May 17, 2016

Jangan Panik, Ini Cara Menangani Laptop yang Basah

Produk laptop memang kian murah harganya. Bahkan MatahariMall menyediakan varian laptop Asus harga 4 jutaan untuk mendukung kebutuhan pelajar maupun kalangan pekerja. Tetapi bukan berarti hal ini membuat kita ceroboh ketika menggunakan laptop. 


Musibah memang bisa datang tanpa diduga-duga. Termasuk musibah kecil ketika laptop tak sengaja basah terkena air. Padahal ada banyak pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan dengan laptop kesayangan. Tak perlu panik bila mengalami hal ini, sebab kita bisa melakukan beberapa cara ini untuk mengeringkan dan mengembalikan fungsi laptop :

Jauhkan Laptop dari Kontak Listrik

Laptop yang terkena air atau jenis cairan lainnya harus segera dijauhkan dari kontak listrik. Cabutlah charger dan konektivitas lainnya yang berhubungan dengan listrik. Bila laptop masih dalam kondisi nyala, segera matikan agar proses pengeringan bisa berlangsung secara maksimal. Jangan mencoba untuk menyalakan laptop yang basah karena bisa menimbulkan korsleting dan membuat laptop mati total.

Mengeringkan Baterai dan Bagian Dalam Laptop

Setelah menjauhkan laptop dari kontak listrik, langkah selanjutnya adalah melepas baterai laptop. Keringkan baterai dan bagian kutub-kutub pada laptop dengan lap bersih. Jika baterai terlalu basah, segera angin-anginkan baterai setelah dilap hingga kering. Jangan sampai baterai terkena sinar matahari langsung sebab sinar matahari justru bisa merusak baterai.

Jika Laptop Terkena Cairan Dalam Jumlah Banyak

Laptop yang sangat basah harus dibongkar untuk mengeringkan komponen-komponen bagian dalamnya. Bagian keyboard dan motherboard adalah komponen penting yang harus segera dikeringkan. Bila ragu membongkar laptop, bawalah laptop ke tempat servis agar segera mendapatkan penanganan intensif.

Jangan Terburu-buru untuk Menyalakan Laptop Kembali

Laptop yang terkena air harus dikeringkan secara seksama supaya komponen-komponennya tidak rusak. Jadi, jangan terlalu terburu-buru menyalakan laptop yang baru dikeringkan. Diamkan selama beberapa jam agar cairan benar-benar kering dengan sempurna.

Sebagai langkah antisipasi, usahakan untuk meletakkan laptop berjauhan dengan minuman atau jenis cairan lainnya. Bersihkan laptop secara seksama karena kotoran sekecil apa pun berpotensi menimbulkan kerusakan laptop di kemudian hari. Laptop yang terawat akan memiliki performa prima dan daya tahannya pun jadi lebih lama.

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^