Mar 2, 2016

Sisi Positif Kebijakan Diet Plastik

Meski sudah beranak pinak tapi tetep ya saya ini masih termasuk dalam golongan generasi muda penerus bangsa. Haha apa sih. Ngomong-ngomong tentang generasi muda, jaman sekarang ini generasi muda memang cukup memperihatinkan yah. Mulai dari para generasi muda yang suka mencela pemerintah. Memang sih niatnya kritis tapi salah tempat. Kritis tapi gak beretika karena kritisnya lebih kearah menjatuhkan bukan membangun.

Dari banyak masalah yang ada di negeri kita ini sebaiknya kita gak terus-terusan menghujat pemerintah. Memang pemerintah mungkin banyak kurangnya. Bayangin aja harus ngurusin orang se Indonesia segini banyak. Pasti deh banyak kurangnya. Tapi yang harus kita soroti bukan kekurangannya. Tapi seharusnya kita lihat kelebihannya juga. Masa sih pemerintah gak pernah ngasih hal baik sedikit pun?

Sebagai generasi muda penerus bangsa kita wajib menjadi orang yang berfikir positif. Gak hanya pada pemerintah tapi dengan lingkungan sekitar. Berfikir positif ini bukannya membohongi diri yah. Kalau misalkan ada yang jelas-jelas gak bener ya jangan dipikir positif juga dong. Salah satu contoh yang perlu kita sikapi dengan positif adalah kebijakan pemerintah baru-baru ini. Yaitu mengenai diet plastik. Saya yakin pasti banyak yang menentang. Kebijakan ini harusnya disikapi dengan positif. Jika ada kelemahan dari kebijakan ini, maka seharusnya kita memberi saran dengan cara menyuarakannya dengan benar. Bukan menghujat kebijakan pemerintah.

Salah satu sisi positif dari kebijakan pemerintah adalah mengurangi limbah plastik. Karena ternyata Indonesia termasuk dalam negara penghasil limbah terbanyak di dunia. Malu dong kalau kayak gini ya? Jadi salah satu cara untuk mengurangi limbah plastik adalah memberlakukan plastik berbayar. Jadi masyarakat malas untuk menggunakan plastik. Memang sih harga perplastiknya cuma dua ratus rupiah. Tapi bayangin aja kalau tiap hari pakai lebih dari satu kantong plastik tinggal dikali tuh sebulan ngeluarin uang berapa cuma untuk beli kantong plastik.

Kalau kita mau berfikir positif pada kebijakan ini maka kita akan mengakalinya bukan malah ngomel-ngomel bilang pemerintah parah atau apa. Alternatif dari kantong plastik ini kita bisa pakai tas spunbound atau tas belanja lain yang sifatnya bukan sekali pakai. Selain jadi lebih trendy saat berbelanja tas model seperti ini lebih ramah lingkungan karena bisa dipakai berkali-kali.

Sebagai generasi muda kita harus menjadi generasi muda berfikir positif. Setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Sebaiknya sebelum berkomentar yang aneh-aneh mengenai kebijakan pemerintah lebih baik kita mempelajari lebih lanjut mengenai kebijakannya. Jika dirasa memang lebih banyak manfaat dari pada kekurangannya maka lebih baik didukung agar kebijakannya menjadi lebih baik. Dan bila sebaliknya maka suarakan dengan cara yang benar.

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^