Jun 6, 2016

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami


Penyakit kolesterol memang bukan lagi penyakit yang asing bagi orang Indonesia. Penyakit ini memang banyak diderita oleh orang Indonesia. Hal ini dikarenakan pola makan yang kurang sehat dan banyak mengkonsumsi lemak. Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi saat kadar kolesterol dalam darah melebih dari batas normal. Kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko terkena stroke dan serangan jantung. Secara normal kolesterol dalam tubuh dibutuhkan untuk membangun sel-sel baru, membantu memproduksi vitamin D dan asam empedu untuk mencerna lemak. Tapi jika kadar kolesterol pada tubuh berlebih justru akan menghambat aliran darah yang dapat menyebabkan jantung atau organ lainnya kekurangan darah.

Cara Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Jika memang sudah terlanjur terkena kolesterol maka harus segera diatasi. Karena jika tidak langsung diatasi penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya yang lebih membahayakan nyawa. Jika takut mengkonsumsi obat-obatan, kamu bisa mencoba menurunkan kolesterol secara alami dengan cara berikut.

Mengkonsumsi Gandum

Bagi orang yang terkena kolesterol tinggi gandum memang makanan yang paling baik. Selain karena mengandung lemak jenuh yang rendah, gandung juga mengenyangkan. Sehingga sangat cocok untuk mengisi perut tanpa harus takut kada koleterol kamu naik. Kamu dapat mengkonsumsi gandum dalam berbagai bentuk yang disarankan contohnya adalah bubur gandum instan yang banyak dijual di pasaran. Atau jika tidak menyukai tekstur bubur, kamu juga bisa mencoba roti gandum utuh yang rasanya lebih enak.


Perbanyak Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Selain mengkonsumsi gandum, untuk menyeimbangkan gizi pada tubuh kamu juga harus mengkonsumsi buah dan sayur. Dua jenis makanan ini memang rendah lemak sehingga sangat baik bagi penderita kolesterol tinggi. Kamu dapat mengkonsumsinya bersamaan dengan bubur gandum, sehingga rasa bubur gandum menjadi lebih enak.


Berolahraga Secara Teratur

Selain mengkonsumsi makanan sehat dan rendah lemak, olahraga juga sangat penting. Apalagi jika penderita kolesterol tinggi memiliki berat badan berlebih. Mulailah dengan berolah raga yang ringan. Setelah itu bertahap dengan olahraga yang lebih membakar lemak. Jangan memaksakan tubuh untuk langsung melakukan olahraga berat karena dapat menyiksa tubuh dan menyebabkan penyakit lain.

Jika sudah melakukan semua hal di atas, maka hal terarhir yang harus kamu lakukan adalah bersabar dan menerapkan pola makan sehat meski pun kadar kolesterol pada tubuh sudah kembali normal. Penyakit kolesterol tinggi ini timbul karena pola makan yang kurang sehat. Jadi agar penyakit ini tidak kambuh lagi kita harus tetap konsisten untuk mejaga pola makan sehat.

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^