Dec 21, 2016

Kangen Masakan Padang


Ngomong-ngomong tentang makanan ada satu makanan yang dulu kalau habis sakit kepengennya makan itu. Apakah itu? Yup, nasi padang. Makanan ini entah mengapa memang selalu membuat keluarga saya kangen. Dan seusai sakit biasanya mendadak ngidam nasi padang, haha. Nasi padang memang berbeda dengan masakan khas Indonesia lainnya. Selain karena banyak rempah, nasi padang ini bisa bikin ngabisin banyak nasi banget. Meski harganya mahal tapi gak membuat saya enggan untuk membelinya. Karena memang sebandinglah dengan rasanya.

Sayangnya sejak di Surabaya saya jarang sekali makan nasi padang. Di dekat rumah sih ada nasi padang. Pernah kami mencoba tapi sayang sekali rasanya sangat mengecewakan. Jadi kami gak pernah lagi beli. Belum lagi ternyata makanan yang kami beli saaat itu hampir mendekati basi. Gak heranlah harganya murah jadi mungkin kualitasnya juga kurang deh.

Biasanya dulu saat hari raya Idul Adha, ibu saya lebih suka membuat daging kurban menjadi olahan rendang. Karena memang masakan padang yang paling kami sukai adalah rendang. Soalnya jenis masakan padang lainya udah sering dibikinin sama ibu. Ternyata membuat rendang sendiri juga gak kalah enak dari beli di rumah makan padang. Awalnya ibu saya membuat bumbu rendang sendiri dengan serundeng yang digiling halus hingga mengeluarkan warna coklat kehitaman. Tapi karena resep rendang model ini kurang praktis jadi gak pernah dipake lagi.

Akhirnya ibu saya lebih suka beli bumbu rendang jadi di pedagang bumbu di pasar yang memang penjualnya itu orang Padang. Lebih praktis gak pake cape harus nguleg juga, hihi. Ada juga sih bumbu rendang instan yang dijual di supermarket, cuma ibu lebih suka bumbu rendang yang dijual oleh pedagang bumbu yang asli padang itu.

Dan ternyata rendang gak hanya dikenal di Indonesia loh. Rendang recipe Indonesian ternyata sudah mendunia. Banyak juga orang yang menyukai makanan rendang ini, bukan hanya orang Indonesia. Gak heranlah rasanya memang enak banget dan unik.

Jadi kepengen makan rendang nih, haha. Sayangnya belum nemu rumah makan padang yang enak di Surabaya. Ada sih di deket kampus suami tapi ya gitu deh, ngeri harganya mahal. Meski judul rumah makanannya "Rumah Makan Sederhana" saya gak yakin harganya murah. Judulnya doang sederhana, padahal sih harganya mahal, haha. Entah deh, kenapa ya rumah makan padang kok sering banget yang judulnya kayak gitu padahal harganya gak sederhana LOL.

Kalau kamu, suka makan rendang juga gak nih?

2 comments:

  1. Di Jepara ada beberapa warung nasi padang. Enak....
    Kalo buat rendang sendiri blm pernah

    ReplyDelete

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^