Feb 11, 2016

Mencegah Bau Mulut dengan Listerine

Siapa sih yang suka mulutnya bau? Pasti gak ada ya. Selain mengganggu orang lain bau mulut ini juga gak baik untuk kesehatan tubuh. Ini tandanya mulut kamu sedang bermasalah. Tapi kita bisa mencegah bau mulut ini dengan menggunakan obat kumur. Salah satu obat kumur yang bisa kamu andalkan adalah Listerine.

Saya sendiri pernah mencoba menggunakan Listerine dan cukup puas dengan hasilnya. Memang sih saya jarang banget bau mulut kecuali pas puasa, itu sih wajar kali ya. Tapi obat kumur keguanaannya bukan hanya mencegah bau mulut. Cuma karena kali ini kita lagi bahas bau mulut jadi kita fokus pada masalah ini.

Ada banyak faktor yang menyebabkan bau mulut. Salah satunya dikarenakan adanya bakteri pada mulut. Bakteri pada mulut dapat terjadi jika sisa makanan pada gigi gak segera dibersihkan. Akhirnya menjadi tempat yang subur untuk tumbuh bakteri. Maka dari itu kamu sangat disarankan untuk menyikat gigi sebelum tidur. Karena setelah seharian makan akan banyak sisa makanan pada gigi. Dan jika saat tidur gak dibersihkan maka sisa makanan ini akan membusuk dan menyebabkan bau mulut. Jadi sebaiknya saat tidur keadaan mulut sudah dalam keadaan bersih ya.

Selain karena bakteri, bau mulut juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan cairan pada tubuh yang mengakibatkan produksi air liur menurun. Padahal air liur ini berfungsi untuk menjaga sel-sel pada mulut tetap hidup. Dan jika kekurangan air sel-sel tersebut akan mati dan menyebakan bau mulut. Itulah mengapa jika orang yang sedang berpuasa cenderung bau mulut. Tapi bau mulutnya orang puasa sih gak apa yah. Asal jangan bau mulutnya orang gak sikat gigi, haha.

Untuk mencegah bau mulut salah satu caranya adalah menyikat gigi dua kali sehari. Ini pun harus di waktu yang tepat yah. Sikat lah gigi sebelum tidur dan sesudah sarapan. Kenapa kok sesudah sarapan? Karena saat bangung tidur (kalau kamu sikat gigi malam) mulut masih dalam keadaan bersih. Jadi kamu cukup kumur-kumur aja. Baru lah setelah sarapan kita sikat gigi. Karena biasanya setelah itu orang cenderung sibuk dengan aktifitasnya dan baru makan lagi saat jam makan siang.

Menyikat gigi di waktu yang salah gak akan efektif untuk mencegah bau mulut. Seperti menyikat gigi sebelum sarapan. Saat itu keadaan gigi masih cukup bersih. Justru setelah sarapan gigi kita sudah mulai dipenuhi dengan sisa makanan dan lebih butuh untuk dibersihkan.

Dan ternyata menyikat gigi saja gak cukup loh untuk mencegah bau mulut. Setelah menyikat gigi sebaiknya disempurnakan dengan berkumur menggunakan Listerine. Karena saat menyikat gigi biasanya ada bagian yang belum terjangkau. Apalagi pada bagian sela-sela gigi. Dengan berkumur menggunakan Listerine, sela-sela gigi yang gak dapat dijangkau bulu sikat dapat dibersihkan. Selain itu bagian lidah yang jarang sekali dibersihkan saat terkena cairan Listerine akan otomatis ikut dibersihkan. Karena selain memperhatikan kebersihan gigi, lidah pun perlu diperhatikan juga loh.

Memang ya menjaga kesehatan gigi itu penting sekali. Mulut yang sehat akan membuat kita lebih percaya diri. Bayangin aja deh kalau bau mulut dan ngomong sama orang. Pasti gak percaya diri banget kan? Jadi jangan lupa untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan menyikat gigi dua kali sehari. Sempurnakan perawatan gigi dan mulu kamu dengan berkumur menggunakan Listerine. Have a nice day yaa!

0 comments:

Ikutan Komentar

Komen Anda akan dimoderasi. Komentar yang dimunculkan hanya author perempuan saja.

Terimakasih sudah berkunjung ^_^