Jun 27, 2016

Kompor Gas? Pastikan Semua Komponennya Aman!

Kompor gas memang menjadi hal yang tidak pernah lepas dari Anda yang hobi sekali berkreasi dengan makanan. Benda ini menjadi teman Anda setia hari saat harus menyajikan masakan dengan teknik yang berbagai macam. Mulai dari menggoreng, mengukus dan merebus, Anda tak akan pernah bisa melakukan aktivitas ini tanpa adanya bantuan api dari kompor.


Mereka yang menggunakan kompor seringkali tak mengerti komponen di dalamnya. Hal ini perlu Anda pertanyakan pada penjual kompor gas sebelum membeli. Tujuannya adalah agar Anda mengerti jika sesuatu terjadi pada benda ini karena penggunaanya yang dikategorikan sebagai benda berbahaya dengan api dan gas. Kompor terdiri beberapa bagian, yakni:

Regulator

Regulator merupakan bagian yang penting karena fungsinya sebagai penahan agar tak ada gas yang keluar dari badan tabung dan selang. Jika gas keluar, maka akan timbul bau yang menyengat dan beresiko ledakan saat kompor sedang menyala. Pastikan Anda memeriksa regulator sebelum membeli pada toko jual kompor gas. Rajin-rajinlah memeriksa pentil pada regulator dan ganti saja jika sudah digunakan untuk waktu yang cukup lama.

Pemantik

Kinerja bagian kompor satu ini adalah dengan memicu api dari gas dengan menekan kenop. Saat kenop kompor ditekan dan diputar, gas akan disalurkan kebagian tungku dan pemantik akan menyambutnya. Di saat inilah api akan bermunculan. Saat kenop diputar atau dalam kondisi mati, pemantik akan berhenti bekerja.


Cincin burner atau pembakar

Jika Anda memperhatikan, ada lempengan hitam pada bagian dimana api dihasilkan. Benda ini disebut burner yang seringkali diabaikan. Kotoran yang menempel seperti arang dari debu dan makanan yang menempel dapat membuat api yang dihasilkan tidak berwarna biru melainkan kuning dan tentunya tidak maksimal ketika digunakan untuk memasak.

Selang

Tanpa selang, tak akan ada orang yang menjual kompor gas. Hal ini dikarenakan tabung gas menghubungkan tungku kompor. Selalu ikuti petunjuk pada bagian kemasan kompor saat Anda akan memasangnya.

Saat Anda sudah mengerti semua komponen dari kompor gas, itu berarti Anda sudah menjadi pengguna yang cermat. Banyak pengguna kompor yang tidak begitu memperhatikan bagian-bagian penting seperti ini sehingga saat terjadi hal yang tidak diinginkan, mereka tidak bisa tanggap dan akhirnya ledakan pun timbul. Pastikan semua bagian kompor ini sudah dalam kondisi yang baik dan siap untuk mulai dioperasikan. Happy cooking!

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^