pindah. Tapi karena adatnya di mana-mana juga begitu ya gak punya pilihan lagi. Harus bersabar dulu sampai waktunya nanti.

Tempat yang akan ditinggali nanti sih bukan perumahan, hanya pemukiman biasa. Tapi tempatnya cukup nyaman, gangnya juga lumayan lebar. Dan yang paling penting dekat pasar. Di sekitar Surabaya yang saya tempati gak begitu banyak perumahan. Ada sih perumahan Amira Graha tapi harganya mahal-mahal. Memang sih perumahannya bagus dan tipe rumahnya besar-besar.

Bisnis perumahan memang menggiurkan tapi ya gitu modalnya juga besar. Mertua saya sendiri memiliki beberapa rumah yang memang untuk dikontrakan atau dikoskan. Tapi yang satu memang sudah akan ditempati saya. Memang punya banyak rumah itu sangat menguntungkan. Ya gitu ngumpulinnya dari dulu juga sulit. Kepengennya sih mengikuti jejak mertua yang berinvestasi di bidang properti gini. Tapi ya abaikan dulu, hidup masih morat marit kayak begini, wakakaka.

Kembali ke soal akan pindah, ternyata kami masih belum punya beberapa hal penting untuk tinggal di rumah sendiri. Kami belum punya tabung gas dan segala macam pritilannya. Galon air juga belum beli. Jemuran juga gak punya. Maklum selama ini kan pake jemurannya mertua, haha. Nah kalau udah gini harus didahulukan dulu yang penting yaitu beli tabung gas. Konyolkan kalau punya kompor tapi kok malah gak ada gasnya, emang bisa masak? Haha.

Niatnya beli tabung gas yang 3kg aja. Karena memang harga tabungnya murah dan harga refilnya juga terjangkau. Biarinlah meski ada tulisan "hanya untuk rakyat miskin", saya emang gak kaya raya kok. Tapi ya gak miskin juga sih, err. Sakit hati juga sih pas tahu ternyata tabung gas LPG 3kg itu ada tulisan seperti itu (entah sekarang masih ada apa gak tulisan itu di tabung LPG 3kg). Memangnya kriteria orang yang gak miskin itu seperti apa sih? Ah sudahlah kok ini malahan baper, wakaka.

Saya sih sangat berharap agar bulan ini bisa pindah. Karena memang rumahnya sudah dibersihkan dan siap untuk ditempati. Meski saya nanti harus nyuci pake tangan karena belum punya mesin cuci. Tapi itu bukan masalah sih, insyaAlloh lebih baik seperti itu dulu untuk sementara.
Read more>>

Apr 1, 2017

Sudah Jatuh Ketimpa Tangga, Ketimpa Genteng Pula

Hari ini ada kabar yang cukup mengagetkan dari saudara suami. Adik dari mbahnya suami meninggal pagi tadi. Memang sih sudah sepuh sekali sang nenek. Suami yang tadinya berniat ikut kelas bahasa Arab akhirnya ijin dulu karena harus ikut mengantar ke kuburan. Saya pun ikutan dong karena semua keluarga juga datang. Memang rumahnya juga gak terlalu jauh. Cukup dengan sepuluh menih perjalanan dengan motor sudah sampai.

Pemukiman di sana memang sangat padat, gangnya kecil sekali sehingga sulit untuk dilewati oleh sepeda motor. Karena memang harga tanah di sana mahal. Cukup logis kenapa harga tanah di sana mahal. Salah satu sebabnya karena dekat dengan tempat wisata religi Ampel.

Saat kami sampai, ternyata mayit sedang dimandikan. Jadi kami hanya menunggu saja di rumah salah satu saudara di sana sambil berbincang-bincang. Tak lama setelah selesai dimandikan suami ikut menyolati dan mengantar ke kuburan.

Memang gak banyak yang saya lakukan di sana. Hanya duduk, ngobrol dan makan. Konyol sekali memang. Padahal sang tuan rumah sedang tertima musibah tapi masih saja harus memasak untuk tamu yang datang, belum lagi nanti malam ada tahlilan yang cukup menguras banyak uang untuk menyediakan makanan. Saya juga rasanya kurang nyaman ketika dihidangkan makanan dari tuan rumah. Tapi gak punya pilihan karena rasa lapar yang tak tertahankan. Maklum lagi hamil, kalau gak makan siang bisa pusing, haha.

Sebelum makan saya sempat melihat sang cucu yang merawat sang nenek sejak lama menangis, menceritakan bahwa dia gak punya banyak uang untuk bisa mentahlilkan sang nenek. Saya pun gak bisa banyak bantu karena kondisi keuangan juga menipis. Tapi karena memang sudah adatnya harus bikin tahlilan dan ini itu, mereka gak bisa mengelak. Ada gak ada uang, pokoknya tahlilan seadanya. Padahal sunnahnya kalau ada tetangga atau kerabat yang meninggal kerabat atau tetanggalah yang memasakkan secara bergilir. Tapi karena sudah ada adat begini maka percuma masakin orang yang ditimpa musibah. Gak akan kemakan karena mereka udah masak sendiri. Jadi alternatifnya adalah memberikan bahan mentahnya saja. Jadi bisa buat tambah-tambah bahan masakan mereka.

Padahal orang yang berduka itu sudah sangat sedih. Memikirkan biaya pemakaman saja cukup bikin cenat cenut. Belum lagi harus belanja ini itu. Kebanyang bagaimana susahnya jika ada saudara meninggal.

Ah sudahlah, rasanya lelah seharian berada di rumah saudara. Rehat dulu.
Read more>>

Mar 31, 2017

4 Tahun Menikah

Alhamdulillah, kemarin tepat 4 tahun pernikahan kami. Gak kerasa banget ternyata sudah banyak hal yang kami lewati dan Aisyah sudah besar juga. InsyaAllah sebentar lagi Aisyah akan punya adik kedua.

Banyak hal yang harus disyukuri di tahun ke empat kami menikah. Senang sekali rasanya melalui banyak hal dengan suami.

Emm, kadang ketika mengingat saat pertama kali bertemu di kamar setelah sah, bikin saya kepengen ngakak sendiri. Banyak hal konyol yang terjadi dan terkadang mengingatnya membuat kami tertawa bersama.

Gak hanya itu pertama kali ditinggal suami ke kampus, saya sendirian di rumah yang masih sangat asing dan gak ada siapa-siapa kecuali saya. Belum pernah saya tinggal di rumah sendirian. Karena pasti ada saudara saya di rumah. Saya selalu merengek agar suami pulang cepat, karena saya gak nyaman dengan rumah kontrakan kami saat itu. Rumah itu memang agak spooky jadi saya selalu merasa gak nyaman. Eh tapi sampai sekarang pun tetep suka merengek ke suami untuk segera pulang, haha. Tapi seenggaknya gak separah dulu sih. Karena sekarang udah ada anak, jadi ada yang direcokin, hihi.

Saya memang merasa sangat ketergantungan dengan suami. Hingga terkadang saya takut sendiri kalau ditinggal mati suami duluan apa saya bisa mandiri? Ah sudahlah gak perllu dipikirin dulu. Jalanin yang ada.

Read more>>

Mar 30, 2017

4 Cemilan Favorit Aisyah


Punya anak kecil memang dituntut untuk kreatif dalam segala hal. Entah itu bikin mainan seru di rumah atau bikin cemilan sehat untuk anak. Kalau masalah mainan Aisyah memang sering saya buatkan mainan dengan bahan dasat tepung terigu. Dibuat menyerupai mainan Play Dough itu loh. Dia seneng banget kalau udah mainan adonan tepung. Tapi ya gitu harus siap rumah berantakan dan penuh dengan adonan tepung. Belum lagi Aisyah suka banget pakai perabotan dapur buat mainan.

Selain sering bikin mainan sendiri. Saya juga biasanya bikin cemilan yang kira-kira Aisyah doyan. Cemilan yang gampang-gampang aja sih. Seperti bikin singkong rebus, roti isi, jelly atau kadang buah. Aisyah memang tergolong anak yang gak susah makan jadi mudah kalau dikasih cemilan. Cuma ya gitu kadang kalau terlalu sering diberikan cemilan yang sama dia mulai bosan, yang ada makanannya makan dimainin.

Seperti ketika dia makan jelly. Karena memang teksturnya yang kenyal bikin Aisyah gemes jadi dia sering bejek-bejek jelly. Dan itu membuat saya males untuk buatin jelly lagi, hihi. Mendingan juga bikin makanan lain ajalah yang sekiranya gak bisa dimainin. Meski tetep aja sih selalu ada potensi makanan dimainan sama Aisyah.

Kalau lagi gak sempet bikin cemilan sendiri saya juga sering beli cemilan yang udah jadi aja di toko terdekat. Ini beberapa cemilan yang biasa saya beli untuk Aisyah.

Wafer

Makanan yang paling sering jadi cemilannya Aisyah ini adalah wafer. Karena rasanya yang manis ini memang bikin Aisyah suka makan wafer. Tapi tentu saja wafer yang saya berikan bukan yang abal-abal. Karena khawatir aja kalau ada pemanis buatannya atau bahan lainnya yang kurang baik untuk Aisyah.

Stik Coklat

Cemilan yang satu ini memang sedang disukai Aisyah. Karena memang saya belum bisa bikin sendiri jadi memang beli. Stik coklat ini sebenernya cuma biskuit bentuk stik yang kemudian dicelupkan di coklat hingga hampir memenuhi bagian stiknya. Rasanya memang enak sih. Gak heranlah kalau Aisyah doyan.

Kripik Pisang

Aisyah memang suka sekali makan kripik, mungkin memang kayak ummi dan abinya, haha. Kalau beli kripik ini bisanya yang kiloan di tempat snack kiloan. Sekalian juga buat cemilan serumah jadi lumayan hemat, hihi.

Kerupuk Ikan Tengiri

Beberapa waktu lalu saya sempat membeli kerupuk ikan tengiri untuk cemilan di rumah. Eh ternyata Aisyah juga doyan, jadi beberapa kali memang beli kerupuk ikan tengiri lagi. Memang rasa gurihnya itu bikin ketagihan.

Kalau kamu biasanya cemilan apa yang biasa dibeli?
Read more>>

Mar 27, 2017

Supaya Kulkas Tetap Awet, Lakukan Cara Perawatan yang Benar Ini!

Sebagai ibu rumah tangga, kesibukan di dapur tentu akan sangat terbantu dengan adanya kulkas atau lemari es. Sebab ada beragam hal yang dapat Anda lakukan dengan lemari es ini, tak hanya sekedar menyimpan bahan makanan yang mudah basi tapi juga bisa untuk membuat es krim dan mendinginkan makanan yang lebih enak dikonsumsi atau disajikan dingin seperti minuman ringan, pudding hingga buah-buahan. Namun tanpa disadari, kesalahan-kesalahan dalam penyimpanan membuat lemari es menjadi cepat rusak atau tidak awet. Oleh karena itu, lakukan cara perawatannya yang benar seperti di bawah ini agar lemari es tetap awet:


1. Hindarkan Menjejali Makanan atau Bahan Makanan ke dalam Lemari Es dengan Brutal

Seperti yang Anda ketahui, lemari es juga memiliki kapasitasnya masing-masing. Jika lemari es kelebihan muatan, tentu akan sangat mempengaruhi kemampuan untuk dapat mendinginkan makanan dan akhirnya justru membuat beberapa bahan makanan seperti susu, daging, atau buah dan sayur jadi cepat rusak. Atur penyimpanan bahan makanan dalam lemari es sedemikian rupa sesuai dengan rak nya masing-masing. Untuk bahan makanan dalam kemasan kaleng yang belum dibuka, bisa tidak disimpan dalam lemari es dulu. Pastikan juga tetap ada sirkulasi udara di dalam lemari es.

2. Hindari Memasukkan Makanan dalam Keadaan Panas

Ada mitos bahwa memasukkan air panas dalam freezer akan membuatnya lebih cepat dingin atau mengeras, padahal faktanya tidak demikian. Justru dengan memasukkan makanan atau minuman yang panas dalam lemari es, membuat beban listrik lemari es jadi bertambah besar sehingga memperlambat proses pendinginan, uap air yang terkandung pada makanan atau minuman tersebut justru akan menyebabkan terjadinya frost di evaporator atau mengkontaminasi makanan yang lainnya.


3. Masuk Lebih Dahulu, Keluar Lebih Dahulu.

Makanan atau minuman apa saja memiliki batas ketahanan atau kadaluarsa. Dengan adanya cara ini, menghindari kerusakan makanan atau terbuang sia-sia. Selain itu, makanan-makanan tertentu ketika sudah memasuki masa kadaluarsa dapat mencemari makanan yang lain. Seperti daging misalnya, sebisa mungkin jangan disimpan di kulkas lebih dari 3 minggu, selain dagingnya menjadi tidak sehat, pertumbuhan bakteri dalam lemari es juga akan meningkat dan membuat makanan lain jadi tercemar.

4. Hindari Buka Tutup Terlalu Sering

Sering di antara kita yang tidak memikirkan terlebih dahulu apa saja yang akan diolah atau dikonsumsi sehingga seringkali membuat kita jadi buka-tutup lemari es terlalu sering. Atau membiarkan lemari es terbuka terlalu lama yang justru akan membuat lemari es bekerja lebih keras untuk mendinginkan kembali karena hawa dingin di dalamnya keluar semua. Selain itu, membuka-tutup lemari es sering-sering membuat listrik jadi boros.

5. Jauhkan Lemari Es dari Dinding dan Sumber Panas

Cara lain agar lemari es tetap awet adalah dengan meletakkannya di tempat yang benar, sebisa mungkin hindarkan lemari es dari sumber panas seperti kompor, microwave dan sinar matahari langsung. Atur peletakan lemari es minimal 15 cm dari dinding agar hawa panas dari lemari es tidak memantul ke lemari es.

6. Bersihkan dengan Benar Secara Berkala

Seperti halnya perabot rumah tangga lainnya, kulkas juga tak boleh luput dari perhatian kita. Bersihkan dengan cara mematikan suhu dan mencabut steker nya lalu biarkan sampai bunga atau kerak es dalam freezer mencair dengan sendirinya. Hindari mencongkel dengan benda-benda tajam, lebih baik dibiarkan meleleh atau siram dengan air hangat. Bersihkan juga rak lemari es dengan lap yang bersih.
Read more>>

Mar 23, 2017

Alhamdulillah Sudah Empat Bulan!


Usia kehamilan saya memang sudah memasuki usia empat bulan. Yang artinya sang jabang bayi sudah mulai ditiupkan nyawa dan sudah mulai kerasa gerakannya. Beberapa kali memang kerasa kalau ada yang berdenyut di perut. Dan meski sudah pernah hamil lima kali (dua kalinya keguguran) saya tetap merasa takjub dengan kehamilan kali ini. Tentunya saya juga sangat berharap sang jabang bayi akan sehat selalu dan diberi umur yang barokah. Mengingat adik Aisyah meninggal diusia yang masih sangat kecil yaitu empat puluh hari, memang membuat saya agak takut. Tapi biarlah, memang sudah takdirnya.

Karena ini sudah hamil yang kesekian kalinya saya gak terlalu repot membeli perlengkapa bayi seperti hamil Aisyah. Malahan saya belum belanja apa pun untuk adik kedua Aisyah. Justru saya sibuk untuk pindah ke rumah baru dan beli perabotan rumah tangga, hehe. Maklumlah, bayinya juga belum ketemu gendernya apa. Jadi saya sih beranggapan kalau adik kedua Aisyah ini perempuan, maka saya gak perlu beli banyak perlengkapan lagi. Cukup belikan beberapa baju bayi baru saja.

Tapi entah kenapa dokter spesialis kandungan sempat nyeletuk kalau adiknya ini mungkin laki-laki. Saya gak tahu juga kenapa. Tapi apa pun itu, perempuan atau laki-laki saya akan sangat bersyukur. Hanya saja kalau memang nanti adiknya laki-laki, saya harus beli baju bayi lagi, hihi. Cuma baju newborn aja yang bisa dipakai untuk bayi laki-laki karena memang warnanya netral.

Buat saya sih gak masalah. Justru saya memang ingin beli sendiri baju bayi. Mungkin karena belum puas. Saat hamil Aisyah kebanyakan bajunya dibelikan oleh mertua. Karena saat itu sedang ada sale di pasar dekat rumah. Memang sih bukan motif baju bayi terbaru, tapi seenggaknya bahannya halus dan layak dipakai. Harganya juga miring banget. Cuma kadang saya ingin beli baju bayi dengan motif lucu-lucu seperti yang pernah saya belikan untuk adik pertamanya Aisyah.

Pengen Punya Box Bayi

Pengen punya box bayi, supaya bisa si kecil gak bosen di kamar terus.

Hal yang belum kesampaian saat punya anak sampai saat ini adalah punya box bayi. Dulu memang karena gak memungkinkan punya box bayi. Maklumlah masih tinggal sama mertua jadi tempat terbatas. Kalau tahun ini insyaAllah kan mau tinggal di rumah sendiri jadi kepengen punya box bayi. Meski sebenarnya ada yang bilang box bayi ini mubazir, karena hanya dipakai sebentar.

Tapi bagi saya mungkin akan berguna biar si kecil bisa tidur di tempat lain selain di kamar orang tuanya. Jadi pengennya saat pagi hari saya akan membersihkan kamar, si kecil bisa tidur di box bayi dan ditempatkan di ruang bermain. Atau kalau lagi bosen, box bayinya dipindah ke ruang depan supaya si kecil juga bisa melihat keluar. Jadi box bayi yang saya inginkan nanti seenggaknya ada rodanya jadi mudah dipindah-pindah.

Merencanakan Kelahiran Si Kecil

Gak seperti hamil pertama, hamil kali ini saya sudah merencanakan untuk melahirkan di rumah sakit. Dua kali melahirkan di bidan saya memang satu kali kecewa dengan salah satu bidan saat melahirkan Aisyah. Bidan yang menangani saya saat itu adalah bidan praktek. Menurut saya mungkin dia kurang profesional dan gak telaten. Saya merasa caranya menangani saya saat itu kasar. Gak hanya itu pasca melahirkan ada placenta yang masih belum dibersihkan dari rahim. Saya jadi agak kapok untuk melahirkan di tempat itu lagi.

Meski saat melahirkan kedua kalinya saya juga melahirkan di bidan. Tapi kali ini bidannya sudah senior dan profesional. Saya merasa lebih nyaman dan pasca melahirkan nifas saya pun gak terlalu banyak gumpalan darah karena memang sudah dibersihkan dengan baik. Tapi saat itu saya melahirkan di Purwokerto di tempat ibu saya. Sedangkan di Surabaya, ibu mertua saya gak punya rekomendasi bidan yang bagus. Ada sih dulu binda yang bagus, tapi orangnya sudah sepuh jadi gak buka praktek lagi.

Alhasil saya dan suami jauh-jauh hari memang sudah merencanakan untuk melahirkan di rumah sakit swasta Surabaya. Dari sekarang juga mulai ngumpulin, supaya pas lahiran nanti sudah siap biaya melahirkannya.

Semoga saja nanti dapat melahirkan normal dengan lancar, aamiin.
Read more>>